Oleskan Balsam Pada kaki Jika Batuk Enggan Reda!

oleh -329 kali dilihat
Ilustrasi mengoleskan balsam pada kaki
Ilustrasi mengoleskan balsam pada kaki
Irhyl R Makkatutu
Latest posts by Irhyl R Makkatutu (see all)

Klikhijau.com –Saat tubuh demam dan batuk datang, kita seringkali mengolesi beberapa bagian tubuh, termasuk kaki, dengan balsam hangat. Mengapa di kaki? Apakah hubungan kaki dengan mengobati batuk?

Dokter anak dari Rutgers University Satya D. Narisety, MD, mengatakan kepada Parents.com, “Bahan aktif mentol pada balsam yang dioleskan pada telapak kaki sebenarnya tidak membuka saluran napas atau memecah lendir, tapi itu mampu merangsang otak Anda untuk melancarkan jalan napas, sehingga terbuka, dan Anda tidak terlalu sesak. Batuk pun bisa mereda.”

Joe Graedon, seorang farmakolog dari University of Michigan, memiliki teori tentang bagaimana pengobatan balsam pada kaki menggunakan balsam Vicks VapoRub dapat bekerja. Penelitian tersebut berdasarkan riset terbaru yang dilakukan oleh ilmuwan pemenang Nobel Rod MacKinnon, M.D., dan koleganya Bruce Bean, Ph.D., dari Harvard University.

KLIK INI: Banyak Anak, Bikin Wanita Awet Muda, Mitos atau Fakta?
KLIK INI: Ini Jenis Makanan yang Terbukti Bisa Cegah Munculnya Jerawat

Studi MacKinnon dan Bean menunjukkan bagaimana saraf yang terlalu terstimulasi dapat memicu kram otot. Mereka menemukan bahwa minum minuman hangat dari ekstrak kayu manis, jahe, dan lada dapat merangsang saraf di mulut, tenggorokan, dan perut, yang mempengaruhi tulang belakang untuk mengatasi saraf yang menyebabkan kram otot.

Temuan ini membantu menjelaskan bahwa rangsangan saraf bisa mempengaruhi tulang belakang untuk membantu meredakan beberapa gejala penyakit akibat saraf yang terlalu terstimulasi, seperti pada kram dan batuk.

KLIK INI: Hentikan Kebiasaan Minum Sambil Berdiri, Ini Dampak Buruknya Bagi Tubuh
KLIK INI: Peneliti Brasil Ungkapkan Racun Laba-Laba Pisang Bisa Atasi Disfungsi Ereksi

Mengingat bahwa kaki mengandung banyak saraf, Graedon berspekulasi bahwa saraf sensorik di telapak kaki mungkin merespon rangsangan balsam hangat karena pusat batuk di otak berada tepat di sebelah sumsum tulang belakang. Jika saraf sensoris di telapak kaki merangsang sumsum tulang belakang, cara itu kemungkinan besar bisa menekan siklus batuk, meredakan batuk bahkan membuat batuk berhenti.

Walau demikian, memanfaatkan balsam hangat sebagai pereda batuk belum diobservasi secara ilmiah, dan tidak dapat dianggap sebagai obat batuk. Tetapi menurut Graedon, tidak ada salahnya untuk mencobanya saat kamu, pasangan, atau anak, mengalami batuk yang tak kunjung reda. Kenakan pula kaos kaki berbahan katun untuk menguatkan efeknya. (***)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com/ https://lifestyle.kompas.com/read/2017/11/15/102603520/batuk-tak-mereda-coba-oleskan-balsam-hangat-pada-kaki.