Nur yang Datang Mohon Doa Atas Gempa yang Landa Selayar

oleh -126 kali dilihat
Nur yang Datang Mohon Doa Atas Gempa yang Landa Selayar
Titik gempa yang dikirim Nur dari tempatnya/foto-Ist
Irhyl R Makkatutu
Latest posts by Irhyl R Makkatutu (see all)

Klikhijau.com – “Mohon doanya!” demikian chat Nur yang masuk ke Whatsapp saya. Ia juga mengirim gambar menunjukkan titik gempa yang terjadi di Selayar, kampungnya. Jarak Nur dari titik gempa sesuai gambar yang ia kirim adalah 49.2 km.

“Iye, semoga baik-baik saja,” balasku sambil membayangkan kepanikan warga Selayar.
“Bagaimana kondisi di sana, apa ada yang mengungsi?” tanya saya spontan.
“Alhamdulillah tidak ada yang mengungsi, tapi tetap waspada, pusat gempanya berdekatan dengan penyeberangan Bira. Hanya getarannya yang terasa,” jelas Nur via WA.

Sebelumnya memang telah ramai disiarkan gempa dengan magnitudo 4,3 terjadi di Selayar, Sulawesi Selatan (Sulsel), yang getaranya terasa hingga Bulukumba dan Bantaeng.

KLIK INI:  BMKG: Puncak Hujan di Januari-Februari, Ini Daerah yang Berpotensi Banjir!

Gempa yang berdasarkan keterangan BMKG tak ada potensi tsunami akibat gempa yang terjadi. Dilihat dari situs BMKG, gempa terjadi pukul 15.35 WIB, Kamis, 16 Januari 2020 pada koordinat 5,71 LS-120,61 BT.

Setelah saya mendapat info terjadinya gempa di Selayar. Saya mencoba menghubungi beberapa kawan di sana. Salah satunya adalah Nur yang saya kisahnya di awal tulisan ini.

“Pusat gempa berada di laut 23 Km tenggara Bontomatene, Selayar,” tulis BMKG

BMKG juga menyebut pusat gempa berada pada kedalaman 10 Km. Getara juga dirasakan di Benteng dan Bulukumba.

BMKG juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi BMKG serta tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Hati-hati dan tetap mengikuti informasi BMKG dan jangan termakan isu hoaks,” himbauan BMKG seperti dikutip dari laman resminya.

Nur datang seolah datang mewakili semua warga Selayar untuk didoakan agar mereka baik-baik saja setelah gempa melanda kabupaten tersebut.

Dan saya yakin, bukan hanya Nur yang memohon agar doa-doa dikirim untuk Selayar, tapi banyak orang yang memintanya. Pun banyak orang yang dengan sukarela meminta doa agar Selayar terhindar dari gempa yang bisa mengacaukannya, merampas senyumnya.

Dan kita semua patut berdoa seperti permintaan Nur, agar Selayar dan sekitarnya baik-baik saja.

KLIK INI:  Perlu Diketahui, Fenomena Gelombang Panas Tidak Terjadi di Indonesia