Nikmatnya Es Kopiyor, Rekomendasi Andalan untuk Buka Puasamu!

oleh -100 kali dilihat
Nikmatnya Es Kopiyor, Rekomendasi Andalan untuk Buka Puasamu!
Es kopiyor - Foto/Ist
Uni Kurnia

Klikhijau.com – Ramadan selalu menjadi bulan yang dinantikan oleh umat islam. Bulan ini menjadi momen untuk mendulang pahala. Juga banyak yang memanfaatkannya untuk mencari rezeki.

Hal yang identik saat ramadan adalah waktu ngabuburit atau saat-saat menantikan waktu berbuka puasa. Waktu ini berlangsung sore hari, dengan berburu takjil atau makanan idaman yang selalu jadi incaran untuk berbuka puasa.

Saat bulan puasa, di berbagai daerah akan muncul pasar-pasar ramadan yang menjajakan berbagai pilihan menu untuk berbuka puasa. Pasar ini buka selama sebulan penuh.

Di sana pastinya tersedia kue-kue tradisional yang menggoda selera. Minuman dingin yang menyegarkan mata. Hingga makanan utama seperti pecel, sate, dan lainnya yang pastinya sangat menggiurkan.

Jika mendengar kata takjil, yang akan muncul pertama kali dalam benak adalah minuman yang dingin dan segar seperti es buah, es kelapa, es cincau dan aneka es yang menyegarkan lainnya.

Biasanya, minuman dingin nan segar ini berbahan dasar agar-agar, biasanya juga menggunakan buah segar berbagai jenis. Lalu ditambahkan sirup berbagai rasa. Tergantung selera. Kemudian diberi susu kental untuk menghadirkan rasa manis dalam setiap adukannya.

KLIK INI:  Selain Renyah, Sayur Sawi Putih Punya 3 Manfaat yang Menakjubkan

Takjil jenis ini selalu sukses menjadi primadona di semua kalangan. Warna dan segarnya selalu mampu menarik perhatian. Di pasar-pasar ramadan misalnya, es-es ini pasti menjadi menu wajib yang akan selalu bertengger di lemari etalase para pedagang.

Ada lagi satu takjil sederhana yang rekommended untuk jadi minuman buka puasamu. Es kopiyor. Meski tak sefamiliar es-es lainnya, namun rasa manis dan gurih dari es kopiyor bisa membuat ketagihan.

Sepintas minuman ini mirip es kelapa muda. Ada seratan-seratan berwarna putih disetiap sajiannya. Apalagi ditambah sirup yang pastinya semakin menambah kesegaran.

Konon, kopyor merupakan bentuk kelapa yang tak normal dari buah kelapa asli. Jenis kelapa ini memiliki daging buah lebih lunak dan rasa khas yang lebih manis dan segar. Jika dibelah, maka akan terlihat daging buahnya yang terlepas dan mengumpul jadi satu dibagian tengah.

Berbeda dengan daging buah kelapa umumnya yang melekat kuat di tempurung atau di bathok kelapanya. Sebab keunggulan itu serta tidak semua buah kelapa adalah kelapa kopyor (sulit didapat), maka harganya pun lebih mahal karena sulit didapatkan.

KLIK INI:  Bukan Hanya Ramah Lingkungan, Sedotan Ini Juga Bisa Dimakan
Proses pembuatan es kopiyor

Namun dengan perkembangan zaman dan keterbukaan informasi yang membuat akses belajar memasak menjadi lebih mudah, membuat para kaum hawa lebih kreatif dan produktif.

Dan, karena sulitnya mendapat kelapa kopyor asli, maka untuk menghasilkan kelapa kopiyor, es ini pun dimodifikasi menggunakan ‘kopyor sintetis’. Komponen utama es kopiyor sintetis ini yakni sari kelapa atau santan kelapa. Yang telah diparut lalu diperas.

Kemudian santan itu dicampur dengan agar-agar serta tambahan susu bubuk. Lalu dimasak menggunakan api sedang. Sembari diaduk secara perlahan, agar model dari kopiyor itu tidak pecah dan bisa terbentuk dengan sempurna. Diaduk hingga meletup-letup.

Setelah itu, adonan ini dituang secara perlahan-lahan ke batu es. Lalu setelah semua terbentuk seperti serutan kelapa muda. Kemudian masuk tahap pencampuran dengan sirup dan susu kental manis. Jika ingin lebih terlihat menarik, tambahkan biji selasi yang sebelumnya telah direndam dengan air panas.

Es kopiyor identik dengan rasa gurih dan legit dari santan kelapa yang telah berubah menjadi kopiyor. Minuman ini sangat direkomendasikan dikonsumsi dalam keadaan dingin. Tentu, agar rasa segarnya lebih terasa.

Kalau tertarik, boleh pula dicoba membuatnya sendiri. Yakin, bikin maknyuss!

KLIK INI:  Buah Pisang, Kandungan dan Risiko yang Bisa Ditimbulkannya