Ngabuburit di Rumah Saja, Coba 9 Aktivitas Hijau Ini!

oleh -382 kali dilihat
Bagaimana Pengaruh Suhu Terhadap Pertumbuhan Tanaman?
Ilustrasi tanaman-Foto/Pixabay
Anis Kurniawan

Klikhijau.com – Ngabuburit di rumah saja di ramadhan kali ini. Memaksakan diri keluar rumah, berkumpul dengan kawan atau ke tempat wisata tentu tak memungkinkan. Puasa tanpa ngabuburit rasanya tak lengkap bukan?

Kita telanjur terbiasa menunggu beduk magrib sembari melakukan aktivitas bersama keluarga atau sahabat. Lalu, ngabuburit apa yang seru dilakukan di rumah dan tentu saja tetap menjadi bagian dari gaya hidup hijau (eco life)?

Coba disimak 9 aktivitas ngabuburit hijau berikut!

KLIK INI:  6 Tanaman Hias yang Piawai Melepaskan Oksigen di Malam Hari
  1. Memasak di dapur

Jangan mengira social distancing membuat harapan Anda menikmati jajanan takjil terganggu. Anda masih punya kesempatan memesan takjil secara online. Tapi, yang lebih seru tentunya adalah bila Anda mencoba resep kue sendiri.

Manfaatkan waktu baik ini untuk mencoba resep-resep tradisional dan kue-kue yang lebih sehat. Tutorial membuat kue kini tersedia di internet sisa Anda mencarinya dan langsung mempraktikkannya.

  1. Olahraga ringan

Walau sedang berpuasa, olahraga ringan jelang berbuka tetap bisa dijalankan dengan asyik. Tubuh bisa lebih segar dan buka puasa bisa lebih lahap setelah olahraga ringan.

Untuk diketahui, olahraga ringan ternyata dapat meningkatkan pasokan energi bagi tubuh. Namun, olahraga ringan sebaiknya dilakukan dalam durasi yang lebih pendek dan tidak lebih dari satu jam.

Anda dapat melakukan jenis olahraga seperti Yoga di ruangan sejuk sembari menanti berbuka puasa.

  1. Baca buku

Ngabuburit semakin bermakna dengan baca buku. Ini kesempatan terbaik menuntaskan bacaan-bacaan Anda yang tertunda. Bila belum punya stok bacaan, Anda juga dapat mencoba mendaras buku-buku motivasi peduli lingkungan. Ada banyak buku-buku dengan tema lingkungan yang dapat menginspirasi Anda untuk menjalani hidup bersahabat dengan lingkungan (eco friendly).

  1. Berkebun

Berkebun adalah satu aktivitas paling menyenangkan menjelang beduk buka puasa. Anda dapat merawat tanaman sayur atau bunga-bunga sembari mengamati perkembangannya. Berkebun memiliki manfaat terbaik untuk kesehatan jiwa.

Namun, bila Anda belum punya kebun kecil di sekitar rumah, tidak ada salahnya memulai menanam sayuran. Bila lahan di rumah Anda sempit, tidak perlu cemas karena menanam dengan hidroponik juga bisa dilakukan. Atau menanam dengan memakai polibag yang memanfaatkan kantong bekas minyak dan lainnya.

  1. Bersih rumah

Bersih-bersih rumah dapat dilakukan jelang berbuka puasa. Aktivitas ringan ini akan membuat rumah lebih bersih dengan nuansa baru. Dengan begitu, Anda dapat merasakan suasana lebih sehat selama berpuasa. Lingkungan rumah yang bersih akan membuat Anda tetap betah di rumah saja selama masa social distancing.

  1. Buat kerajinan daur ulang

Banyak barang-barang bekas di rumah yang bila tidak dimanfaatkan akan berujung sebagai sampah. Padahal benda-benda itu dapat dimanfaatkan untuk daur ulang. Nah, tidak ada salahnya melakukannya sembari ngabuburit. Apa pun hasil karyanya, akan berdampak positif bagi lingkungan. Anda telah berkreasi sembari menyelamatkan lingkungan dari beban sampah plastik.

  1. Bermain bersama keluarga

Ngabuburit dengan bermain bersama keluarga akan menambah kekompakan dan mempekuat rasa kasih sayang di rumah. Anda dapat mencoba permainan tradional anak atau bermain catur di rumah.

  1. Ngabuburit sambil bekerja

Tidak ada salahnya menuntaskan pekerjaan jelang berbuka puasa. Momen ngabuburit sambil bekerja sangatlah tepat. Kerjanya tentu lebih semangat karena tak lama lagi momen yang ditunggu-tunggu yakni buka puasa akan tiba.

  1. Ngabuburit dengan diskusi daring

Momen ngabuburit dapat dimanfaatkan untuk diskusi daring melalui aplikasi WhatsApp, Slack, Skype, Zoom atau Hangouts.

Banyak tema-tema menarik dapat diangkat dengan menghadirkan pemantik diskusi yang relevan. Tema-tema yang lebih ringan seperti bagaimana puasa sehat, tips menulis, dan lainnya bisa diangkat.

Itulah 9 ide ngabuburit di rumah saja yang layak dicoba. Selamat puasa!