New Ome, Aplikasi yang Lahir Agar Masyarakat Lebih Peduli Terhadap Ekosistem

oleh -109 kali dilihat
New Ome, Aplikasi yang Lahir Agar Masyarakat Lebih Peduli Terhadap Ekosistem
Logo New Ome/foto-ist
Irhyl R Makkatutu

Klikhijau.com – Hari itu, Rabu, 22 Mei 2019. KLHK melalui Balai Besar KSDA Sulawesi peringati Hari Keanekaragaman Hayati Dunia (Kehati) 2019. Tema yang diangkat adalah  Our Biodivirsity,Our Food and Our Healt digelar di hotel MaxOne Makassar.

Ada beberapa momen yang terasa istimewa pada hari itu, selain pemberian penghargaan kepada 6 sosok pejuang konservasi, juga ada pelepasliaran satwa.

Satu hal lagi yang membuatnya terasa istimewa, yakni peluncuran Aplikasi Orang Melapor (OME) yang diberi nama New Ome persembahan KSDA Sulawesi.

Hari itu, bertepatan dengan hari ke tujuh belas ramadan menjadi sejarah New Ome. Ia diluncurkan untuk menemui orang yang peduli terhadap kehati, khususnya perdagangan liar satwa.

KLIK INI:  Bagi Siti, Penyelamatan Ekosistem Danau Sangat Urgen

New Ome, merupakan sebuah aplikasi modern saat ini yang berbasis IT untuk masyarakat luas. Dapat di download pada aplikasi Playstore melalui android. Aplikasi tersebut untuk membantu masyarakat melakukan pelaporan secara langsung online dan sistematis tanpa harus mendatangi kantor pengaduan BBKSDA.

“Di hari kehati 2019 ini, kami peringati sekaligus  melakukan peluncuran aplikasi basis IT dan dapat di dowload di Playstore di link ini untuk komunikasi pelaporan langsung kepada kami Balai Besar KSDA Sulawesi” kata Thomas Niffinluri hari itu.

Thomas berharap, hadirnya aplikasi New Ome tersebut dapat membuat masyarakat lebih berperan aktif melaporkan setiap permasalahan terkait masalah masalah kehutanan dan satwa pada lingkup kerja KSDA Sulawesi.

Aplikasi New Ome adalah aplikasi yang akan memudahkan petugas di resort untuk melapor dan berpatroli. Fitur baru dari aplikasi yang lama adalah aplikasi ini tidak lagi mengandalkan koneksi internet. Jadi saat di TKP petugas lapangan bisa langsung lapor serta keakuratan GPS sudah ditingkatkan.

Tentu kita semua berharap seperti Thomas, aplikasi ini bisa meningkatkan kesadaran masyarakat. Tentang pentingnya menjaga ekosistem seperti hutan, tumbuhan dan satwa liar. Sebab keberadaannya merupakan mata rantai kehidupan.

Selain itu, kehadiran New Ome semoga bisa meminimalisir perdagangan dan perburuan satwa liar, sebab para pelaku akan merasa terawasi oleh masyarakat ketika melakukan aksinya yang sangat merugikan ekosistem.

KLIK INI:  Mengesankan, Ternyata Tumbuhan Bisa Tahu Siapa yang Memakannya