Murah dan Melimpah, Ini 6 Bahan Alami untuk Mengecilkan Pori-Pori!

Publish by -167 kali dilihat
Penulis: Redaksi
Murah dan Melimpah, Ini 6 Bahan Alami untuk Mengecilkan Pori-Pori!
Ilustrasi merawat wajah - Foto/iStock

Klikhijau.com – Apakah ada bahan alami untuk mengecilkan pori-pori? Jawabannya; sangat melimpah. Daripada memilih bahan instan atau kosmetik, bahan alami tentu lebih aman bukan?

Seperti diketahui, setiap orang dewasa memiliki setidaknya 5 juta pori-pori di sekujur tubuhnya, sekitar 20 ribu diantaranya ada di wajah. Waw? Pori-pori inilah yang jadi pemantik segala problem kulit wajah, mulai dari jerawat hingga kulit kusam.

Pori-pori yang besar di wajah tentu tak baik dan dapat merusak penampilan. Namun, Anda tidak perlu cemas, karena alam menyediakan bahan alami untuk mengecilkan pori-pori. Berikut 6 diantaranya bahan alami yang dapat dipakai tanpa efek samping!

Lidah buaya
mengecilkan pori-pori dengan bahan alami
Lidah buaya – Foto/Pixabay

Sejak dahulu, lidah buaya memang dikenal identik dengan perawatan kulit. Selain ampuh untuk mengobati luka bakar, lidah buaya juga efektif untuk kecantikan. Sejumlah produk kecantikan bahkan sudah memakai lidah buaya sebagai bahan utama.

KLIK INI:  Tak Biasa, Ini Tips Kesehatan yang Tak Diketahui Banyak Orang

Nah, tak ada salahnya memakainya untuk mengecilkan pori-pori Anda. Cukup dengan mengambil gel lidah buaya ke wajah dan biarkan selama 15 menit. Lalu bilas wajah sampai bersih. Lakukan secara rutin untuk hasil terbaik!

Penasaran mau tahu lebih lengkap tentang lidah buaya? Baca DI SINI!

Rendaman air beras
bahan alami untuk mengecilkan pori-pori
Air rebusan beras – Foto/WinNetNews

Jangan sepelekan air cucian beras karena manfaatnya segudang termasuk untuk wajah. Bahan alami ini dapat Anda pakai untuk mengecilkan pori-pori karena memiliki kandungan asam ferullic dan allantoin. Air cucian beras juga dipercaya sebagai bahan kecantikan tradisional sejak dahulu di berbagai daerah di Indonesia.

Caranya, diamkan air beras selama beberapa menit agar mengendap, kemudian ambil endapan air beras tersebut dan jadikan masker wajah alami. Cari tahu lebih detail mengenai manfaat air cucian beras  DI SINI!

KLIK INI:  Hindari Konsumsi 5 Hal Ini Agar Tak Terkena Sakit Kepala!
Madu
Madu, salah satu HHBK/foto-IlmuGeografi.com

Madu sangat efektif untuk mengecilkan pori-pori. Bahan alami ini dipercaya dapat melembabkan dan mencerahkan wajah.

Bagaimana caranya? Tuangkan 1 sdm madu ke dalam wadah, lalu oleskan madu tersebut pada wajah dan diamkan selama 30 menit. Jangan lupa bilas hingga bersih.


Es batu atau air dingin

Cuci Muka dengan Air Dingin Bisa Percantik Wajah
Ilustrasi cuci muka/foto-Jitunews

Air dingin atau es batu bisa jadi bahan alami untuk mengecilkan pori-pori. Caranya? Hancurkan es batu lalu bungkus es batu dengan handuk wajah, kemudian oleskan perlahan di area dahi dan hidung. Lakukan selama 15 menit agar pori-pori mengecil lebih optimal.

Penasaran dengan manfaat air dingin untuk kecantikan, baca DI SINI!

KLIK INI:  Kelelahan Bisa Sebabkan Kematian, Benarkah?

Putih telur

5 Tips Menjaga Kulit dengan Telur, Klik Ini dan Ketahui Caranya!

Nah, walau amis dan sedikit menggelikan, putih telur punya kandungan protein dan sumber mikronutrien, yang dapat mengecilkan pori-pori. Putih telur juga dapat membuat wajah berseri alami.

Caranya? Ambil putih telur, kocok terlebih dahulu lalu oleskan ke wajah sebagai masker. Untuk mengurangi bau amisnya, Anda dapat menambahkannya dengan air perasan jeruk nipis atau lemon.

Baca selengkapnya mengenai manfaat putih telur untuk kecantikan DI SINI!

Mentimun

Mentimun, Diburu di Bulan Puasa dan Manfaatnya yang Besar Bagi Kesehatan
Mentimun baik untuk kesehatan tubuh

Mentimun yang biasa dipakai untuk masker pada wajah khususnya di sekitar bola mata ternyata juga baik untuk mengecilkan pori-pori. Mentimun juga dapat memperlambat penuaan pada kulit wajah sehingga membuat wajah jadi awet dan bercahaya.

Caranya? Blender mentimun lalu tambahkan sedikit air lemon. Gunakan bahan alami ini pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Bilas setelahnya dengan air dingin.

Anda dapat memakainya setidaknya dua kali dalam seminggu. Baca detail mengenai manfaat mentimun DI SINI!

Itulah 6 bahan alami yang dapat membantu Anda mengecilkan pori-pori di wajah agar wajah tetap segar dan cerah. Selamat mencoba!

KLIK INI:  “Ramuan Nenek” dan Ikhtiar Kembali ke Pengobatan Leluhur Perempuan Banggai
Editor: Anis Kurniawan

KLIK Pilihan!