Mitra Hijau Asia dan Klikhijau Rayakan Hari Bumi 2022 dengan Ragam Aksi, Ini Daftarnya!

oleh -74 kali dilihat
Mitra Hijau Asia dan Klikhijau Rayakan Hari Bumi 2022 dengan Ragam Aksi, Ini Daftarnya!

Klikhijau.com – Hari Bumi (Earth Day) diperingati pada tanggal 22 April setiap tahunnya. Momen penting dan bermakna ini dirayakan sebagai momentum menguatkan kebersadaran bersama tentang pentingnya merawat bumi untuk kehidupan dan keberlanjutan.

Ada banyak aksi yang dilakukan komunitas dan organisasi di dunia untuk merayakan hari bumi. Pada umumnya aksi-aksi tersebut mengusung tema pentingnya membangun kecintaan dan perhatian pada bumi melalui ragam kontribusi pemulihan planet bumi.

Pada 22 April 2022 ini, PT Mitra Hijau Asia (MHA) sebagai perusahaan yang bergerak dalam pengolahan dan penanganan limbah B3 juga ikut serta merayakan hari bumi. Bekerja sama dengan Klikhijau, MHA akan menggelar ragam kegiatan dengan tema “Green Ramadhan for EARTH” (Aksi Kolaboratif Merawat Bumi, di Bulan Suci).

Tema tersebut tentu sangat relevan tahun ini sebab momentum Hari Bumi bertepatan dengan bulan suci Ramadhan. Poin pentingnya adalah bagaimana momentum Ramadhan dapat dijadikan sebagai bulan reflektif dan transformasi nilai-nilai keislaman dalam menjaga bumi.

Seperti diketahui, Islam merupakan agama yang “rahmatan lil alamin”, yang menempatkan alam semesta sebagai episentrum kehidupan yang harus dijaga.Harapannya, momen bulan Ramadhan semakin menguatkan kesadaran kita semua betapa pentingnya mengambil peran penting dalam menjaga keberlanjutan bumi.

KLIK INI:  Dari Jeneponto, PT Pelindo Hijaukan Indonesia dengan Mangrove

Sahabat Hijau, pada Hari Bumi 2022 ini, Mitra Hijau Asia dan Klikhijau menggelar sejumlah kegiatan antara lain:

  • Webinar bertajuk “Mangrove for EARTH”

Diskusi bertajuk “Mangrove for EARTH” ini akan digelar pada Hari Jumat 22 April 2022 bekerja sama dengan komunitas Mangrove.id. Diskusi ini akan menghadirkan dua Narasumber antara lain: Anis Kurniawan (Klikhijau) dengan topik “Upaya mendukung pelestarian mangrove melalui media” dan Idam Malik dari Komunitas Beyond dengan tema “Sudut Pandang Gerakan Rehabilitasi Mangrove di Sulsel”.

Diskusi yang dimoderatori Ade Saskia Ramadani ini akan berlangsung pada Jam 15.30 – 17.30 WITA. Bila hendak join, bisa mengakses link pendaftarannya: bit.Iy/MangroveForEarth.

  • Lomba mewarnai di SD Impres Batua 1 Makassar

Lomba mewarnai dengan tema “pemulihan planet bumi” akan digelar di SD Impres Batua 1 Makassar. Lomba ini akan digelar pada Sabtu 23 April 2022 dan melibatkan anak-anak sebagai upaya menguatkan literasi lingkungan sejak dini.

Selain lomba akan ada pula Kampanye JagaBumi yang melibatkan para guru, orang tua murid dan para siswa di SD Impres Batua 1 Makassar. Aksi lainnya di hari yang sama adalah Penanaman Pohon dan Kampanye Literasi Konservasi bekerjasama dengan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sulawesi Selatan.

KLIK INI:  Sintalaras UNM Gelar Lomba Menulis Esai Tentang Lingkungan, Ini Jadwal dan Ketentuannya!
  • Pelatihan pengelolaan sampah rumah tangga dan buka puasa bersama

Pada tanggal 23 April 2022 digelar pula pelatihan pengolahan sampah rumah tangga. Kegiatan ini akan berlangsung di SD Impres Batua 1 Makassar. Kegiatan ini dirangkaikan pula dengan Buka Puasa Bersama dan aksi Mitra Hijau Asia berbagi takjil buka puasa.

  • Pembagian tumbler di festival Ramadhan Desa Kindang Bulukumba

Mitra Hijau Asia dan Klikhijau juga akan mengambil peran di kegiatan festival Ramadhan yang digelar di Tanda Baca Desa Kindang Kabupaten Bulukumba. Akan ada pembagian tumbler untuk anak-anak sebagai upaya mendukung gerakan aksi minim plastik. Kegiatan ini akan digelar pada 24 April 2022.

  • Diskusi kopi dan perubahan iklim

Bekerjasama dengan Anomali Coffee, akan digelar kegiatan “talkshow” mengenai Kopi dan Perubahan Iklim. Kegiatan ini bertujuan untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman meningkatkan wawasan para pencinta kopi tanah air dan bagaimana mereka berkontribusi dalam pelestarian kopi.

Diskusi yang akan digelar pada 27 April 2022 ini juga dirangkaikan dengan Launching new single origin Anomali Coffee.

Happy Earth Day 2022, tunjukkan aksimu untuk keberlanjutan bumi!

KLIK INI:  Mitra Hijau Asia Fokuskan Dana CSR untuk Kegiatan Sosial dan Keagamaan