Merayakan Hari Cokelat Sedunia, Produk Istimewa dari Biji Kakao

Publish by -41 kali dilihat
Penulis: Redaksi
Merakayak Hari Cokelat Sedunia, Produk Istimewa dari Biji Kakao
Merakayak Hari Cokelat Sedunia, Produk Istimewa dari Biji Kakao/foto-Ist

 Cokelat merupakan salah satu produk kakao yang paling istimewa

Klikhijau.com – Produk istimewa dari kakao adalah cokelat. Cokelat kini  telah menjadi bahan kuliner yang sangat populer. Banyak orang menyukainya, sebab meyakini selain rasanya enak, cokelat juga berdampak baik bagi kesehatan.

Cokelat diolah dari biji  biji kakao (Theobroma cacao) menjadi minuman atau makanan. Era cokelat  ditandai pada 2.500 silam ketika Suku Aztec menemukan cokelat.

Suku Aztec merupakan salah satu suku yang sudah ada di dunia sejak awal abad ke 13, mereka  cokelat cair sebagai bentuk penghormatan kepada dewa kebijaksanaan Quetzalcoatl atas anugerah biji kakao.

Biji kakao mengandung senyawa polifenol yang berperan sebagai antioksidan. Polifenol golongan flavonoid terutama katekin dan epikatekin adalah komponen utama dalam biji kakao (Puspita sari, Puspita Sari, Eksi Utari, Yhulia Praptiningsih, Maryanto dalam Osakabe et al 2015).

KLIK INI:  Teh Genmaicha, Produk Anak Negeri yang Dapat Mengatasi Masalah Persendian

Kandungan senyawa polifenol dalam biji kakao dan produk kokoa yang memiliki sifat antioksidan atau menyehatkan. Membuatnya berpotensi untuk dikembangkan menjadi produk minuman cokelat yang menyehatkan (Puspita Sari, dkk, 2015)

Dokumentasi sejarah mendapati biji kakao sudah diproses sejak 1.100 Sebelum Masehi. Biji kakao difermentasi untuk menghilangkan rasa pahit yang kuat sehingga mendapatkan rasa yang nikmat.

Dalam sejarahnya pula, biji kakao juga pernah menjadi mata uang atau alat tukar. Di masa tersebut, cokelat terasa pahit karena belum dicampur dengan gula atau susu (CNN, 7 Juli 2020)

Seiring dengan perjalanan waktu, kepopuleran cokelat semakin melangit. Hingga pada akhirnya pada  tahun 2009, Hari Cokelat Dunia mulai diperingati setiap tanggal 7 Juli.

Dipilihnya tanggal 7 Juli pada tahun berjalan karena banyak referensi menyebutkan pada hari ini cokelat pertama kali diperkenalkan di Eropa ratusan tahun lampau.

Maka, sejak tahun 2009 lalu dan sampai saat ini asetiap tanggal 7 Juli  dunia memperingati Chocolate Day atau Hari Cokelat Dunia.  Hari Cokelat Dunia merupakan bentuk perayaan sekaligus penghargaan untuk penemuan kuliner terbesar dan terpopuler di dunia.

KLIK INI:  Cara Simpel Memasak Sayur Daun Kelor, Klik Ini!
Produk istimewa

Cokelat merupakan salah satu produk kakao yang paling istimewa dibanding produk-produk lainnya.Cokelat memiliki tiga sifat utama yang membedakannya dari produk-produk lain, yaitu kekhasan citarasa, tekstur, dan warnanya. Padatan cokelat berperan sebagai pemberi citarasa dan warna, sedangkan lemak dalam cokelat berperan dalam mengendalikan tekstur produk (Sitti Ramlah, 2016).

Ketiga hal di atas yang membuat cokelat berbeda dengan olahan biji-bijian pada umumnya. Hal ini yang membuat cokelat begitu diburu.

Sudah menjadi rahasia umum, jika pada tanggal 14 Februari biasanya banyak yang merayakan valentine atau hari kasih sayang.

Pada hari kasih sayang itu, tak lengkap rasanya tanpa cokelat. Sebab setiap pasangan akan memberikan hadiah berupa cokelat kepada pasangannya.

Selain itu, cokelat juga biasa digunakan sebagai ungkapan cinta seseorang. Namun, sebenarnya rasa cokelat tidak melulu manis.

Ada beberapa jenis cokelat, menurut  (Agus Sudibyo dalam Rizza, 2012) secara fisiologis terdapat beberapa jenis produk dan mekanisme molekuler produk pangan cokelat, yaitu cokelat pahit (bitter chocolate), cokelat susu (milk chocolate) dan cokelat putih (white chocolate).

Namun, apa pun bentuk dan rasanya. Cokelat telah menjadi bahan kuliner yang diminati banyak orang.  Dan selamat merayakan hari cokelat sedunia.

KLIK INI:  Selain untuk Bahan Masakan, Ini Manfaat Lain Minyak Kelapa

Editor: Idris Makkatutu

KLIK Pilihan!