Merawat Keharmonisan Bercinta Selama Pandemi dengan 7 Cara Ini!

Publish by -96 kali dilihat
Penulis: Redaski
Merawat Keharmonisan Bercinta Selama Pandemi dengan 7 Cara Ini!
Ilustrasi/foto-Ist

Klikhijau.com –  Sesungguhnya banyak masyarakat, khususnya di Indonesia yang  masih sangat tabu membicarakan masalah keharmonisan pasangan, termasuk kesehatan intim.

Jika membicarakannya, akan dianggap jorok atau mesum. Padahal membincangkan kesehatan seksual adalah hal penting.

Itu karena tak hanya menyangkut dua orang saja, laki-laki dan perempuan, tapi juga menyangkut tentang kehidupan.

Saking pentingnya, ada satu hari dalam setahun yang diperingati sebagai Hari Kesehatan Seksual Sedunia (World Sexual Health Day), yakni pada tanggga 4 September.

KLIK INI:  Dismenorea, Wanita dan 5 Tanaman Obat Alami bagi Penyakit Dismenorea pada Wanita

Para ahli kesehatan dan juga organisasi internasional seperti WHO memandang, kesehatan seksual sebagai dimensi penting di bidang kesehatan dan kesejahteraan manusia.

Michael McGee, edukator kesehatan seksual dan profesor di Montclair State University seperiti dikutip dari CNN mengatakan, orang memiliki hak atas kesehatan seksual, informasi seputar kesehatan seksual termasuk peraturan publik yang mendukung kesehatan seksual.

Kedatangan pandemik, sedikit banyaknya telah mempengaruhi pasangan suami istri dalam hal  kehidupan seksual.  Karena itu, diperlukan pengetahuan tentang kesehatan seksual yang aman saat pandemik:

  • Penting menjaga kebersihan tubuh

Boyke Dian Nugraha menyarankan, saat pulang lepas sepatu, taruh di luar, mandi, cuci rambut, ganti baju.

“Kalau bisa jam tangan, dompet, tas disemprot desinfektan, baru ketemu pasangan. Jadi masuk rumah pastikan sudah bersih,” katanya  seperti dikutip dari CNN

Menjaga kebersihan diri juga berarti menjaga kebersihan pasangan dan menjaga dari kemungkinan penularan virus corona.

Apalagi jika pasangan  udah kembali bekerja di kantor, kebersihan diri jelang berjumpa dengan pasangan jelas mesti diperhatikan.

  • Perlu olahraga

Dengan berolahraga   bisa membantu menjaga kondisi fisik sehingga performa  saat bercinta dengan pasangan jadi maksimal dan tidak gampang loyo. olahraga bisa membantu menjaga sirkulasi darah dengan menjaga sistem kardiovaskular.

Karenanya, kesehatan seksual perlu didukung tubuh yang sehat. Salah satu cara mendapatkan tubuh yang sehat adalah dengan olahraga  yang sehat termasuk berolahraga secara rutin.

KLIK INI:  Build Back Better, Strategi Jitu Atasi Lonjakan Emisi Pasca Pandemi
  • Jangan stress, tapi tetap waspada

Dalam kehidupan berumah tangga, hubungan seks jadi salah satu elemen untuk menjaga keintiman dengan pasangan.

Karena itu, sebaiknya jangan sampai stres menjarah kebahagiaan hubungan seks kamu. Apalagi stress memikirkan persoalan corona.

Dokter Boyke Dian Nugraha  yang merupakan seksolog mengingatkan, agar  para pasangan   senantiasa waspada akan penularan virus, tapi tidak sampai dibawa stres.

  • Mengedukasi diri sendiri

Penting bagi kamu untu memperkaya diri dengan informasi seputar kesehatan seksual. Cari sumber-sumber informasi yang bisa dipercaya untuk membantu memahami persoalan seksualitas.

Mengedukasi diri sendiri untuk lebih mengetahui masalah kesehatan seksual akan  berkomunikasi dengan pasangan jika menemui kesulitan memulai obrolan.

  • Kenali penyakit menular seksual

Melansir dari Everyday Health, kamu perlu mempelajari tentang penyakit menular seksual. Sebab meski menyenangkan seks juga membawa ancaman berupa penyakit.

Sebab   penyakit menular seksual bisa merusak kesenangan, mengganggu kesuburan bahkan ada pula yang sampai mengancam nyawa.

KLIK INI:  Tak Bisa Baca Tulis Berisiko 2 Kali Lebih Tinggi Terkena Demensia
  •   Konsumsi makanan sehat

Orang yang kelebihan berat badan dan obesitas berisiko tinggi mengalami hipertensi, kelebihan kolesterol dan diabetes. Penyakit-penyakit ini turut mempengaruhi kesehatan seksual.

Maka mengonsumsi makanan sehat turut berkontribusi pada kesehatan seksual. Ini dimulai dari pemenuhan kebutuhan gizi seimbang juga mengontrol asupan garam, gula dan lemak.

Dengan makanan sehat, dapat  berat badan sehingga mengurangi risiko penyakit yang berhubungan dengan impotensi (disfungsi ereksi) dan masalah seksual lain.

  •  Kunjungai  tenaga profesional

Jika masalah kesehatan seksual kamu tak kunjung ada solusi. Maka jalan terbaik adalah  bawa ke ranah professional, yakni konsultasi ke tenaga profesional termasuk dokter atau psikolog klinis.

“Kunjungan ke tenaga profesional biasanya karena tekanan kebutuhan. Dan kadang ini sangat sulit,” kata McGee.

Semoga bermanfaat…

 

Editor: Idris Makkatutu

KLIK Pilihan!