Menyiapkan Quotes Perpisahan untuk Kupu-Kupu Raja

oleh -18 kali dilihat
Menyiapkan Kat Menyiapkan Quotes Perpisahan untuk Kupu-Kupu Raja
Kupu-kupu raja-foto/Ist

Klikhijau.com – Kupu-kupu raja (Danaus plexippus) merupakan jenis kupu-kupu yang termasuk ke golongan famili Danaidae.

Pakan dari kupu-kupu jenis ini adalah tanaman perdu tahunan, Asclepias L. Tanaman ini adalah tanaman beracun pada sebagian hewan. Tapi tidak bagi kupu-kupu raja.

Asclepias L sendiri memiliki senyawa kimia  yang sebut akan terakumulasi sehingga kupu-kupu mencapai fase dewasa. Senyawa kimia itulah jadi pertahanan dirinya.

Karena memiliki pertahanan yang beracun, maka predator yang memburunya akan berpikir ulang. Misalnya burung, mereka akan menghindari kupu-kupu jenis ini untuk dimakan. Karena memiliki karena rasa yang tidak enak.

KLIK INI:  Memotret Kupu-kupu dengan Telepon Pintar? Kenapa Tidak!

Dalam hal bentuk dan corak, kupu-kupu jenis ini memiliki corak yang memesona pada sayapnya. Warnanya  coklat terang dengan batas garis hitam dan titik-titik putih yang indah.

Ada hal menarik dari kupu-kupu ini setiap tahunnya, yakni akan bermigrasi dari wilayah Kanada ke Meksiko. Jarak yang ditempuh mencengangkan,  4.500 km. Mereka harus menempuh 80 km per hari.

Pada  awal bulan November mereka akan tiba di Meksiko dan tinggal di daerah hutan cemara Michoacan sampai bulan Februari.

Klasifikasi ilmiah

Kupu-kupu raja sendiri memiliki klasifikasi ilmiah, yakni:

Nama ilmiah: Danaus plexippus

  • Kerajaan: Animalia
  • Bangsa: Danaini
  • Kelas: Insecta
  • Ordo: Lepidoptera
  • Famili: Nymphalidae
  • Filum: Arthropoda

Peran kupu-kupu sendiri cukup urgent, karena berfungsi sebagai indikator guna mengetahui seberapa parah kerusakan hutan.

Ia juga berfungsi sebagai “pollinator”, peran yang membantu penyerbukan tumbuhan berbunga. Dominan tumbuhan berbunga menerlukan peran serangga untuk penyerbukan sehingga dapat menghasilkan bebijian.

KLIK INI:  Delias Rosenbergi, Kupu-Kupu dengan Sayap Menawan Memanjakan Mata
Fakta miris

Ada fakta miris yang belum lama ini terungkap tentang kupu-kupu raja, yakni telah masuk  ke daftar merah sebagai spesies yang terancam punah.

Pengumuman itu dikeluarkan oleh International Union For Concervation of nature (IUCN). Munculnya kupu-kupu raja ke dalam daftar merah dikarenakan telah mengalami selama bertahun-tahun penurunan populasi.

“Ini hanya penurunan yang menghancurkan,” kata Stuart Pimm, ahli ekologi di Duke University yang tidak terlibat dalam daftar tersebut, dilansir  dari Inhabitat.

“Ini adalah salah satu kupu- kupu yang paling dikenal di dunia,” lanjutnya.

Dengan daftar tersebut, para ahli berharap pembuat kebijakan dapat menerapkan tindakan tegas untuk melindungi beberapa kupu-kupu yang tersisa dan membantu mereka tumbuh dalam jumlah.

Menurun cepat

Menurut perkiraan IUCN, kupu-kupu raja di AS telah menurun sebesar 22% menjadi 72% dalam dekade terakhir. Persentase penurunan tergantung pada metode tindakan yang digunakan.

“Yang kami khawatirkan adalah tingkat penurunannya. Sangat mudah untuk membayangkan betapa cepatnya kupu-kupu ini bisa menjadi lebih terancam,”  kata Nick Haddad, ahli biologi konservasi di Michigan State University. ”

Daftar kupu-kupu raja mungkin berperan dalam membantu jumlah mereka bangkit kembali. Daftar spesies yang rentan seperti  bison Eropa  telah melihat populasi mereka bangkit kembali karena langkah-langkah perlindungan yang dilakukan oleh pihak berwenang.

KLIK INI:  Masyarakat Adat Sudah Menerapkan Ekonomi Hijau Sejak Dulu

“Kami hanya bisa berharap hal yang sama untuk kupu-kupu raja ini,” tambahnya.

Dengan adanya pengumuman tersebut, sangat mungkin pertunjukan jutaan kupu-kupu raja  setiap tahunnya, ketika mereka bermigrasi dari pegunungan Meksiko Tengah ke utara akan menghilang.

Padahal migrasi mereka adalah yang paling lama diketahui oleh para ilmuwan dari semua spesies serangga.

Di sepanjang jalur migrasi mereka, mereka membiakkan beberapa generasi kupu-kupu cantik lainnya. Keturunan yang melakukan perjalanan ke utara memulai perjalanan pulang kembali ke Meksiko pada akhir musim panas.

Selain kelompok spektakuler yang bermigrasi dari Meksiko ke Kanada Selatan. Ada pula kelompok kecil yang menghabiskan musim dinginnya di pantai California.

Kemudian, mereka menyebar ke negara bagian lain di barat Pegunungan Rocky di musim panas. Kelompok ini telah melihat penurunan populasi yang lebih besar daripada raja-raja timur.

Namun, semakin menurunnya populasi mereka, akan menghilangkan pula atraksi keindahan mereka. Dan kisah kupu-kupu raja, bisa jadi akan menjadi dongeng jika tak segera diatasi.

KLIK INI:  Cethosia myrina, Kupu-kupu Sayap Renda yang Semakin Langka