Menyerap Kebijaksanaan dari Kata-Kata Bijak tentang Tanaman

oleh -213 kali dilihat
Menyerap Kebijaksanaan dari Kata-Kata Bijak tentang Tanaman
Ilustrasi - Foto/ Dariusz Sankowski dari Pixabay

Klikhijau.com – Inspirasi bisa datang dari mana saja. Termasuk dari tanaman. Lalu apa tanaman sesungguhnya, bagaimana bisa memberi inspirasi para tokoh untuk menciptakan kata-kata bijak darinya?

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) online memberi definisi begini, tanaman adalah tumbuhan yang bisa ditanam orang dan hasil menanam atau yang ditanam atau pendaman.

Pengertian tanaman dalam pertanian berbeda lagi, tanaman didefinisikan sebagai jenis organisme—organisme ini dibudidayakan pada  suatu ruang atau media.

Tujuan budidaya itu untuk dipanen saat sudah mencapai tahap pertumbuhan tertentu. Definisi inilah yang dipakai untuk  membedakan antara  tanaman dengan tumbuhan.

KLIK INI:  Tahun Baru, Kembang Api, dan Dampak Buruknya pada Lingkungan

Tanaman pun terbagi beberapa jenis, di antaranya tanaman hias dan tanaman pangan yang memiliki fungsinya masing-masing.

Namun, beberapa tokoh dunia, mulai dari Michael Jackson hingga Agnes Monica menjadikan tanaman sebagai ladang inspirasi untuk menciptakan kata-kata bijak yang sarat dengan pesan. Simaklah beberapa kata bijak berikut:

“Saya terlalu malu untuk berada di sekitar orang sungguhan. Itu tidak seperti wanita tua yang berbicara dengan tanaman ~ Michael Jackson

“Sebuah komite bersifat organik dan bukan mekanis: ia bukanlah sebuah struktur tetapi sebuah tanaman. Ia berakar dan tumbuh, berbunga, layu, dan mati, menyebarkan benih yang darinya panitia lain akan mekar pada gilirannya”.~ C. Northcote Parkinson

“Siapa pun yang suka golf di televisi akan senang melihat rumput tumbuh di atas tanaman hijau.~ Andy Rooney

“Cinta tidak terjadi begitu saja. Ini membutuhkan kerja. Banyak pekerjaan, usaha. Sama seperti tanaman yang hanya bisa tumbuh jika Anda menyiramnya secara konsisten. Cinta juga hanya dapat tumbuh jika Anda memeliharanya secara konsisten & Anda memilihnya setiap saat”.~ Agnes Monica.

KLIK INI:  Ketika Diguyur Hujan, Tanaman akan 'Panik', Benarkah?

“Gulma adalah tanaman yang telah menguasai setiap keterampilan bertahan hidup kecuali belajar cara bertumbuh dalam baris”.~ Doug Larson.

*****

“Tidak mungkin berbicara tentang memperlambat perubahan iklim tanpa berbicara tentang pengurangan emisi CO2. Sama halnya, tidak mungkin untuk berbicara tentang beradaptasi dengan perubahan iklim tanpa mempertimbangkan bagaimana kita akan memberi makan diri kita sendiri. Dan tidak mungkin kita bisa mengadaptasi pertanian tanpa melestarikan keanekaragaman tanaman”.~ Cary Fowler

“Ketika ivy menemukan menaranya, ketika tanaman menjalar yang halus telah menemukan dindingnya yang kuat, kita tahu bagaimana parasit tumbuh dan berkembang”.~ Anthony Trollope.

KLIK INI:  Ngopi Tanpa Gula Membantu Melawan Perubahan

“Sangat sulit untuk mengajari seseorang bagaimana menulis lagu jika untuk memulai dengan tidak ada tanaman kreatif untuk dipanen”.~ Barry Mann

“Saya menemukan bahwa setiap kali saya berkuasa, atau ayah saya berkuasa, entah bagaimana hal-hal baik terjadi. Perekonomian meningkat, kami memiliki hujan yang baik, air datang, orang-orang memiliki tanaman. Saya pikir alasan ini terjadi adalah karena kami ingin memberi cinta dan kami menerima cinta”.~ Benazir Bhutto

Demikianlah kata-kata bijak dari beberapa tokoh dunia, semoga bisa memberi inspirasi demi merawat dan menjaga tanaman.

KLIK INI:  Demi Bumi yang Bebas Polusi, Produksi Plastik Harus Dihentikan