Menularkan Spirit Konservasi Elang Melalui Kata Mutiara Tentangnya

oleh -230 kali dilihat
Perihal Elang dan Hal-Hal Tak Terduga Mengenainya yang Jarang Terungkap
Elang yang terbang rendah

Klikhijau.com – Dalam dalam film-film Turki yang mengangkat tema sejarah, semisal Dirilis Ertugrul penggunaan kata elang kerap mewarnainya.

Elang selalu merujuk pada mereka yang memiliki sifat “kepahlawanan”. Burung dari kelas aves itu disimbolkan sebagai pemburu yang handal.

Kelihaian elang berburu dan ketangguhannya diangkasa, membuat burung ini pun banyak digunakan sebagai lambang negara hingga klub sepak bola.

Belum lama ini  Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP) melakukan suatu kegiatan, yakni Sosialisasi Program Konservasi Elang Jawa. Kegiatan tersebut digelar di Pusat Pendidikan Konservasi Elang Jawa Cimungkad, Sukabumi.

KLIK INI:  Selamat Datang "Prawara", Elang Jawa Penghuni Baru Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Tujuannya untuk memperkenalkan betapa pentingnya kegiatan konservasi elang jawa dan habitatnya kepada generasi muda, sehingga dapat menumbuhkan rasa cinta, bangga, dan peduli terhadap pelestarian elang Jawa secara berkelanjutan.

Nah, untuk menumbuhkan rasa cinta dan bangga itu terhadap elang, bukan hanya elang jawa dibutuhkan pula kata-kata yang bisa mendongkraknya.

Untuknya dalam dunia gagasan, banyak pesohor yang menggunakan atau terinspirasi dari elang untuk menularkan spirit—memberi motivasi yang hebat bagi banyak orang.

Para pesohor itu, kerap menggunakan media bahasa atau kata-kata untuk menularkan spirit atau gagasannya. Nah, perihal elang berikut ini sederet kata-kata inspirasi mengenainya:

  • Bebek berjalan berbondong-bondong, akan tetapi burung elang terbang sendirian.- Soekarno.
  • Orang besar, Genghis Khan, hanya tahu cara menembak elang dengan panah. Masa lalu adalah masa lalu. Untuk melihat pahlawan sejati, lihatlah ke sekelilingmu.- Mao Zedong.
  • Kita belum hidup dalam sinar bulan purnama, kita masih hidup dimasa pancaroba. Jadi tetaplah bersemangat elang rajawali.- Soekarno.
  • Jangan anggap remeh si manusia, yang kelihatannya begitu sederhana; biar penglihatanmu setajam elang, pikiranmu setajam pisau cukur, perabaanmu lebih peka dari para dewa, pendengaran dapat menangkap musik dan ratap-tangis kehidupan; pengetahuanmu tentang manusia takkan bakal bisa kemput. – Pramoedya Ananta Toer.
KLIK INI:  Tentang Sustainable Living, Konsep, dan Keuntungan yang Menyertainya
***
  • Kita dapat berbicara sesuka hati tentang bunga lili, dan singa merajalela, dan menyebarkan elang, di ladang d’or atau d’argent, tetapi jika lambang dipandu oleh akal, bajak di ladang yang subur akan menjadi senjata yang paling mulia dan kuno.-Abraham Cowley.
  • Dapatkan kehidupan di mana Anda memperhatikan aroma air asin mendorong dirinya sendiri pada angin sepoi-sepoi, kehidupan di mana Anda berhenti dan menyaksikan bagaimana elang ekor merah melingkari kolam dan tegakan pinus. Dapatkan kehidupan di mana Anda memperhatikan bayi saat dia cemberut dengan konsentrasi ketika dia mencoba mengambil Cheerio dengan ibu jari dan jari pertama.- Anna Quindlen.
  • Kembang mawar merah membisikkan asmara, kembang mawar putih menghirup cinta; mawar merah adalah elang, mawar putih adalah angsa.- Sir James Matthew Barrie.
  • Lihatlah masa lalu sebagai musuh Anda, maka itu akan menjadi elang laut. Lihatlah itu sebagai teman Anda, dan itu akan memberi Anda sayap.-Alan Cohen.
  • Anda membutuhkan sayap elang untuk mengatasi hal-hal yang tidak masuk akal di dunia ini.-Tom Petty.
  • Itulah kupu-kupu, meski sayap kupu-kupu tidak dapat terbang jauh lebih tinggi dari elang, bukan berarti kupu-kupu lemah.-Shinta Putri Wulandari.
  • Nasib bukan seekor elang, itu merayap seperti tikus.-Elizabeth Bowen.
KLIK INI:  Mengunjungi Lumbung Kantong Plastik yang Bernama Pasar Tradisional
***
  • Kualitas sebuah keputusan seperti elang yang menyerang dengan cepat. Menukik menyerang dan menghancurkan korbannya.- Sun Tzu.
  • Setiap kali Eropa memandang ke seberang Atlantik untuk melihat elang Amerika, ia hanya mengamati bagian belakang burung unta.- Ambrose Bierce.
  • Orang-orang hebat seperti elang, dan membangun sarang mereka di atas kesunyian yang tinggi.-Arthur Schopenhauer
  • Elang itu tidak pernah kehilangan banyak waktu seperti ketika dia tunduk untuk belajar tentang burung gagak.- William Blake.
  • Ada juga kelepak elang
    menyinggung muram, desir hari lari berenang
    menemu bujuk pangkal akanan- Chairil Anwar.
  • Ketika elang diam, burung beo mulai mengoceh.-Winston Churchill.
  • Seorang penulis yang serius tidak harus bingung dengan penulis yang sungguh-sungguh. Seorang penulis yang serius adalah seekor elang atau burung nuri, dan penulis yang khusyuk seperti burung hantu yang berdarah.- Ernest Hemingway.
  • Elang yang menyukai udara yang ditembus cahaya tinggi,yang tidak memiliki debu dan menyumbat debu tanah,harus pernah tinggal dalam kesendirian.- Ouida.
  • Elang datang dalam berbagai bentuk dan ukuran, tetapi Anda akan mengenalinya terutama dari sikapnya.- Charles Prestwich Scott.

Nah, sahabat hijau, itulah sederet kata mutiara tentang elang, semoga terinsipirasi.

KLIK INI:  Menggugah Kepedulian Generasi Muda Melalui Pendidikan Konservasi Elang Jawa