Menilik Manfaat dan Rahasia Panjang Umur dari Ginkgo Biloba

oleh -36 kali dilihat
Manfaat Ginkgo Biloba, Pertajam Daya Ingat hingga Melancarkan Sirkulasi Darah
Ginkgo biloba, atau tumbuhan Gingko - Foto/Conifer Kingdom

Klikhijau.com – Ginkgo biloba awalnya hanya tumbuh di Cina. Namun kini telah tersebar luas hampir di seluruh dunia,  termasuk di Indonesia.

Pohon ginkgo biloba kini tercatat sebagai satu-satunya spesies yang masih hidup dari divisi Ginkgophyta.

Pohon ini termasuk pula salah satu pohon yang bisa berumur panjang. Keunikannya itu membuat peneliti penasaran, bagaimana bisa pohon dari genus Ginkgo itu bisa demikian.

Umur panjang yang dimiliki ginkgo biloba tidak sia-sia. Pohon yang juga dikenal dengan nama rambut gadis ini seolah tahu, bahwa sebaik-baiknya umur adalah yang bermanfaat.

KLIK INI:  Pacar Air, Pewarna Alami dengan Beragam Warna Bunga yang Menggoda

Karenanya, dengan umur yang panjang itu, pohon ini bisa menyebarkan kebermanfaatannya yang lebih panjang pula.

Natasha Naomi Harli Putri dkk  pada tahun 2017 pernah melakukan penelitian perihal pohon ini. Temuan mereka menakjubkan, selama bertahun-tahun, tumbuhan ini telah dijadikan sebagai obat pengobatan tradisional di Cina.

Hal menarik dari tumbuhan ini adalah hampir setiap bagiannya bisa dimanfaatkan sebagai obat dan makanan, misalnya bijinya dapat dimasak dan dikonsumsi sebagai makanan, yang dapat pula berfungsi pula sebagai obat.

Sementara daunnya, beberapa sejarah menunjukkan telah digunakan sebagai pengobatan asma, bronkitis, dan kelelahan.

Secara medis, daunnya juga ampuh untuk mengobati asma, penyakit kardiovaskular, bronkitis, tinnitus, demensia’, dan gangguan memori.

KLIK INI:  Labu Siam, Tanaman yang Kaya Serat
Kandunga daun ginkgo biloba

Daunnya  mengandung flavonoid, terpena, asam organik, senyawa turunan poliasetat, karbohidrat, berbagai senyawa organik dan anorganik.

Ekstrak standar daunnya yang sering diformulasikan mengandung 24 persen flavonoid dan 6 persen lakton.

Kandungan daunnya yang berupa flavonoid dan terpenoid merupakan senyawa kimiawi yang penting. Keduanya berperan untuk mencegah gangguan dengar sensorineural pada penderita tumor ganas dengan terapi sisplatin.

Tidak hanya itu, tumbuhan ini juga  berperan otoprotektif terhadap efek ototoksik akibat sisplatin pada hewan.

Pohon ginkgo juga mengandung ginkgotoxin yang dilaporkan terkait secara struktural dengan vitamin B6.

Potensi lain dari tumbuhan ini adalah  sebagai salah satu obat herbal yang potensial untuk meningkatkan fungsi kognitif dan mengobati alzheimer serta gangguan serebral.

Tumbuhan  yang masuk  kedalam famili Ginkgoaceae ini adalah tumbuhan tertua di dunia dan bahkan disebut sebagai living fossil (Barata, dkk 2014).

KLIK INI:  Mengenal Unsur-unsur Hara  yang Diperlukan Tanaman dan Manfaatnya
Rahasia umur panjang ginkgo biloba

Dilansir dari BBC, Richard Dixon, dari University of North Texas, Denton mengatakan, rahasia tumbuhan ini bisa berumur panjang  adalah mempertahankan sistem pertahanan yang sangat sehat dan menjadi spesies yang tidak memiliki program penuaan dini.

“Seiring bertambahnya usia pohon ginkgo, kemampuan mereka tidak terbukti melemah dalam mempertahankan diri dari berbagai tekanan,” paparnya.

Meski dapat berumur panjang, jika ingin membudidayakan tumbuhan ini, dibutuhkan kesabaran yang ekstra, itu karena ia tumbuh dengan lambat.

Hal lain yang mengkhawatirkan dari pohon ini adalah populasi liarnya kini  berada di ambang kepunahan. Penyebabnya adalah maraknya penebangan yang menyebabkannya masuk daftar merah IUCN.

Rahasia panjang umur dari pohon ini membuat  peneliti di AS dan China tertarik mempelajarinya.

Mereka meneliti pohon ginkgo yang berusia antara 15 hingga 667 tahun. Caranya dengan mengekstraksi cincin pohon dan menganalisis sel, kulit kayu, daun, serta biji.

Hasil penelitian itu mengungkapkan rahasia  dari pohon ginkgo tua dan muda. Pohon ini menghasilkan bahan kimia pelindung, yang bermanfaat untuk melawan tekanan yang diakibatkan oleh berbagai penyakit atau kekeringan.

Bahan kimia yang dikandung pohon ini termasuk anti-mikroba, anti-oksidan, dan juga hormon tanaman. Kandungan itu bermanfaat melindungi dari kekeringan dan tekanan lingkungan lainnya.

KLIK INI:  Mamalia Besar Ini Kabur Setelah Kebakaran Melanda Taman Nasional Tesso Nilo

Studi genetika menunjukkan pula bahwa gen yang berkaitan dengan penuaan tidak secara otomatis hidup pada titik waktu tertentu, seperti pada tanaman lain, misalnya tanaman musiman dan rerumputan. .

Dixon menduga gambaran seperti itu mirip dengan pohon-pohon lainnya yang berumur panjang, misalnya giant redwood, di mana batangnya mengandung antimikroba.

“Semoga penelitian kami akan mendorong orang lain untuk menggali lebih dalam tentang apa yang tampaknya menjadi fitur penting mengapa ginkgo dan beberapa pohon lainnya mampu berumur panjang,” katanya.

Klasifikasi ilmiah
  • Divisi –  Gymnospermae
  • Kelas –  Ginkgoopsida
  • Famili – Ginkgoaceae
  • Genus – Ginkgo
  • Spesies – Ginkgo biloba

Sebagai tumbuhan yang kaya manfaat dan unik. Sudah sepatutnya pohon ini mendapat perlindungan dari semua pihak. Tujuannua agar tidak punah seperti para pendahulunya dari divisi Ginkgophyta.

KLIK INI:  Pohon 'Tammate’ Alias Pohon Kudo, Tanaman Tiada Matinya yang Kaya Khasiat