Mengurai Kandungan Nanas yang Bisa Melunakkan Olahan Daging

oleh -72 kali dilihat
Ini Manfaat Buah Nanas untuk Berbagai Masalah Rambut
Buah nanas bisa atasi berbagai permasalahan rambut/Foto-standard.co.uk

Klikhijau.com – Perayaan Iduladha bagi umat Islam, tak bisa terpisahkan dari olahan daging. Pada saat perayaan itu, umat islam akan melakukan satu amalan, yakni berkurban.

Berkurban adalah menyembeli hewan yang kemudian dagingnya akan dibagikan kepada yang membutuhkan.

Tak mengherankanlah jika saat Iduladha atau Idulkurban, olahan daging akan sangat mudah ditemukan jika kita berkunjung ke rumah teman atau sanak famili.

Namun, kerap kita temukan daging yang sulit berdamai saat dikunyah. Rasanya kenyal dan sulit ditelan.

KLIK INI:  Puasa, Kurma dan 4 Manfaat Istimewa di Baliknya

Memasak olahan daging kurban, baik daging kambing, sapi, domba, dan unta memiliki tantangan tersendiri, yakni mengubahnya  agar lebih  lunak dan empuk.

Dalam permasalahan ini, Dr Tuti Suryati yang merupakan  Dosen IPB University dari Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan, Fakultas Peternakan menemukan satu formula yang bisa mengatasi masalah tekstur daging yang alot.

Karena itulah, daging kurban haruslah mendapat perlakuan istimewa dalam proses pengolahannya. tujuannya agar lebih bersahabat saat kita mengunyahnya sehingga teksturnya dapat dinikmati.

Untuk mengatasi masalah itu, Dr Tuti Suryati  menyarankan agar menggunakan nanas untuk melunakkannya.

Tanaman ini termasuklah tanaman yang mudah ditemukan dan telah dikenal secara luas oleh masyarakat.

Nanas yang bernama latin Ananas comosus merupakan tumbuhan tropis. Ia memiliki buah yang dapat dimakan.

Tanaman dari famili Bromeliaceae ini berasal  dari Amerika Selatan. Namun, saat ini telah tumbuh dibanyak negara, termasuk Indonesia. Tanaman ini tumbuh sebagai semak kecil.

Klasifikasi ilmiah

Untuk lebih jelasnya mengenai tanaman yang buahnya kerap dijadikan selai ini, berikut klasifikasi ilmiahnya

  • Kerajaan: Plantae
  • (tanpa takson): Angiospermae
  • Genus: Ananas
  • (tanpa takson): Commelinids
  • Ordo:   Poales
  • (tanpa takson): Monokotil
  • Famili:   Bromeliaceae
  • Subfamili: Bromelioideae
  • Spesies:  A. comosus
KLIK INI:  Kopi dan 5 Bahan Alami Ini Bisa Melunakkan Daging Saat Dimasak
Kandungan nanas

Nanas adalah tanaman yang mudah tumbuh. Ia bisa tumbuh liar dengan perawatan yang minim. Tanaman ini bagi sebagian ibu rumah tangga telah sangat akrab. Karena bisa diolah menjadi berbagai olahan makanan.

Selain iitu, seperti yang dikatakan Dr Tuti Suryati, bisa melunakkan daging sehingga terasa lebih empuk dan mudah dikunyah.

Lalu apa sebenarnya kandunga dari tanaman ini. Menurut Dr Tuti Suryati  bahwa  dalam buah nanas terdapat kandungan enzim bromelin. Enzim ini termasuk jenis enzim protease yang memiliki “daya magis” yang bisa memutuskan ikatan peptida pada protein.

Bila  ikatan ikatan peptida telah terputus dari protein, dapat menyebabkan hidrolisis atau degradasi protein.

Hal ini akan menjadi potongan-potongan peptida atau bentuk lebih sederhana dari protein. Bromelin juga dapat bekerja pada jaringan kolagen. Jaringan ini merupakan protein pada jaringan ikat, miosin, protein, dan protein miofibrilar atau serabut daging.

“Enzim bromelin sendiri dapat ditemui pada daun, batang, serta buah tanaman nanas,” ungkap Peneliti dari Divisi Teknologi Hasil Ternak IPB University ini seperti dikutip dari laman  ipb.ac.id.

KLIK INI:  Krengsengan Sapi Bisa Jadi Pilihan Menu Buka Puasa, Begini Cara Buatnya!
Lebih memilih buahnya

Meski enzim bromelin terdapat pada daun, batang, dan buahnya. Masyarakat Indonesia, khususnya. Lebih  banyak yang memilih bagian buahnya untuk proses pengempukan atau pelunakan daging.

Kenapa bisa demikian, itu karena  batang dan daun  dari tanaman nanas memiliki potensi yang bisa mengubah cita rasa daging.

Sedangkan dengan menggunakan buahnya, cita rasa akan tertap bertahan bahkan dapat menambah kelezatan rasa pada hasil olahan daging.

Selain itu, jika ditelisik dari segi kandungan nutrisinya, daging yang telah diberi tambahan buah nanas tak mengalami perubahan yang berarti.

Bahkan,  kandungan enzim bromelin dalam buah nanas merupakan salah satu jenis protein. Hal ini dapat menambah kandungan protein pada olahan daging meski tak signifikan.

Bromelin ini memiliki suhu optimal untuk bekerja. Selain ituu, juga memiliki suhu maksimal agar tak rusak atau terdenaturasi.  Intinya bromelin memiliki sifat protein pada umumnya.

Pada suhu ruang, di mana suhu optimal bagi bekerjanya enzim bromelin pada olahan daging adalah  pada suhu hingga mencapai 50 derajat celsius.

Sedangkan jika suhu telah melebihi 70 derajat celsius. Keampuhan enzim bromelin akan mengalami penurunan aktivitas akibat kerusakan atau denaturasi.

Perlu juga diketahui bahwa tingkat kealotan daging sangat pula dipengaruhi oleh  jenis dan bangsa, umur, jenis kelamin,  pakan,  manajemen pemeliharaan, aktivitas, bagian daging, dan status fisiologis ternak.

Untuk mendapatkan daging yang empuk atau lunak,  sebaiknya rendam pada parutan nanas selama 15 hingga 30 menit di suhu ruang sebelum Anda memasaknya.

Tapi, sebaiknya jangan pula terlalu lama menyimpan daging mentah pada suhu ruangan. Karena bisa saja  terkontaminasi bakteri yang  terdapat di lingkungan sekitar Anda.

Jadi, selamat mencoba!

KLIK INI:  Kertas Pembungkus Makanan Mengandung Racun?