Mengungkap Cara Jitu SMA Islam Athirah Perangi Sampah Plastik

Publish by -136 kali dilihat
Penulis: Idris Makkatutu
Mengungkap Cara Jitu SMA Islam Athirah Perangi Sampah Plastik
Tawakkal Kahar, Kepsek SMA Islam Athirah diapit ketiga siswanya yang berhasil membuat tisu dari eceng gondok/Foto-Ist

SMA Islam Athirah menanamkan pentingnya perilaku ramah lingkungan kepada siswanya

Klikhijau.com – Seorang lelaki menyambut ke datangan saya di depan pintu ruangan Kepala Sekolah SMA Islam Athirah. Ia memakai baju kaos berkerah warna agak cokelat.

Hari itu hari Rabu, 19 Februari 2020. Saya pikir tak ada aktivitas belajar mengajar di sekolah itu, siswanya memakai pakian bebas, bukan seragam.

Bahkan lelaki yang menyambut saya pun demikian, tak memakai pakian layaknya seorang kepala sekolah. Namanya Tawakkal Kahar, ia Kepala SMA Islam Athirah, Makassar

“Hari Rabu adalah hari bebas pakian asal sopan, ini bertujuan untuk melatih siswa menuju ke perguruan tinggi,” ungkapnya menawar rasa penasaran saya.

KLIK INI:  Sekolah, Tempat Efektif Memulai Pendidikan Lingkungan

Tak hanya aturan itu saja, sejak awal tahun ajaran 2019/2020, tepatnya di bulan Juli 2019, siswa, guru hingga karyawan sekolah Athirah bergerak bersama menyelamatkan lingkungan.

Caranya adalah mereka membawa tumbler sebagai upaya perilaku ramah lingkungan, apalagi SMA Islam Athirah memiliki konsep sekolah sehat

“Di kelas kami menyediakan galon untuk air minum, siswa membawa tumbler sendiri,” lanjutnya lagi.

Tawakkal mengakui awalnya agak sulit menerapkan hal itu, membawa tumbler, tapi lama kelamaan orang-orang di lingkup sekolah mulai terbiasa.

Memang pada awalnya membawa tumbler itu rumit, saya juga merasakannya. Tumbler saya sering ketinggalan pada tempat yang saya kunjungi karena lupa mengambilnya saat beranjak pergi. Tak hanya itu, kerap pula dapat cemooh dari teman.

Membawa tumbler merupakan langkah kecil yang dianggap sepele, tapi memiliki dampak besar terhadap penghapusan penggunaan gelas dan botol yang berbahan dasar plastik.

“Jadi tak ada lagi minuman dengan kemasan plastik,” katanya lagi.

KLIK INI:  Di Gowa Discovery Park, Siswa SDIT Insantama Makassar Diajak Mencintai Alam
Cara jitu atasi plastik

Hari ini, Kamis, 20 Februari 2020, Tawakal Kahar mengirimi saya via Whatsapp cara SMA Islam Athirah mengawal gerakan sekolah tanpa plastik selain bawa tumbler.

Pada pertemuan kami kemarin, kami tak sempat berbincang banyak perihal gerakan sekolah yang dipimpinnya dalam mengatasi masalah plastik.

Berikut 5 cara mengatasi sampah plastik ala SMA Islam Athirah:

  • Pihak kantin tidak menjual air kemasan, tetapi kantin menyiapkan air galon, dan guru karyawan serta siswa bisa membeli air dengan membawa tumblernya ke kantin untuk isi ulang.
  • Semua kegiatan yg dilaksanakan di sekolah (lapangan dan aula ) wajib ada air galon disiapkan sehingga peserta kegiatan langsung isi ulang di tumblernya.
  • Setiap kelas ada disiapkan air galon, sehingga siswa di kelas itu tinggal mengisi ulang di kelasnya.
  • Pemakaian spanduk untuk acara dan kegiatan lainnya yang hanya sekali pakai tidak diperbolehkan, cukup menggunakan bahan kertas dan kain.
  • Kepala sekolah, guru dan karyawan lainnya harus jadi SE.DO.GET, artinya jadi teladan dan contoh terbaik bagi siswa.

Bagi sekolah lain, cara ini tentu layak ditiru.

KLIK INI:  MTs Al-Falah Arungkeke, Suarakan Madrasah Bebas Sampah Plastik
Editor: Idris Makkatutu
Sumber: Klikhijau.com

KLIK Pilihan!