Mengintip Langkah KLHK Pulihkan Lingkungan di Lokasi IKN Baru

oleh -670 kali dilihat
Mengintp Langkah KLHK Pulihkan Lingkungan di Lokasi IKN Baru
Persemian modern akan dibangun untuk pulihkan lingkungan di IKN baru/Foto-Dok KLHK
Irhyl R Makkatutu
Latest posts by Irhyl R Makkatutu (see all)

Klikhijau.com – Pembangunan Persemaian Modern di sekitar lokasi Ibu Kota Negara (IKN) baru, mulai dikejar. Tujuannya untuk memulihkan lingkungan pada lokasi pembangunan IKN baru tersebut.

Pembangunan akan mulai dibangun pada tahun 2020 ini. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) telah menganggarkan dana sebesar 100 miliar rupiah tahun ini untuk kepentingan pembangunan tersebut.

Persemaian Modern Suring Terunen milik PT ITCI Hutani Manunggal. Nantinya akan menjadi salah contoh untuk pembangunan persemaian modern milik pemerintah tersebut.

Persemaian modern yang terletak didekat kawasan IKN baru di Kabupaten Penajam Paser Utara menjadi contoh yang representatif tentang bagaimana manajemen pembangunan dan manajemen kerja persemaian yang modern.

KLIK INI:  Puntung Rokok dan Dampak Buruknya Bagi Pertumbuhan Tanaman

Persemaian Modern Suring Terunen ini juga merupakan sumber benih utama bagi keberlangsungan industri hutan tanaman industri PT ITCI Hutani Manunggal dengan luas 16,4 ha. Dapat memproduksi bibit jenis Eucalyptus sebanyak 15 juta batang per tahun.

Menteri LHK, Siti Nurbaya dan Wakil Menteri LHK, Alue Dohong datang langsung mengunjungi Persemaian Modern Suring Terunen milik PT ITCI Hutani Manunggal pada Jumat 31 Januari 2020.

Kunjungan ini untuk berdiskusi dengan Direksi dan Manajer Persemaian PT ITCI Hutani Manunggal, serta melihat langsung bagaimana operasional Persemaian Modern Suring Terunen milik PT ITCI Hutani Manunggal. Hasil kunjungan ini akan dilaporkan kepada presiden sebagai dukungan data pemindahan IKN.

Sebelumnya KLHK telah menjelaskan jika Persemaian Modern yang ingin dibangun oleh pemerintah di sekitar kawasan IKN baru. Direncanakan dibangun di atas lahan seluas 120 Hektar.

Lokasi pembangunan yang dipilih berdasarkan survey terakhir adalah pada wilayah Kawasan Hutan Produksi Mentawir di areal IUPHHK-HTI PT. Inhutani I.

KLIK INI:  Kabar Baik, Sampah Plastik Bisa Diubah Jadi BBM
Dilengkapi sarana dan prasarana

Persemaian Modern ini akan dilengkapi pembangunan sarana dan prasarana lengkap persemaian seperti Germination Rooting Mother Plant House, Laboratorium Kultur Jaringan, Aclimatization Area, Shaded Area, Open Area, Pengolahan Media Tanam, serta Reservoar. Selain itu juga terdapat sarana pendukung persemaian meliputi kantor, mess dan lain-lain.

Kapasitas produksi bibit pada Persemaian Modern milik pemerintah ini ditargetkan sebesar 15 juta bibit pertahun. Meliputi tanaman hutan seperti tanaman kayu, multi purpose tree species dan tanaman eksotik.

Selain menjadi pusat pembibitan dan kebun benih, pada lokasi Persemaian Modern tersebut juga akan dibuat Arboretum atau taman hutan dengan koleksi tanaman endemik Indonesia. Serta akan berfungsi juga sebagai taman rekreasi dan sarana olahraga.

“Refleksi Persemaian Modern ini sangat penting. Karena menunjukkan kepada dunia, bahwa Indonesia dalam pemindahan IKN ini sangat serius dalam pemulihan lingkungan,” ucap Menteri Siti.

Pada kesempatan sebelumnya juga Menteri Siti menegaskan jika pemindahan IKN ini juga merupakan upaya untuk pemulihan lingkungan dan konservasi.

KLIK INI:  Mencermati Problematika Tambang Terhadap Lingkungan dan Kemanusiaan