Mengintip Cara Ikatan Duta Lingkungan Soppeng Tularkan Spirit Hidup Hijau

oleh -467 kali dilihat
Mengintip Cara Ikatan Duta Lingkungan Soppeng Tularkan Spririt Hidup Hijau
Logo Ikatan Duta Lingkungan Soppeng-foto/Ist

Klikhijau.com – Beberapa hari lalu, sebuah informasi tentang pelaksanaan kegiatan pemilihan Duta Lingkungan Hidup Soppeng berlalu lintas di grup Whatsapp.

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Ikatan Duta Lingkungan Hidup Soppeng kerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup kabupaten berjuluk Bumi La Temmamala itu.

Persoalan lingkungan hidup memang perlu mendapat perhatian serius. Saat ini permasalahan lingkungan sudah mengepung dari empat penjuru mata arah—sangat mengkhawatirkan.

Karena itu, keterlibatan semua pihak menjadi niscaya untuk menciptakan lingkungan yang lestari dan terawat.

KLIK INI:  Puluhan Satwa Endemik Papua Kembali Bernapas di Habitat Alaminya

Generasi muda menjadi salah satu ujung tombak untuk mengeluarkan dari permasalahan lingkungan yang kian komplit.

Pemilihan duta lingkungan hidup adalah salah satu upaya yang jitu untuk mengatasi permasalahan lingkungan yang mengepung itu. Apalagi pemilihan duta lingkungan menyasar generasi muda.

Ikatan Duta Lingkungan Soppeng menyadari hal itu, itu terungkap dari laporan ketua panitia pemilihan Duta Lingkungan Soppeng, Ekky Ashari bahwa dengan dilaksanakannya pemilihan duta tersebut, diharapkan kepedulian generasi muda pada lingkungan sehingga mampu berkolaborasi dengan pemerintah daerah kabupaten Soppeng dalam menangani masalah seputar lingkungan.

Akan banyak kolaborasi

Pagelaran tersebut mengangkat tema ‘Satu Bumi untuk Masa Depan, Millenial Generation Save The Word’. Peserta terdiri dari 3 kategori, yaitu cilik, praremaja, dan remaja yang berasal dari SD, SMP, SMA maupun perguruan tinggi.

Pembina Ikatan Duta Lingkungan Soppeng, A. Husunuddin Hizbi berharap agar ke depannya duta lingkungan tersebut, baik yang cilik, praremaja, maupun remaja. Kiranya dapat membantu pemerintah dalam mengkampanyekan peduli lingkungan.

KLIK INI:  Menjelajah Eksotisme Wisata Alam Kabupaten Soppeng

“Setidaknya di lingkungan sendiri maupun di sekolahnya dan mencetak generasi muda yang peduli lingkungan serta berwawasan 3R (Reuse, Reduce, dan Recycle).

Ia juga menambahkan, ke depan akan ada banyak kolaborasi antara pemerintah daerah Soppeng, media, termasuk Klikhijau.com dan pegiat lingkungan hidup dalam mengedukasi masyarakat untuk menjaga dan menyikapi permasalahan-permasalahan lingkungan.

Saat acara puncak atau grand final di Lapangan Gasis Watansoppeng Sabtu malam, 3 September 2022 lalu. Sekda Pemda Soppeng Drs. H.Andi Tenri Sessu ikut hadir. Ia mewakili Bupati Soppeng yang berhalangan hadir pada saat itu.

“Persoalan lingkungan hidup adalah persoalan kita semua, tidak hanya menyangkut pemerintahan tapi juga seluruh umat manusia mulai dari anak-anak sampai orang tua semuanya bertanggungjawab terhadap masalah lingkungan,” ungkapnya saat memberikan sambutan.

Menurutnya, sekarang ini, akibat perkembangan manusia dan perkembangan dinamika masyarakat maka terjadilah ekplorasi budaya.

“Hal ini tidak dapat disalahkan namun sebagai makhluk maka kita berkewajiban untuk mengembalikan persoalan lingkungan,” tutupnya dengan disertai ucapan terima kasih kepada penyelenggara kegiatan.

Grand final itu dihadiri pula oleh Kepala Bidang Persampahan Dinas Lingkungan Hidup, Para Kepala Sekolah dan orang tua para finalis.

KLIK INI:  Baznas Bulukumba Hijaukan Donggia di Hari Pohon Sedunia
Para pemenang

Adapun Pemenang dalam Grand Final Pemilihan Duta Lingkungan Soppeng 2022 adalah :

  • Juara I Duta Lingkungan Soppeng 2022 Kategori Cilik (Putra) : M. Noah Alvaro.
  • Juara I Duta Lingkungan Soppeng 2022 Kategori Cilik (Putri) : Dzakila Nabila.
  • Juara I Duta Lingkungan Soppeng 2022 Kategori Praremaja (Putra) : Abizar Ghifary.
  • Juara I Duta Lingkungan Soppeng 2022 Kategori Praremaja (Putri) : Fildzah Fadhilah Hamzah.
  • Juara I Duta Lingkungan Soppeng 2022 Kategori Remaja (Putra) : Arvan Fadillah
  • Juara I Duta Lingkungan Soppeng 2022 Kategori Remaja (Putri) : Nur Ayu Fakhirah Putri.
Para pemenang Duta Lingkungan Soppeng 2022
Melahirkan rasa bangga orang tua

Terpilihnya Fildzah Fadhilah Hamzah sebagai juara satu Duta Lingkungan Soppeng 2022 kategori Praremaja untuk putri melahirkan rasa bangga kedua orang tuanya. Fildzah Fadhilah Hamzah merupakan Siswi SDN 1 Lamappoloware, Soppeng.

KLIK INI:  Intip Tips Ramah Lingkungan dari Tasya Kamila!

“Selaku orang tua tentu menjadi kebanggaan tersendiri, dimana anak kami bisa meraih juara saat bersaing dengan perserta lain pada ajang tingkat Kabupaten Soppeng,” ungkap Hamzah, ayah Fildzah Minggu, 4 September 2022 sebagaimana dikutip dari Rakyatsatu.com.

Hamzah menambahkan bahwa raihan juara tersebut tidak terlepas dari kerja keras anaknya yang mengikuti latihan sebelum dilakukan penilaian beberapa waktu lalu.

“Alhamdulillah, kerja kerasnya selama ini membuahkan hasil,” tutupnya.

Hmmm, selamat kepada yang keluar sebagai juara Duta Lingkungan kabupaten yang tak terpisahkan dari kepakan sayap kelelawar, tetaplah jaga dan rawat Bumi serta menularkan spirit hidup hijau, khususnya di Bumi La Temmamala.

KLIK INI:  Bicara di Depan Duta Lingkungan, Anis Kurniawan: Anak Muda Harus Kritis Namun tidak Reaktif