Mengintip Aksi Lingkungan Kanwil DJP Sulselbartra di Pulau Samalona

oleh -25 kali dilihat
Mengintip Aksi Lingkungan Kanwil DJP Sulselbartra di Pulau Samalona
Aksi lingkungan Kanwil DJP-foto/Ist
Andi Ayatullah

Klikhijau.com – Rasa peduli dan aksi lingkungan Bisa diwujudkan dalam berbagai bentuk kegiatan. Seperti halnya yang dilakukan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Sulawesi Selatan, Barat dan Tenggara (Sulselbartra).

Kanwil DJP Sulserbarta belum lama ini melaksanakan kegiatan DJP Peduli dalam rangka memperingati Hari Pajak tahun 2022. Kegiatan itu sekaligus untuk menyambut perayaan hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 tahun.

Kegiatan ini dikemas dalam bentuk Aksi Sosial Pajak Peduli Lingkungan yang dilangsungkan di Pulau Samalona, Kota Makassar, tepatnya pada hari Kamis 28 Juli 2022 lalu.

Dipilihnya Pulau Samalona sebagai lokasi kegiatan bukan tanpa alasan. Pulau yang terletak di Selat Makassar  itu memiliki potensi daya tarik wisata yang memesona.

KLIK INI:  HKAN 2021, Kehati Gelar Diskusi ‘IG Live’ Perihal Penulisan Isu Konservasi Indonesia

Daya tariknya itu dapat dikembangkan menjadi salah satu alternatif destinasi wisata. Baik bagi wisatawan lokal maupun manca negara selain wisata kuliner.

Pulau Samalona telah menjadi pulau kebanggaan masyarakat Makassar. Ia perlu dijaga kebersihannya oleh berbagai pihak. Demi mempertahankan keindahan dan kelestarian alamnya yang eksotis.

“Aksi sosial ini kami laksanakan sebagai bentuk pengabdian pegawai Direktorat Jenderal Pajak (DJP) pada lingkungan dan masyarakat,” ujar Arridel Mindra, Kepala Kanwil DJP Sulselbartra—yang memimpin langsung kegiatan tersebut.

KLIK INI:  Perlunya Menanamkan Kepedulian Lingkungan Sejak Dini

Arridel juga menyampaikan bahwa aksi sosial ini dilaksanakan sebagai bentuk pengabdian pegawai Direktorat Jenderal Pajak (DJP) pada lingkungan dan masyarakat. Ia juga menambahkan bahwa aksi ini dilaksanakan pula untuk mendekatkan pajak pada masyarakat.

Selanjutnya Arridel mewakili Kanwil DJP Sulselbartra secara simbolis menyerahkan bantuan sosial berupa peralatan kebersihan, tempat sampah, perlengkapan ibadah dan sembako kepada tokoh masyarakat setempat.

Menggunakan 11 perahu mesin

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Kanwil DJP Sulselbartra berkolaborasi dengan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) di wilayah Kota Makassar Raya yakni KPP Madya Makassar, KPP Pratama Makassar Barat, KPP Pratama Makassar Selatan, dan KPP Pratama Makassar Utara dengan total relawan aksi sosial terdiri dari 81 peserta.

Tercatat ada 11 perahu mesin yang digunakan rombongan relawan  menuju Pulau Samalona. Para relawan tersebut melaksanakan aksi peduli lingkungan. Kegiatan yang dilakukan adalah pemungutan dan pembersihan sampah plastik di area pantai dan lingkungan tempat tinggal warga setempat. Selain itu, juga memperbaiki papan petunjuk untuk menjaga lingkungan.

KLIK INI:  7 Hal Sederhana yang Bisa Anda Mulai untuk Komitmen Peduli Lingkungan

Sementara itu, Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Kanwil DJP Sulselbartra Eko Pandoyo Wisnu Bawono berharap, pelaksanaan Aksi Sosial Pajak Peduli Lingkungan memberikan beragam manfaat pada banyak pihak.

“Kegiatan ini dapat membantu masyarakat di Pulau Samalona dalam menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggalnya, aksi sosial ini juga dapat menanamkan kesadaran peduli lingkungan pada pegawai DJP,” ujarnya.

Lebih lanjut Eko juga menyatakan bahwa aksi sosial ini menjadi wujud pelaksanaan program. Tujuannya untuk meningkatkan hubungan baik DJP dengan masyarakat umum.

KLIK INI:  AXA Week for Good Ajak Karyawan Menjaga Bumi Dimulai dari Rumah