Mengenal Unsur Hara Tanah Beserta Fungsinya bagi Tumbuhan

oleh -106 kali dilihat
Jangan Asal, Kenali Dosis dan Waktu Pemupukan 7 Tanaman Hias Populis Ini!
Ilustrasi kondisi tanah - Foto/Pixabay

Klikhijau.com – Unsur hara atau nitrogen adalah kandungan yang sangat penting bagi tetumbuhan. Kekurangan unsur hara tanah akan jadi petaka bagi pertumbuhan tumbuhan.

Unsur hara tanah terbagi dua unsur, yakni  unsur hara makro dan mikro. Keduanya  memiliki fungsi yang berbeda-beda pada tanaman atau tumbuhan

Tanah yang baik atau subur adalah yang menyediakan unsur tanah dengan lengkap, sehingga memudahkan pertumbuhan bagi tumbuhan.

Nitrogen memiliki fungsi yang penting, keberadaannya untuk merangsang pertumbuhan secara keseluruhan, khususnya batang, cabang, dan juga daun.

KLIK INI:  Apa itu Pati pada Tanaman dan Bagaimana Proses Pembentukannya?

Unsur hara tanah ini, sangat dibutuhkan saat  fase awal pertumbuhan tumbuhan. Keberadaannya  dibutuhkan  tanaman untuk membentuk hijau daun guna melakukan fotosintesis.

Selain itu, juga  untuk membentuk lemak, protein, lemak, dan berbagai persenyawaan organik lainnya yang dibutuhkan tumbuhan.

Berikut unsur hara tanah beserta fungsinya bagi tetumbuhan:

  • Magnesium

Magnesium atau Mg Selain itu, Magnesium berperan sebagai transportasi fosfat di dalam tanaman. Magnesium ini berperan dalam pembentukan zat hijau daun, lemak, karbohidrat, lemak, dan minyak-minyak yang dibutuhkan tumbuhan.

  • Kalium

Kalium biasa disingkat dengan huruf K saja ini, memiliki fungsi untuk membantu pembentukan karbohidrat dan protein.

Unsur yang satu ini juga  memiliki fungsi untuk memperkuat tubuh tanaman. Sehingga  daun, bunga, dan buah tidak mudah berguguran.

Tidak hanya itu unsur kalium juga  menjadi sumber kekuatan bagi tumbuhan, khususnya yaang sedang berjuang menghadapi kekeringan dan berbagai penyakit.

KLIK INI:  Paparan PFAS Dapat Menyebabkan Wanita Berhenti Menyusui Lebih Dini
  • Belerang

Huruf S adalah lambang dari belerang. Keberadaan unsur ini berfungsi untuk membentuk bintil-bintil akar. Belerang juga membantu pertumbuhan anakan pada tumbuhan.

  • Kalsium

Ca adalah lambang dari kalsium. Fungsi unsur kalsium adalah untuk merangsang pembentukan bulu-bulu akar.

Keberadaan kalsium juga berfungsi mengeraskan batang tumbuhan, dan termasuk juga berperan merangsang pembentukan biji.

Ketika kalsium  berada di batang dan daun akan berkhasiat untuk menetralisirkan senyawa atau suasana yang tidak berpihak pada tanah.

  • Klor

Klor atau CI memiliki fungsi untuk memperbaiki dan meninggikan hasil kering tanaman, misalnya pada  tanaman tembakau, kentang, kapas, dan tanaman sayuran lainnya.

  •  Besi

Unsur hara besi atau Fe sangat diperlukan karena ia  membantu pernapasan tumbuhan. Keberadaanya juga  membantu pembentukan hijau daun.

KLIK INI:  Lebih Dekat dengan 7 Satwa Unik yang Ada dan Pernah Ada di Soppeng
  • Mangan

Mn atau mangan berguna melancarkan proses asimilasi. Keberadaannya juga memiliki peran penting dalam berbagai enzim.

  • Seng

Seng atau Zn ini merupakan unsur yang dapat memberikan dorongan terhadap pertumbuhan tumbuhan.

Hal itu dikarenakan seng berfungsi membentuk hormon tumbuh pada tumbuhan.

  • Boron

Fungsi boron atau B adalah mengangkut karbohidrat ke dalam tubuh tumbuhan. Boron juga   mengisap unsur kalsium.

Boron ini berperan mengembangkan bagian tanaman untuk tumbuh lebih aktif. Perannya sangat penting terhadap pembagian sel pada tumbuhan penghasil biji.

Boron juga mampu menaikkan mutu tanaman, khususnya tanaman sayuran dan tanaman buah.

  • Molibdenum

Untuk tanaman sayuran dan jeruk, unsur molibdenum atau Mo sangat penting, karena keberadaannya berperan mengikat nitrogen dari udara bebas.

  • Tembaga

Keberadaan tembaga atau Cu berfungsi mendorong terbentuknya hijau daun dan dapat diolah menjadi bahan utama dalam berbagai enzim.

KLIK INI:  Bagaimana Pengaruh Sinar Matahari terhadap Warna Daun Tanaman?
Cara memperbaiki unsur hara tanah

Unsur hara tanah haruslah diperhatikan agar tumbuhan bisa tumbuh dengan baik. Karena itu, untuk memperbaiki dan mempertahankan unsur hara tanah perlu dilakukan langkah berikut:

  • Tumpang sari dan rotasi tanaman

Hal ini berguna untuk mengatur ketersediaan nutrisi secara alami. Penyebabnya adalah karena setiap tanaman memiliki kebutuhan yang berbeda untuk setiap unsur, dan jika tanaman yang sama ditanam dalam tanah, jumlah unsur tersebut dalam tanah menjadi tidak seimbang.

Hal ini masuk akal karena satu elemen terus menerus diserap dan yang lainnya tidak, sehingga terakumulasi.

Oleh karena itu, unsur-unsur tersebut perlu dijaga keseimbangannya melalui rotasi tanaman dan tumpang sari atau silih berganti dan penataan tanaman.

  • Tambahkan pupuk

Menambahkan pupuk membantu menyediakan unsur-unsur yang tidak ditemukan di lapisan tanah. Berbagai jenis pupuk dapat digunakan, dari alami atau buatan.

Pupuk alami meliputi pupuk kandang dari kotoran hewan atau kompos dari pembusukan tanaman. Hindari penggunaan pupuk kimia yang merusak lingkungan dan unsur tanah itu sendiri.

KLIK INI:  Mekar dengan Eksotik di Malam Hari, Benarkah Bunga Wijaya Kusuma Mistis?