Mengenal Tawon Vespa Affinis yang Membahayakan, Begini Penjelasannya!

Publish by -140 kali dilihat
Penulis: Zakiyatur Rosidah
Mengenal Tawon Vespa Affinis yang Membahayakan, Begini Penjelasannya!
Tawon Vespa Affinis/Foto-msn.com

Klikhijau.com – Beberapa hari yang lalu, serangan tawon membikin heboh daerah Duren Sawit, Jakarta Timur. Lalu membuat jenis tawon Vespa affinis ramai disebut.

Konon jenis tawon ini sangat berbahaya karena gigitannya dapat menyebabkan kematian.

Sebagai bukti, dalam kurun dua tahun terakhir, ternyata sudah terdapat tujuh kasus kematian yang terjadi di Klaten, Jawa Tengah.

Siklus hidupnya

Lalu seperti apa sebetulnya jenis tawon ini dan bagaimana siklus kehidupannya?

Tawon Vespa affinis atau yang juga dikenal dengan sebutan lesser banded hornet atau penyengat kecil ini bisa mencapai ukuran 30 mm, pejantan bisa mencapai 26 mm. Sedangkan tawon pekerja rata-rata berukuran 22-25 mm.

Kepalanya berwarna merah kecokelatan, bisa juga sama sekali hitam. Tubuhnya tertutup bulu-bulu halus, dengan beberapa tanda merah.

KLIK INI:  Selain Fenomena Metamorfosanya, 6 Hal Ini Menarik Diketahui Seputar Kupu-Kupu

Tawon V. affinis ini tersebar luas di seluruh Asia tropis dan subtropis. Pernah ditemukan di Sri Lanka, Hong Kong, Taiwan, Burma, Thailand, Laos, Vietnam, Sumatra, Filipina (Palawan) dan Malaysia.

Tawon Vespa affinis mencari makan di dekat tanah di daerah berumput, hutan, dan gurun.

Mereka mendapat asupan karbohidrat baik dari getah pohon, nektar, buah-buahan dan air liur larva dan makanan berprotein seperti bangkai, tawon kertas (Polistinae) dan lebah (Apidae).

Makanannya terutama terdiri dari makanan cair seperti nektar dari bunga. Ia juga memakan lebah dan mengumpulkan daging dari serangga yang baru mati.

Sarang V. affinis dibangun tinggi di atas pohon, tetapi juga rendah di semak-semak serta di rumah-rumah. Sarang yang dibangun di pohon-pohon tinggi umumnya memanjang.

Di daerah tropis, sarangnya berbentuk buah pir atau seperti bentuk tetesan, tetapi di daerah subtropis bentuknya oval dengan bagian atas membulat. Panjangnya bisa mencapai lebih dari 60 cm di daerah tropis.

KLIK INI:  Pulau Sulawesi, Surganya Kumbang Yodha
Efek Sengatannya

Tawon jenis ini telah mendapatkan reputasi yang mengerikan di Indonesia karena sangat agresif dan sengatannya yang kuat. Ini berpotensi menyebabkan anafilaksis yang mengancam jiwa.

Tawon Vespa affinis merupakan tawon predator yang memiliki kemampuan untuk memasukkan racunnya ke dalam tubuh manusia.

Pada dosis kecil, ketika yang menyengat barang satu atau dua ekor tawon, racunnya hanya akan menimbulkan alergi saja dengan gejala-gejala seperti bengkak dan gatal.

Namun apabila tawon yang menyengat berjumlah banyak, maka dapat menyebabkan hiperalergi.

Bila tidak ditangani, akan berlanjut menjadi anafileksis hingga merusak organ hanya dalam hitungan hari.

Efek paling fatal dapat menyebabkan edema paru akut. Bahkan, kondisi di mana terjadi penumpukan cairan di paru-paru yang membuat pasien kesulitan bernapas.

Selain itu, efek fatal lain yang paling sering terjadi adalah gagal ginjal akut, di mana fungsi ginjal menurun.

KLIK INI:  Mengenal Lebih Dekat Burung Puffin, Burung yang Alami Kematian Massal
Editor: Anis Kurniawan

KLIK Pilihan!