Mengenal Tanaman Iler, Kandungan dan Khasiatnya untuk Pengobatan

oleh -24 kali dilihat
Mengenal Tanaman Iler, Kandungan dan Khasiatnya untuk Pengobatan
Bunga iler - Foto/Ist

Klikhijau.com – Iler (Coleus) merupakan jenis tanaman obat yang mudah tumbuh dan kadang ditanam sebagai bunga hias dalam pot. Di Sunda, tanaman ini lebih familiar dengan nama Jawer Kotok, sedangkan di Jawa lebih dikenal dengan Kentangan.

Tanaman asli Asia Tenggara ini tergolong tumbuhan semak, yang dapat tumbuh merayap setinggi 30 cm sampai 150 cm. Daunnya berbentuk hati dan pada setiap tepiannya dihiasi oleh lekuk-lekuk tipis yang bersambungan dan didukung oleh tangkai daun.

Sementara bunganya akan muncul pada pucuk tangkai batang berbentuk untaian bunga bersusun. Iler memiliki tangkai batang berbentuk segi empat dan termasuk kategori tumbuhan basah yang batangnya sangat mudah patah.

Tanaman ini dapat tumbuh subur di daerah dataran rendah sampai ketinggian 1500 meter di atas permukaan laut. Iler tergolong amat istimewa karena memiliki ragam jenis dan warna dedaun.

Meski, mulai banyak dibudidaya sebagai tanaman hias, jawer kotok juga masih banyak dijumpai sebagai tumbuhan liar di pemaatang sawah atau di tepi jalan desa. Pesona daunnya yang berbentuk hati dengan warna khas, membuatnya diminati ditanam di dalam pot sebagai koleksi tanaman yang menyejukkan dipandang mata.

KLIK INI:  Sah Jadi Tanaman Obat di Tangan Kementan, Ini 11 Keajaiban Tanaman Ganja!
Kandungan kimia

Meski lebih dikenal sekadar tanaman hias, iler ternyata mengandung senyawa kimia yang bisa dimanfaatkan untuk ragampegobatan. Iler mengandung senyawa kimia penting antara lain: alkaloid, etil salisilat, metil eugenol, timol, karvakrol dan mineral.

Dengan kandungan tersebut, tanaman ini dipercaya memiliki khasiat dalam pengobatan. Mari simak manfaatnya dan cara meramu tanaman herbal ini:

Khasiat dan cara meraciknya

Dikutip dari buku “Tanaman Obat Tradisional 2” karya  Thomas A.N.S, Berikut ini 7 khasiat tanaman iler dan cara meraciknya untuk pengobatan dan kesehatan:

  1. Mengobati ambeien

Untuk mengobati ambein, iler bisa dimanfaatkan sebagai herbal. Bahan yang diperlukan antara lain 17 lembar daun iler dan 3 rimpang umbi kunyit sebesar ibu jari.

Cara membuatnya sederhana yakni semua bahan direbus dengan 5 gelas air sampai mendidih. Ramuan kemudian diminum 1 kali sehari satu gelas untuk mengatasi gangguan ambeien.

KLIK INI:  Perempuan Lebih Berisiko Terkena Dampak Buruk Jika Macet, Benarkah?
  1. Mengobati diabetes

Tanaman jawer kotok juga dapat mengobati penyakit diabetes melitus, sebuah penyakit yang banyak menyerang akibat gula dara yang tinggi. Untuk pengobatan diabetes, bahan yang diperlukan antara lain tumbuhan iler lengkap (akar, batang, daun dan bunga), adas pulawaras secukupnya.

Cara membuatnya adalah kedua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air sampai mendidih. Lalu ramuan diminum 2 kali sehari setengah gelas, pago dan sore.

  1. Mengatasi demam dan sembelit

Bila terserang demam dan sembelit, jawer kotok dapat dikonsumsi untuk mengatasinya. Bahan yang diperlukan sederhana yakni 1 potong daun dan batang iler.

Cara membuatnya yakni dengan merebus 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas. Ramuan lalu diminum 2 kali sehari setengah gelas.

KLIK INI:  Menurut Ahli Saraf, Ini Waktu dan Olahraga yang Tepat untuk Kesehatan Otak
  1. Mengatasi sakit perut

Untuk mengatasi sakit perut, diperlukan bahan utama yakni 3 potong akar iler. Bahan ini kemudian direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas. Ramuan siap diminum pagi dan sore.

  1. Datang bulan terlambat

Bagi perempuan dewasa yang mengalami datang bulan terlambat juga dapat meminum ramuan iler. Bahan yang dibutuhkan adalah 3-7 lembar daun iler.

Bahan ini direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas. Ramuan diminum menjelang tanggal datangnya haid.

  1. Mengatasi bisul

Bisul pada bagian tubuh tertentu memang menyebalkan. Ramuan jawer kotok ternyata bisa dimanfaatkan untuk mengobatinya. Siapkan dua bahan  utama yakni daun iler dan minyak kelapa.

Cara membuatnya adalah daun iler diolesi minyak kelapa kemudian dipanggang. Cara menggunakannya mudah saja, bila dalam keadaan hangat-hangat ditempelkan pada bagian tubuh yang bisul.

  1. Luka borok

Selain bisul, luka borok juga dapat ditangani dengan tanaman satu ini.  Bahan utamanya adalah daun dan batang iler. Tumbuk halus keduanya lalu ditempelkan pada bagian tubuh yang sakit luka borok.

Itulah perkenalan dengan tanaman iler, kandungan, manfaat dan cara meraciknya. Semoga bermanfaat, salam sehat!

KLIK INI:  4 Tanaman yang Sejak Dahulu Kayunya Diyakini Berkhasiat Obat