Mengenal Legundi, Tanaman Herbal Beragam Khasiat

oleh -2.048 kali dilihat
Mengenal Legundi, Tanaman Herbal Beragam Khasiat
Tanaman Legundi - Foto/puspabalinews
Azwar Radhif

Klikhijau.com – Tanaman Legundi merupakan tanaman yang habitatnya berada di kawasan tropis dengan ketinggian 0-500 meter di atas permukaan laut. Karena penyebarannya di dataran rendah tropis, Legundi begitu populer dan mudah ditemukan di banyak tempat, khususnya di Indonesia.

Legundi atau nama ilmiahnya Vitex trifolia termasuk dalam famili Verbenaceae, berbentuk pohon kecil dengan ketinggian maksimalnya mencapai 4-5 meter. Karena ukurannya yang tak terlalu besar, Legundi sering dijjadikan tanaman bonsai.

Pada batangnya kerap dijumpai rambut-rambut yang mengelilingi tanaman. Selain itu, pada pucuk batang terdapat gumpalan kecil menyerupai merica yang nantinya menjadi kelopak bunga. Legundi memiliki bunga berwarna ungu yang cantik sehingga jadi primadona para pegiat tanaman hias.

Di beberapa tempat di Indonesia, Vitex trifolia memiliki banyak nama daerah, seperti liligundi (Bali), Langgundi (Sunda), Lagundi (Minang), Galumi (Sunda), Sagari (Bima), Lawarani (Bugis) dan Laura (Makassar).

Legundi selain dijadikan sebagai tanaman hias, juga digunakan sebagai tanaman herbal oleh masyarakat Indonesia sejak dahulu.

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mencatat dalam tradisi masyarakat Bali kuno, pengobatan tradisional atau disebut Usada sebagian besar berasal dari tanaman herbal. Salah satu tanaman herbal yang populer digunakan adalah legundi.

KLIK INI:  Macan Tutul Amur Terancam Punah, Ini 3 Penyebab Utamanya!

Jurnal penelitian dan penalaran mahasiswa Universitas Hindu Indonesia (2020) menjelaskan sejak dulu hingga hari ini, masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Bali telah memanfaatkan daun Vitex trifolia sebagai penangkal nyamuk alamiah. Daun Legundi yang telah dikeringkan biasanya akan dibakar, diimana asapnya dipercaya dapat mengusir nyamuk. Mirip-mirip cara kerja obat nyamuk bakar konvensional.

Ternyata, pengetahuan lokal masyarakat akan khasiat daun Legundi terbukti. Secara biomedis, Kandungan kimia minyak atsiri pada tanaman ini menjadi salah satu zat anti nyamuk.

Ragam khasiatnya

Tanaman Vitex trifolia menjadi tanaman yang hampir keseluruhan bagian pohonnya dapat dimanfaatkan sebagai herbal. Biopharmaca Research Centre (BRC) Institut Pertanian Bogor mencatat akar, batang, biji, buah dan daun pohon legundi mengandung khasiat terhadap beragam jenis penyakit.

Akar tanaman herbal ini biasanya dimanfaatkan untuk mencegah kehamilan dan membantu proses penyembuhan pasca hamil. Batang pohohnnya digunakan untuk menyembuhkan pembengkakan pada bagian tubuh dan enzim.

KLIK INI:  Mengenal Tanaman Iler, Kandungan dan Khasiatnya untuk Pengobatan

Bijinya dimanfaatkan sebagai obat pereda batuk, penyegar badan dan perawatan rambut. Sedang, buah legundi biasanya digunakan sebagai peluruh haid dan obat cacing.

Daun pohon Vitex trifolia menjadi salah satu bagian tanaman yang paling banyak mengandung khasiat herbal bagi tubuh manusia. Daunnya berkhasiat untuk meredakan penyakit yang sering dialami manusia, seperti rasa nyeri, masuk angin, pusing, batuk, menurunkan panas, meredakan kejang, dan tifus.

Daun legundi juga berkhasiat terhadap pencegahan penyakit organ dalam manusia, seperti peluruh air seni, peluruh angin perut, peluruh keringat, membersihkan rahim, melancarkan haid,  demam nifas, busting air, menyembuhkan luka, kudis dan untuk membunuh serangga.

Meski begitu, herbal daunnya banyak dimanfaatkan sebagai herbal penanganan gejala penyakit asma. Zat Aktif viteksikarpin dalam daun Legundi terbukti ampuh melawan penyakit asma.

Daun tanaman ini juga memiliki kandungan fitokimia seperti flavonoid, saponin dan alkaloid. Jurnal Balaba Poltekkes Kemenkes Yogyakarta menjelaskan bahwa kandungan fitokomia dalam Legundi dapat dimanfaatkan sebagai penangkal virus chikungunya yang dibawa nyamuk demam berdarah. Kandungan senyawa alkaloid ampuh mematikan larva nyamuk jenis Aedes albopictus yang menjadi biang penyebaran penyakit chikungunya pada manusia.

Umumnya untuk konsumsi herbal rumahan, pemanfaatan daun legundi dilakukan dengan cara direbus dengan air mendidih beberapa menit. Untuk penanganan terhadap penyakit Cacingan, Kesehatan rahim, sakit limpa, dan Sakit Tenggorokan.

Demikian perkenalan dengan Vitex trifolia, semoga bermanfaat!

KLIK INI:  Otentik, 6 Tanaman Ini Berhubungan Erat dengan Budaya Toraja