Mengenal Konsep Rumah Taman Terapi dan 5 Tips Ringan Mewujudkannya

Publish by -151 kali dilihat
Penulis: Alifia Sulaiman
Mengenal Konsep Rumah Taman Terapi dan 5 Tips Ringan Mewujudkannya
Ilustrasi - Foto/Pixabay

Klikhijau.com – Di tengah pesatnya pertumbuhan penduduk dan ragam masalah lingkungan, tren gaya hidup kembali ke alam (back to nature) diminati, diantaranya dengan menerapkan konsep rumah taman terapi.

Lalu, apa yang disebut dengan rumah taman terapi? Secara sederhana, rumah taman terapi adalah konsep pembangunan atau penataan rumah yang didesain khusus untuk difungsikan sebagai tempat terapi fisik dan mental bagi seluruh penghuninya.

Kehidupan di perkotaan yang semakin sesak karena kemacetan, beban pekerjaan kantor dan aktivitas kota yang penat telah memicu stres tinggi bagi warga kota. Rumah dengan konsep hijau alami ibarat tempat pengisian ulang (recharger) yang nyaman bagi penghuninya.

Konsep rumah alami tak hanya menjadikan rumah tampak seperti berada di dalam taman, tetapi juga hemat energi dan efisiensi pada penggunaan ruangnya. Karenanya, keberadaan tanaman atau pepohonan di sekitar rumah sangatlah penting untuk rumah sehat.

KLIK INI:  Cara Simpel Menurunkan Gas Rumah Kaca dari Rumah
5 langkah sederhana

Lalu, bagaimana membuat impian dengan taman hijau yang sehat? Clare Cooper Marcus, penulis Healing Gardens: Therapeutic Benefits and Design Recommendations (1999), sebagaimana dikutip dalam buku “Bahasa Pohon Selamatkan Bumi”, memberikan 5 tips  ringan mewujudkan rumah taman terapi:

Kesan alami di semua ruangan

Ciptakan suasana dominasi kesan alami sejak dari pintu gerbang rumah hingga ke pojok halaman rumah. Penyebaran tanaman dari tanaman merambat di pagar atau pepohonan rindang di taman depan dan jika mungkin di taman belakang rumah.

Peletakan pot-pot tanaman artistik dalam ruangan dan kombinasi cat dinding juga bisa dibuat untuk menyempurnakan dekorasi tanaman.

Penggabungan fungsi ruangan

Ciptakan suasana aman dan hangat bagi seluruh anggota keluarga. Penggabungan fungsi ruang diharapkan mampu mengakomodasi kebutuhan ruang bagi seluruh anggota keluarga, mulai dari anak balita, remaja, orang dewasa, bapak, ibu, dan kakek-nenek.

Rumah bebas asap rokok

Ciptakan suasana rumah yang sehat dan nyaman. Hal ini bisa dimulai dengan membuat larangan merokok di rumah, baik di taman apalagi di dalam ruangan.

KLIK INI:  Panduan Sederhana Membuat Taman Kota (Urban)
Desain mandiri yang melibatkan semua

Desain yang positif menempatkan para penghuni rumah sebagai desainer utama penataan taman dan ruangan sesuai kebutuhan masing-masing. Dengan begitu, ruang-ruang yang tercipta menjadi akrab dan nyaman bagi semua penghuni.

Bila tertarik menggunakan konsultan desain, peran konsultan hanya bertindak sebagai penasihat yang menawarkan pertimbangan teknis.

Penyediaan ruang favorit

Rumah menyediakan ruang-ruang favorit bagi semua anggota keluarga, seperti ruang bermain di taman atau dalam ruang keluarga yang menyatu dengan ruang tamu bagi balita. Sekaligus sebagai tempat nongkrong di teras taman depan, tempat bersantai minum kopi atau tempat membaca buku.

Itulah 5 tips sederhana mewujudkan rumah taman terapi khususnya bagi warga di perkotaan. Dengan konsep rumah hijau, kita dapat melampiaskan kepenatan hirup pikuk kota dan menemukan kedamaian dengan menghabiskan waktu di rumah.

KLIK INI:  Pohon Tanjung, Pohon Serba Guna yang Cocok untuk Taman Kota

Sebagai tambahan, dominasi warna hijau di dalam rumah bisa ditambahkan untuk memperkuat suasana alami yang menenangkan. Selingan aromatik tanaman dan warna-warni bunga-bunga dan tanaman berdaun indah akan menambah keceriaan rumah.

Desain rumah yang memungkinkan adanya penyinaran matahari yang bersilangan melalui lubang ventilasi, jendela, dan pintu juga penting untuk memberikan pencahayaan yang memadai pada siang hari.

Kombinasi warna cat dinding rumah juga dapat memperkuat kesan alami, seperti warna hijau tosca, kuning lembut atau cokelat krem muda.

Rumah taman sekali lagi akan menjadi terapi fisik dan mental bagi penghuninya. Rumah akan menjadi oase di tengah kehidupan kota yang padat, panas dan penat. Semoga bermanfaat!

KLIK INI:  6 Hal Istimewa pada Janda Bolong, Poin Terakhir Mengejutkan!
Editor: Anis Kurniawana

KLIK Pilihan!