Mengenal Halia, Tanaman Herbal yang Kaya Manfaat dan Cara Meraciknya

oleh -254 kali dilihat
Mengenal Halia, Tanaman Herbal yang Kaya Manfaat dan Cara Meraciknya
Halia - Foto/Secrets living

Klikhijau.com – Halia, sepintas terdengar seperti nama orang. Jangan salah kaprah dulu, Halia merupakan jenis tanaman obat dengan nama latin Zingiber officinale.

Tumbuhan liar dari famili Zingiberaceae yang berasal dari Cina dan India ini kerap tumbuh di ladang-ladang, khususnya di area yang agak basah serta akses cahaya matahari.

Tanaman ini memiliki sejumlah nama lokal antara lain jae di Jawa, melito di Gorontalo, goraka (Ternate), lia di Flores dan jhai di Madura.

Halia memiliki ciri khusus antara lain mempunyai batang tegak, berakar serabut dan berumbi dengan rimpang mendatar. Ukuran rimpangnya sangat ditentukan oleh varietasnya.

Rimpang tanaman ini agak tebal membungkus daging umbi yang berserat dan mempunyai warna cokelat dengan aroma khas. Sementara dedaunnya berbentuk malai dengan dua kelamin serta 1 benang sari dan 3 putik bunga. Bunganya muncul pada ketiak daun dengan posisi duduk.

KLIK INI:  Mengenal Bunga Kapasan dan Manfaatnya yang Menakjubkan
Kandungan kimia

Halia mengandung sejumlah zat bermanfaat antara lain minyak atsiri, damar, mineral, sineol, fillandren, kamfer dan borneol. Selain itu, terdapat pula kandungan lain seperti zingiberol, gingerol, zingeron, lipidas, asam aminos, niacin, Vitamin A dan protein.

Khasiat dan cara mecariknya

Dikutip dari buku Tanaman Obat Tradisional (Thomas A.N.S, 1992), Halia sangat kaya manfaat. Berikut 7 diantaranya plus cara meraciknya:

  • Mencegah impotensi

Rimpang tanaman ini dapat mengatasi masalah urgen pada pria yakni impotensi. Adapun bahan-bahan yang harus siapkan antaralain: 2 rimpang umbi halia sebesar ibu jari, 1 butir jeruk nipis, 1 butir telur ayam kampung, 1 sendok teh bubuk kopi, 1 sendok makan kecap, 1 sendok makan madu dan seujung sendok teh bubuk merica.

Cara membuatnya cukup mudah, parut rimpang yang sudah disiapkan dan peras dengan 1 gelas air masak, lalu disaring. Jeruk nipis dibelah dan diperas untuk diambil airnya. Telur ayam mentah dipecah dan diambil kuningnya, kemudian dioplos dengan semua bahan lainnya, aduk sampai rata.

Cara pemakaiannya: minum 1 kali seminggu dan dilakukan secara teratur.

KLIK INI:  Mengkudu: Bisa Kurangi Stres hingga Atasi Arthritis
  • Sakit pinggang dan keseleo

Untuk mengobati sakit pinggang dan keseleo, rimpang halia juga dapat dimanfaatkan. Bahan yang diperlukan 4-8 rimpang sebesar ibu jari dan buah asam jawa yang sudah masak secukupnya.

Cara membuatnya: umbi diparut dan dicampur dengan buah asam jawa sampai merata. Ramuan ini, lalu dioleskan pada bagian yang sakit.

  • Mengatasi mencret dan muntah-muntah

Untuk mengatasi mencret dan muntah, rimpang Zingiber officinale dapat dimanfaatkan. Bahan yang diperlukan antara lain rimpang  secukupnya, bunga dan buah pala secukupnya, jintan putih secukupnya, kunyit delima secukupnya, 1 gelas santan kelapa, 1 sendok teh minyak kayu putih.

Cara membuatnya adalah semua bahan tersebut ditumbuk halus kemudian dicampur dengan santan kelapa dan minyak kayu putih sampai merata. Gunakan ramuan ini untuk digosokkan pada bagian perut.

  • Sakit kepala

Bila Anda mengalami sakit kepala, cobalah memakai resep dengan bahan Zingiber officinale. Bahan yang diperlukan adalah 2-3 lembar daun halia.

KLIK INI:  7 Hal Menakjubkan dari Kunyit Kuning

Cara membuatnya adalah bahan-bahan ditumbuk halus dan ditambah sedikit air. Ramuan bisa digunakan langsung sebagai kompres di bagian dahi.

  • Mengatasi batuk

Untuk mengatasi batuk, bahan yang diperlukan antara lain 2-3 rimpang umbi sebsar ibu jari. Cara membuatnya sangat sederhana yakni direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga 1 gelas air. Cara menggunakannya adalah ramuan ini diminum 2 kali sehari 1 cangkir, pagi dan sore.

  • Keracunan udang

Tidak jarang, konsumsi udang dapat menimbulkan keracunan dan menimbulkan efek seperti gatal-gatal. Bila ini terjadi, Anda dapat memanfaatkan herbal Zingiber officinale. Bahan yang diperlukan antara lain 3-7 rimpang sebesar ibu jari dan minyak tanah.

Cara membuatnya: umbi diparut dan ditambah minyak tanah secukupnya. Ramuan dioleskan pada bagian badan yang terasa gatal.

  • Reumatik dan encok

Untuk mengatasi reumatik dan encok, bahan yang diperlukan adalah rimpang Halia. Bahan utama ini dibakar, kemudian dicuci bersih dan diparut. Ramuan kemudian ditempelkan pada bagian yang sakit dan dilakukan secara teratur sampai sembuh.

Itulah perkenalan tentang Zingiber officinale, kandungan dan manfaat di baliknya. Semoga bermanfaat!

KLIK INI:  Pantas PT. Mitra Hijau Asia Bagikan Ratusan Bibit Durian, Ternyata Begini Manfaat Buahnya