Mengenal Belut Listrik, Penghasil Listrik yang Mampu Membunuh Manusia

Publish by -68 kali dilihat
Penulis: Redaksi
Mengenal Belut Listrik, Penghasil Listrik yang Mampu Membunuh Manusia
Belut listrik, Ikan yang mampu membunuh manusia atau kuda dewasa/Foto-youtube

Klikhijau.com – Belut listrik (Electrophorus electricus), sejenis ikan air tawar yang dapat menghasilkan aliran listrik kuat hingga 650 volt. Aliran listrik tersebut digunakan untuk berburu, komunikasi, navigasi, dan membela diri.

Ikan yang disebut sidat listrik di laman Wikipedia ini bisa tumbuh hingga panjang 2,5 m (8,2 kaki) dan berat 20 kg (44 pound). Ini lebih besar dari ukuran rata-ratanya, yaitu 1 meter.

Ikan ini memiliki tubuh ramping dan berkepala rata seperti ular. Kulitnya tebal, tidak bersisik, dan biasanya berwarna abu-abu gelap sampai coklat dengan bagian bawah bercorak kuning oranye.

Spesies ikan ini tersebar luas di seluruh Amerika Selatan bagian utara seperti Brasil, Guyana, Suriname, Venezuela, Kolombia, Ekuador, dan Peru.

KLIK INI:  Polusi Merkuri Ancam Kehidupan Lumba-Lumba Sungai Amazon

Belut listrik hidup di perairan tenang, danau dengan aliran air lamban, kolam, dan hutan hujan di Amazon serta Sungai Orinoco, Amerika Selatan.

Mereka berkomunikasi menggunakan debit organ listrik rendah yang diproduksi di dalam nadinya. Listrik ini juga dapat menafsirkan informasi tentang individu lain di dalam air.

Bahkan dapat menyampaikan informasi tentang jenis kelamin dan penerimaan seksual selama musim kawin.

Electrophorus electricus dewasa adalah karnivora pemakan ikan, krustasea, serangga, dan vertebrata kecil, seperti amfibi, reptil, serta mamalia.

Belut listrik remaja memakan hewan invertebrata, sementara yang baru menetas akan memakan sisa telur belum menetas.

Rata-rata umur ikan ini di alam liar masih belum diketahui, namun dalam penangkaran, belut listrik pria biasanya hidup 10 hingga 15 tahun. Sementara pada wanita umumnya hidup 12 hingga 22 tahun.

Mampu membunuh manusia

Hasil penelitian menemukan bahwa belut listrik menggunakan energi listriknya untuk menemukan mangsanya. Bahkan mereka bisa memaksa mangsa tersenut keluar dari tempat persembunyiannya.

Ikan ini dijuluki dengan pembangkit bioelektrik terkuat. Organ listrik belut terdiri dari tiga bagian, pertama terdiri dari bagian Hunter dan Sachs, yang membentuk sekitar 80 persen dari tubuh ikan. Bagian penting lainnya berada di depan tubuh.

Laporan studi yang dimuat di jurnal Science menyebut, ikan ini memakai energi mereka seperti alat pengontrol yang efektif atas para korbannya.

KLIK INI:  7 Fakta Menakjubkan tentang Pohon, Temukan Alasan Menanam Setelahnya!

Ikan ini menggunakan gelombang listrik yang memicu kejang pada saraf pengontrol otot sehingga korbannya lumpuh. Besarnya listrik yang dihasilkan cukup kuat untuk melumpuhkan manusia.

Meski belum ada informasi manusia yang tewas akibat ikan ini, namun mereka jelas mampu melumpuhkan manusia atau kuda. Begitu kata Kenneth Catania, ahli biologi dari Universitas Vanderbilt.

Fakta menakjubkan lain dari belut listrik adalah bahwa ikan ini ternyata berkerabat dekat dengan ikan lele.

Dapat mengeluarkan listrik hingga 860 volt

Para peneliti dari Museum Nasional Sejarah Alam Smithsonian menemukan fakta lain dari belut listrik. Data ini dikutip dari TravelDetik.

Mereka mengidentifikasi dua spesies baru yang hidup di hutan hujan Amazon.

Salah satu spesies baru yang ditemukan itu bernama electrophorus voltai dapat mengeluarkan listrik hingga 860 volt listrik.

Ini lebih besar dari yang dihasilkan oleh spesies belut listrik yang telah dikenal, electrophorus electricus.

Penemuan itu diterbitkan dalam jurnal Nature Communications.

KLIK INI:  Kebakaran Besar Hutan Amazon Rugikan Lingkungan Hidup
Editor: Ian Konjo
Sumber: Beberapa sumber

KLIK Pilihan!