Mengenal 4 Dedaunan yang Dapat Dimanfaatkan sebagai Pewarna Alami

oleh -201 kali dilihat
Mengenal 4 Dedaunan yang Dapat Dimanfaatkan sebagai Pewarna Alami
Ilustrasi daun - Foto/ Konstantin Kolosov dari Pixabay

Klikhijau.com Tumbuhan memiliki manfaat yang lengkap, tak hanya sebagai bahan makanan dan obat, daun-daun tanaman juga digunakan untuk ragam kepentingan, diantaranya sebagai pewarna alami.

Di sejumlah wilayah di Indonesia, komunitas masyarakat adat yang bermukim di pelosok dan di hutan-hutan sangat familiar dengan pewarna alami dari dedaunan. Praktik cerdas ini kemudian diadopsi pula secara luas, karena selain lebih efisien dan aman juga ramah lingkungan.

Sahabat hijau, penasaran dengan daun-daun apa saja yang paling cocok dimanfaatkan untuk pewarna alami pakaian?

Berikut ini 4 dedaunan yang memiliki kandungan warna alami pakaian. Pemanfaatan pewarna alami tentu dapat mengurangi penggunaan pewarna sintetis yang tak ramah lingkungan. Yuk simak!

Daun jati

Pohon jati banyak ditanam karena kayunya yang bernilai ekonomi tinggi. Dedaun dari pohon yang menggugurkan daunnya di musim kemarau ini juga punya multi manfaat. Antara lain sebagai pembungkus makanan dan sebagai pewarna alami.

Daun jati dapat menghasilkan warna alami tekstil yakni warna ungu kemerahan serta abu-abu. Warna ini dapat dihasilkan dari suatu proses pengukusan dari daun jati muda.

KLIK INI:  Gakkum KLHK Tangkap Penjual Kulit dan Tulang Harimau Sumatera

Daun rengat

Daun rengat identik dengan masyarakat Dayak iban. Oleh komunitas lokal di sana, mereka menggunakan daun rengat sebagai pewarna alami.

Dedaunan ini dapat menghasilkan warna hitam yang dimanfaatkan dalam pewarnaan benang melalui proses perebusan.

Daun harendong

Daun harendong juga dikenal sebagai tanaman herbal karena memiliki manfaat untuk penyembuhan ragam penyakit. Selain itu, daun ini  juga dapat dijadikan bahan utama untuk pewarna alami.

Daun ini dapat menghasilkan warna banana dan warna lainnya tergantung media fiksasinya.

Daun tarum

Pewarna alami untuk kain lainnya yang cukup populer adalah daunt arum. Dedaunan ini dapat menghasilkan warna khas yakni warna biru.

Warna biru alami yang diproses dari daunt arum banyak digunakan untuk mewarnai batik dan benang.

Itulah 4 dedaunan yang dapat dimanfaatkan sebagai pewarna kain alami. Masih banyak dedaunan lainnya yang tentu punya manfaat serupa. Ini membuktikan betapa Indonesia memiliki kekayaan alam yang luar biasa, karenanya patut dijaga dan dilestarikan.

Semoga bermanfaat!

*Sumber: Lindungihutan

KLIK INI:  Peristiwa-peristiwa Bersejarah Perihal Minyak Zaitun dari Masa ke Masa