Mengejutkan, Penerbangan Bakal Ditinggalkan Demi Lingkungan?

oleh -73 kali dilihat
Mengejutkan, Penerbangan Bakal Ditinggalkan Demi Lingkungan?
Ilustrasi pesawat yang sedang terbang/foto-beritagar
Irhyl R Makkatutu
Latest posts by Irhyl R Makkatutu (see all)

Klikhijau.com – Saya selalu terbayang kisah Lorenz Keyßer yang baru berusia 23 dan Giulia Fontana, 27 tahun. Sepasang kekasih itu menolak naik pesawat, menolak penerbangan.

Bukan karena keduanya tak punya uang, bukan. Namun, karena mereka sadar akan bahaya penerbangan terhadap lingkungan.

Hal serupa pun dilakukan oleh aktivis belia Greta Thunberg yang berlayar dengan kapal bertenaga surya. Dari Swedia, ia melintasi Samudra Atlantik selama 15 hari untuk memenuhi undangan KTT perubahan iklim di Kantor PBB, New York, AS. Moda tersebut ia pilih lantaran tidak menimbulkan emisi karbon.

KLIK INI:  Demi Lingkungan, Dua Sejoli Ini Enggan Naik Pesawat Saat Bepergian

Greta tidak sendiri. Walau mungkin tidak seekstrem Greta, satu dari tujuh orang dewasa ini menyatakan akan menghindari moda penerbangan kendati alternatif lainnya ialah transportasi yang lebih mahal dan lebih kurang nyaman.

Beberapa menit yang lalu, saya membaca sebuah artikel yang judulnya cukup mencengangkan “Demi Lingkungan, Penerbangan akan Ditinggalkan?”. Artikel itu ditulis oleh Irana Shalindra di mediaindonesia.com.

Meurut artikel tersebut, saat ini di sejumlah negara maju, bepergian dengan pesawat terbang justru telah menjadi satu hal yang dikurangi demi alam nan lestari. Berikut artikel lengkapnya:

Sebuah laporan seperti dilansir di weforum.org, didapat oleh firma riset Ipsos untuk World Economic Forum. Menemukan bahwa 29% orang akan beralih ke opsi transportasi alternatif jika harganya sama dengan terbang dan senyaman mungkin. Dukungan terkuat untuk beralih ke alternatif rendah karbon berasal dari para frequent fliers.

KLIK INI:  Ajak Sadar Lingkungan, Peringatan Hari Kemerdekaan Digelar di Sungai
Ramai-ramai hindari pesawat

Survei ini dirilis menjelang KTT Dampak Pembangunan Berkelanjutan dari Forum Ekonomi Dunia, yang akan mendorong aksi transisi menuju ekonomi rendah karbon. Survei dilakukan terhadap 19.023 orang dewasa di 27 negara.

Orang-orang muda, berusia di bawah 35, dan mereka yang berpendidikan universitas menyatakan dukungan terkuat untuk menemukan alternatif untuk terbang. Di Cina, hampir dua pertiga orang mengatakan mereka akan menghindari penerbangan bahkan jika alternatifnya kurang nyaman atau lebih mahal.

Orang-orang di Korea Selatan, India, Peru, Arab Saudi, Swedia, dan Afrika Selatan juga menunjukkan dukungan kuat untuk menggunakan bentuk transportasi lain, meskipun lebih sedikit daripada di Cina yang mau melakukan peralihan terlepas dari biaya dan ketidaknyamanan.

Survei ini juga memuat persepsi publik tentang komitmen industri penerbangan dalam mengurangi dampak buruk terhadap lingkungan. Hanya di bawah sepertiga orang memiliki kepercayaan yang cukup besar atau cukup bahwa industri transportasi itu akan memotong emisi karbon.

KLIK INI:  Aktivis Lingkungan Menilai Perda RZWP3K Ancam Masyarakat Adat Pesisir dan Kebudayaannya

Separuh dari semua orang Arab Saudi mengekspresikan keyakinan besar pada komitmen lingkungan dari maskapai penerbangan, proporsi yang jauh lebih tinggi daripada negara lain. Tiga perempat juga memiliki kepercayaan yang cukup besar atau adil bahwa maskapai penerbangan akan mendukung janji mereka dengan tindakan.

Kepercayaan terendah pada maskapai penerbangan untuk menerapkan perubahan berasal dari responden di Jepang dan Korea Selatan, sementara hampir separuh orang dewasa di Korea Selatan, Jerman, Prancis, dan Spanyol memiliki sedikit atau tidak ada kepercayaan pada kemampuan industri untuk berubah.

Per Oktober 2018, industri aviasi tercatat menyumbang US$2,7 triliun untuk ekonomi global, mengirim sekitar 62 triliun ton barang, mengangkut lebih dari 4 miliar penumpang dan mendukung lebih dari 65 juta pekerjaan tahun lalu.

Industri penerbangan telah berjanji untuk membatasi emisi CO2-nya dari tahun 2020 dan mengatakan bahwa pada tahun 2050 emisi penerbangan akan turun menjadi setengah dari tingkat emisi tahun 2005.

Menyumbang 2% dari emisi global

Penerbangan saat ini menyumbang 2% dari emisi global. Skema Pengimbangan dan Pengurangan Karbon untuk Penerbangan Internasional, yang diluncurkan pada 2016, bertujuan untuk mengimbangi 2,6 miliar ton CO2 antara tahun 2021 dan 2035. Maskapai penerbangan telah melakukan uji coba bahan bakar jet terbarukan yang dapat mengurangi emisi hingga 80%.

“Peningkatan efisiensi, di darat dan di udara, telah memberikan kontribusi yang signifikan untuk mengurangi emisi dalam penerbangan,” kata Lauren Uppink, Kepala Industri Penerbangan, Perjalanan dan Pariwisata di Forum Ekonomi Dunia.

“Inovasi teknologi, bahkan tenaga listrik, menghasilkan pesawat yang lebih bersih. Tetapi kami percaya pengubah permainan yang sebenarnya adalah bahan bakar penerbangan berkelanjutan. Mereka berfungsi, tetapi saat ini tidak diproduksi atau digunakan dalam skala, dan jauh lebih mahal daripada bahan bakar jet tradisional. Mengemudi turun biaya bahan bakar ini adalah di mana upaya inovatif kolektif dari seluruh rantai nilai diperlukan. ”

IATA, badan industri aviasi internasional, mengatakan pesawat generasi baru 20% lebih efisien bahan bakar daripada model yang mereka ganti. Selama dekade berikutnya, maskapai penerbangan akan menginvestasikan $ 1,3 triliun pada pesawat baru, termasuk pesawat komuter listrik baru yang sedang dikembangkan.

KTT Dampak Pembangunan Berkelanjutan akan melibatkan akademisi dan pemimpin dari bisnis, pemerintah dan LSM untuk berkolaborasi dan mengatasi masalah yang paling mendesak di dunia. Tindakan iklim yang dipercepat untuk membatasi pemanasan global pada suhu 1,5 derajat celcius akan menjadi agenda utama.