Mengapresiasi Obsesi Kapolsek Pulau Sembilan Hijaukan Pulau Kambuno

Publish by -38 kali dilihat
Penulis: Idris Makkatutu
Mengapresiasi Obsesi Kapolsek Pulau Sembilan Hijaukan Pulau Kambuna
Penanaman pohon di Mako Polsek Pulau Sembilan/Foto-inforestorasi

Obsesi Kapolsek Pulau Sembilan, Sinjai untuk hijaukan Pulau Kambuna patut diberi apresiasi

Klikhijau.com – Suasana gersang akan menyambut ketika memasuki Pulau Kambuno. Padahal dulu, ketika pepohonan masih banyak. Pulau Kambuna menjadi tempat untuk mengambil air tawar.

Pulau Kambuno adalah salah satu pulau yang ada di Kecamatan Pulau Sembilan, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan.

Ipda Sasmito, yang menjabat Kapolsek Pulau Sembilan menuturkan bahwa sesuai sejarah dahulu warga Pulau Sembilan mengambil air tawar di Pulau Kambuno.

“Setelah pohon-pohon habis, sekarang air menjadi asin. Itulah tujuan kami bagaimana mengembalikan Pulau Kambuno agar kembali tersedia air tawar seperti tempo dahulu,” ujarnya kepada Klikhijau.com beberapa waktu lalu.

KLIK INI:  Di Usia 6 Tahun, Unyu Jadi Penghuni Kawasan TN Bukit Baka Bukit Raya

Obsesi itu coba diwujudkan dan sebagai  langkah awal, pada tanggal 12 Maret 2020, Ipda Sasmito bersama anggotanya melakukan penanam pohon di halaman Mako Polsek Pulau Sembilan yang terletak di Pulau Kambuno.

Yang mereka tanam adalah bibit pohon mangga, tidak banyak, hanya dua batang saja sebagai uji coba. Jika tumbuh akan ditanam secara massif dengan melibatkan masyarakat.

“Kalau seminggu ini pohon tidak mati, kami akan tanam lagi di sekitar lapangan. Sebab daerah tersebut kelihatan gersang tanpa ada tanaman. Kalau memang bisa hidup, akan kami bagikan warga untuk ditanam di lingkungannya, untuk uji coba bibit mangga dulu,” tambahnya.

Untuk bibitnya sendiri pihak Polsek Pulau Sembilan sendiri yang akan menyiapkan sambil menunggu dari dinas terkait memberikan bantuan berupa bibit tanaman untuk ditanam di Pulau Kambuno.

Awalnya pohon ketapang

Sebenarnya yang akan diuji coba untuk ditanam bukanlah bibit mangga, tapi pohon ketapang. Hanya saja dalam perjalanannya ada masukan dari beberapa warga, mereka menyarankan yang agar yang ditanam pohon mangga, selain hijau buahnya bisa juga dimanfaatkan.

Sasmito yakin Pulau Kambuno bisa hijau kembali. Namun, untuk kembali menghijaukannya tentu bukan hal yang mudah.

KLIK INI:  Cara Unik Warga Kelurahan Dorotangga NTB Lawan Penyebaran Covid-19

“Pengalaman kami, untuk warga pulau memang harus diberikan contoh dan motivasi. Waktu tempo hari pulau yang dikenal kotor dengan sampah, sekarang sudah berubah menjadi bersih. Awalnya juga kami bagikan sapu lidi kepada warga,” ujarnya lagi.

Untuk saat ini, Polsek Pulau Sembilan akan memprioritaskan penghijauan di Pulau Kambuno. Karena di pulau tersebut rumah sangat padat dan kurang pepohonan

“Kami barusan pesan bibit lagi 20 batang, akan kami bagikan ke warga, sebagaian akan kami tanam di sekitar lapangan,” katanya lagi

Penamanam pohon menurutnya merupakan himbauan dari Kapolri beberapa waktu lalu. Namun, karena belum musim hujan, maka penanaman pohon itu ditunda karena sulit mendapat air tawar untuk menyiramnya.

Penanaman pohon di Mapolsek Pulau Sembilan tersebut, merupakan motivasi kepada masyarakat tentang pentingnya penghijauan agar pulau tidak tampak gersang dan panas serta bisa meminimalisir bencana.

KLIK INI:  Lawan Covid-19, P3E Suma Bagikan Madu Hutan Kepada Tenaga Medis RSUD Haji Makassar
Editor: Idris Makkatutu
Sumber: Klikhijau.com

KLIK Pilihan!