Mengapa Nabi Muhammad SAW menyukai Warna Hijau?

oleh -2.496 kali dilihat
Mengapa Nabi Muhammad SAW menyukai Warna Hijau
Ilustrasi warna hijau - Foto/ K8 on Unsplash

Klikhijau.com – Terungkap dalam sejumlah literatur bahwa Rasulullah SAW sangat menyukai warna hijau. Selain hijau, Nabi Muhammad SAW juga sangat menyukai warna putih sebagai warna utama dalam Islam.

Hal ini menunjukkan bahwa warna hijau termasuk warna istimewa sebagaimana filosofisnya yang penuh makna. Dalam sejumlah riwayat dikatakan bahwa Rasulullah SAW paling menyukai warna putih selain hijau.

Diantaranya yang diriwayatkan Abu Dawud, Tirmidzi, dan Ibnu Majah, dari Ibnu Abbas RA. Rasulullah SAW menganjurkan untuk memakai pakaian putih semasa hidup. Rasulullah juga menegaskan bahwa sebaik-baik pakaian adalah warna putih.

Dikutip dari laman Republika, pada riwayat lain oleh Tirmidzi dan Ibnu Majah dari Samurah bin Jundub RA, Rasulullah sangat menganjurkan untuk mengenakan pakaian putih karena pakaian itu lebih bersih dan terbaik.

Dalam kitab Riyadhus Shalihin, Imam Nawawi juga mengatakan bahwa memakai pakaian putih disunahkan karena lebih bersih dan bercahaya.

Imam Ghazali dalam kitab Ihya Ulumiddin pun mengatakan bahwa warna yang paling diminati Rasulullah adalah warna putih. Karenanya warna putih menjadi warna utama yang banyak dikenakan pemeluk Muslim. Warna putih juga menjadi warna kain ihram.

KLIK INI:  Peristiwa-peristiwa Bersejarah Perihal Minyak Zaitun dari Masa ke Masa
Bagaimana dengan warna hijau?

Nah, selain warna putih, Rasulullah juga menyukai warna hijau. Ibnu Hajar dalam Tanbih al-Akhbar menyebutkan bagaimana Rasulullah menganjurkan agar berpakaian warna hijau pada hari raya karena warna ini adalah yang sangat afdal setelah warna putih.

Dalam riwayat lainnya oleh an-Nasai disebutkan bahwa  Rasulullah senang memakai dua pakaian (atas dan bawah) yang berwarna hijau.

Sejumlah ulama juga menerangkan bahwa warna hijau itu merupakan warna yang dikenakan penduduk surga. Keterangan ini terdapat dalam Surah al- Kahfi ayat 31 bahwa penghuni surga mengenakan pakaian berwarna hijau.

Dalam Surah ar-Rahman ayat 76 juga disebutkan: “Penduduk Syurga itu ( bersenang-senang) di dalamnya dengan) berbaring di atas (bantal-bantal) dan cadar-cadar yang hijau warnanya serta permadani-permadani yang sangat indah.

Annas bin Malik menegaskan bahwa warna yang sangat diminati oleh Rasulullah saw adalah hijau. Namun selain itu Rasul juga ternyata menyukai warna putih. Ada juga keterangan bahwa Nabi Muhammad saw pernah memakai pakaian berwarna hitam, merah hati, abu-abu dan warna campuran.

Ibnu Hajjar dalam Tanbih Al Akhbar mengatakan: Pada hari raya kami disuruh memakai pakaian berwarna hijau karena warna hijau lebih utama. Adapun warna hijau adalah afdhal daripada warna lainnya, sesudah putih.

Hijau juga menjadi warna Kubah Masjid Nabawi serta menjadi simbol ke-Islaman di seluruh dunia. Warna hijau sendiri mewakili ungkapan rasa damai, suasana alami dan kedamaian.

KLIK INI:  Mawar Hijau yang Mentereng, Fakta Tentangnya dan Filosofinya!

Warna lainnya yang disukai Rasulullah

Bukan cuma putih dan hijau, Rasulullah juga menyukai warna lainnya seperti warna yang bercorak. Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim dalam kitab Al Libas menjelaskan Anas bin Malik berkata pakaian yang paling disukai Rasulullah SAW adalah hibarah.

Menurut Dr Ahmad Musthafa Mutawali dalam kitab Syama’il Rasulullah, hibarah  adalah pakaian bercorak aneka warna yang terbuat dari kain rami atau katun.

Selain itu ada juga sumber literature yang menyebutkan bahwa Rasulullah menyukai warna Abu-abu, hitam serta warna merah. Sebagaimana dalam hadis Bukhari dari Ibnu Abbas mengatakan Nabi SAW pernah keluar dengan kepala yang dibalut sehelai kain berwarna abu-abu.

Pada riwayat lain oleh Ibnu Ady dari Jabir r.a yang berkata: Saya pernah melihat Nabi saw memakai serban hitam yang dipakainya pada hari raya…”

Al Baihaqi meriwayatkan hadis dari Jabir r.a bahwa pernah Rasulullah saw berpakaian bercorak merah pada dua hari raya dan pada hari Jumat.

Itulah penjelasan mengenai warna-warna kesukaan nabi Muhammad SAW, semoga menambah wawasan kita semua! Mari meneladani Rasulullah dengan mengikuti warna kesukaan beliau.

KLIK INI:  Cara Simpel Memperbaiki Sofa Kesayangan yang Mulai Kendur