Mengaji dengan Nuansa Hijau di Rumah Tahfiz Alam KP2K Desa Kindang

Publish by -92 kali dilihat
Penulis: Idris Makkatutu
Mengaji dengan Nuansa Hijau di Rumah Tahfiz Alam KP2K Desa Kindang
Rumah Tahfiz Alam KP2K di Desa Kindang, Bulukumba/foto- Adhi

Klikhijau.com Suasana hijau akan menyelimuti saat mengunjungi Rumah Tahfiz Alam KP2K. Rumah tahfiz itu di bangun di tengah sawah sehingga jika padi sedang tumbuh suasana hijau akan sangat terasa.

Bangunannya tidak terlalu luas, yakni 4,5 meter dan panjangnya 5,5 meter. Dibangun di atas sawah yang diwakafkan oleh seorang pemuda bernama Faizal. Ia merupakan salah satu pengurus Komunitas Pelajar dan Pemuda Kindang (KP2K). Bangunannya  semi permanen. Dibangun dengan dana yang pas-pasan yang berasal dari donasi

Rumah tahfiz itu terletak di Dusun Mattirodeceng, Desa Kindang, Kecamatan Kindang, Bulukumba. Dinamai Rumah Tahfiz Alam KP2K karena dibangun di tengah sawah oleh KP2K.

KLIK INI:  Penyidik Gakkum KLHK Wilayah Sulawesi Amankan Kayu Ilegal di Pelabuhan Bira

Selain itu, suasana belajarnya juga akan lebih banyak bersentuhan dengan alam. Jadi, para santri  akan menikmati suasana alam saat menghafal dan belajar mengaji.

“Tidak hanya menghafal Al Qur,an, tapi juga santri akan belajar baca tulis Al Qur,an dan kreativitas lainnya yang bernuansa alam,” ungkap Faizal.

Saat ini, rumah tahfiz yang peletakan batu pertamanya dilakukan pada tanggal 27 Maret 2020 itu telah memiliki santri sekitar 20 orang.

“Telah banyak yang datang belajar, perhari 15 sampai 20 orang, namun yang paten baru 10 orang yang diajar oleh dua orang guru,” tambah faizal.

Faizal juga menjelaskan jika dua orang guru mengaji tersebut mengajar dengan suka rela. Itu karena dana yang dimiliki KP2K masih minim.

Ke depannya, santri tidak hanya mengaji, menghafal Al Qur,an dan baca tulis, tapi akan ada kreasi untuk menunjang biaya operasional Rumah Tahfiz Alam KP2K.

KLIK INI:  Bagaimana Bisa Plastik Merampas Keperawanan Danau Lurayya?

“Kami rencana manfaatkan pematang sawah untuk ditanami sayuran dan jagung, penanaman itu bisa dilakukan oleh para santri. Jadi mereka juga belajar memanfaatkan alam dan mencintainya,” lanjutnya.

Apalagi santrinya terbilang sudah cukup besar untuk bercocok tanam, karena rata-rata mereka telah duduk di bangku sekolah dasar dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Diresmikan ketua PKK Bulukumba

Pada tanggal 26 Juli 2020 lalu. Rumah Tahfiz Alam KP2K  diresmikan oleh Ketua Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Bulukumba, Siti Isniyah didampingi  Ketua Badan Amil Zakat Bulukumba, Muh. Yusuf Shandy.

Siti mengapresiasi KP2K atas dedikasinya membantu pemerintah dalam hal keagamaan, salah satunya dengan hadirnya rumah tahfiz tersebut.

“Saya sangat mengapresiasi atas apa yang menjadi inisiatif dari  KP2K mendirikan rumah tahfiz, ini adalah hal yang sangat positif, semoga terus dapat bersinergi dengan pemerintah dalam melakukan kebaikan utamanya dalam keagamaan,” harap Siti

Ia menambahkan landasan iman itulah yang mendorong sehingga bisa membangun rumah tahfiz sebagai tempat berkumpulnya anak-anak penghafal Al Qur,an.

KLIK INI:  Limbah Pustaka, Membangun Generasi di Antara Sampah dan Buku-Buku

“Insya Allah dari rumah tahfiz inilah menjadi tempat untuk mencetak generasi Qur’an di Kindang,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Baznas Bulukumba, Yusuf Shandy mengatakan, masyarakat Kindang perlu bersyukur dengan kehadiran KP2K sebab mampu eksis berbuat dalam pengembangan nilai-nilai keagamaan.

“Kita perlu bersyukur karena Allah Swt, melalui Komunitas KP2K dengan sejumlah ide dan gagasannya, sehingga mampu mendirikan sebuah rumah tahfidz di tengah-tengah masyarakat Kindang,” tutur Yusuf.

Ia berharap kehadiran rumah tahfiz  tersebut  mampu menaburkan benih kebaikan kepada masyarakat Kindang.

“Kita juga patut syukuri karena kita telah menghadirkan satu tempat untuk membangun generasi yang berakhlak, yaitu rumah tahfidz. Karena kita ingin mencetak generasi Qur,ani,” ujarnya.

KLIK INI:  Ramadhan Berbagi, PT. Mitra Hijau Asia Bukber dengan Anak Panti Asuhan

Sedangkan Ketua Umum KP2K, Arni  mengatakan, kehadiran KP2K adalah wujud kecintaan selaku regenerasi di tanah Kindang.

Ia berharap dengan hadirnya rumah tahfiz alam mampu mencetak generasi penghafal Al-Qur’an di Bulukumba, khususnya di Desa Kindang sehingga mampu mengubah citra Kindang menjadi kampung Al-Qur’an.

“Ini adalah wujud kecintaan kami untuk Desa Kindang, semoga dengan hadirnya rumah tahfidz ini mampu mencetak generasi penghafal Qur’an,” katanya.

Oya, untuk menuju Rumah Tahfiz Alam KP2K, harus rela berjalan di pematang sawah.  Bagi yang ingin belajar mengaji dan menghafal Al Qur,an dalam nuansa alam yang hijau silakan datang  ke Rumah Tahfiz Alam  KP2K!

KLIK INI:  Pusat Kajian Rekayasa Sumber Daya Air Unhas Resmi Terbentuk
Editor: Idris Makkatutu

KLIK Pilihan!