Menelisik 11 Manfaat Labu Kuning, yang Terakhir Dambaan Para Lelaki

Publish by -29 kali dilihat
Penulis: Redaksi
Menelisik 11 Manfaat Labu Kuning, yang Terakhir Dambaan Para Lelaki
Labu kuning memiliki banyak manfaat bagi kesehatan/foto-Ist

Labu kuning, tanaman yang bisa dimanfaatkan daun hingga buahnya untuk dikonsumsi

Klikhijau.com – Musim kemarau lalu, labu kuning di depan rumah meranggas. Labu itu yang ditanam Ibu. Namun, ketika musim hujan tiba, labu tersebut kembali tumbuh subur.

Labu merupakan jenis tanaman yang mudah tumbuh di daerah berhawa dingin seperti di kampung saya, Kindang.

Dan Ibu sangat sering menanamnya di sekitaran rumah. Labu kuning termasuk jenis sayuran yang daun hingga buahnya dapat dikonsumsi.

Labu kuning juga memiliki manfaat bagi kesehatan, yaitu:

KLIK INI:  Tidur Malam Kurang dari 6 Jam Bisa Tingkatan Risiko Kematian Dini
  • Tekanan darah

Labu kuning mengandung kalium. Zat ini dapat mengurangi asupan natrium untuk menurunkan tekanan darah yang bisa memicu penyakit seperti stroke dan batu ginjal.

Mengonsumsi makanan yang mengandung kalium, sama pentingnya dengan mengurangi asupan natrium untuk menurunkan tekanan darah.

Asupan kalium ke dalam tubuh juga mengurangi kemungkinan terserang stroke, pembentukan batu ginjal dan mempertahankan kepadatan tulang.

  • Kulit

Labu kuning kaya akan berbagai vitamin, mineral, serat dan antioksidan yang diperlukan tubuh agar tetap sehat dan muda. Lebih dari itu, buah yang satu ini juga mampu menjadikan kulit selalu kenyal dan lembut.

Kandungan beta-karoten dalam Labu menghasilkan antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas dan mencegah radiasi dari sinar UV

  • Mata

Seseorang yang mengonsumsi makanan dengan karotenoid setara dengan 1,5 cangkir wortel setiap minggu akan menurunkan risiko degenerasi makula pada mata sebesar 25%-30%.

Labu kuning mengandung karotenoid yang baik untuk mata.

KLIK INI:  Waspadai Narkolepsi! Kantuk Berlebihan di Siang Hari Salah Satu Gejalanya
  • Kanker

Penelitian terbaru menunjukan bahwa mengonsumsi karotenoid atau beta karoten dari buah sayur dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menghancurkan sel kanker.

Kandungan antioksidan dari vitamin A dan C dalam labu kuning bertindak sebagai pelindung sel dalam tubuh untuk melawan radikal bebas penyebab kanker.

  • Lemak

Hasil studi menunjukan mengonsumsi makanan tinggi karotenoid dapat mencegah penyimpanan lemak dalam tubuh, khususnya pada bagian perut.

  • Meningkatkan kepadatan tulang

Labu merupakan buah yang tinggi akan kandungan mineral seperti potasium, magnesium, mangan, dan kalsium.

Bila dikonsumsi secara teratur, asupan mineral yang cukup di dalam tubuh akan meningkatkan kekuatan dan kepadatan tulang. Selain itu, konsumsi labu pada orang berusia di atas usia 30 tahun dapat menurunkan risiko terkena osteoporosis.

  • Imun

Pigmen warna oranye pada labu kuning juga bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh. Jadi seseorang yang mengonsumsinya akan terhindar dari flu secara efektif.

KLIK INI:  Tapak Dara, Tanaman Hias Indah dan 7 Manfaat Ajaibnya
  • Pencernaan

Labu kuning memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga seseorang yang mengonsumsinya bisa memiliki sistem pencernaan yang baik dan mencegah penyakit sembelit atau sulit buang air besar.

  • Gigi

Manfaat labu kuning kukus dapat menjaga kandungan nutrisinya tetap tinggi. mengonsumsinya pun membantu menyehatkan gigi karena kandungan yang tetap terjaga.

  • Menajamkan penglihatan

Kandungan beta-karoten yang terdapat di dalam Labu, menjadikan buah ini kaya akan vitamin A.
Beta-karoten, yang akan diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh, berfungsi untuk membantu retina menyerap dan memproses cahaya. Pasalnya penurunan fungsi retina bisa menyebabkan kebutaan jika tidak ditangani dengan baik.

  • Seksualitas pria

Biji labu kuning dipercaya mengandung zinc yang tinggi sehingga membantu meningkatkan kualitas sperma pria serta mencegah gangguan prostat.

KLIK INI:  Selain Mencerahkan Kulit, Ini 10 Manfaat Lain Jika Minum Air Hangat
Editor: Idris Makkatutu
Sumber: Berbagai sumber

KLIK Pilihan!