Mencicipi Kerenyahan Goyang Rosi, Kuliner Khas Indonesia yang Digoyang

Publish by -46 kali dilihat
Penulis: Idris Makkatutu
Mencicipi Kerenyahan Goyang Rosi, Kuliner Khas Indonesia yang Digoyang
Kue kembang goyang/foto-cookpad.com

Membuat kue kembang goyang tak bisa pasif, harus aktif bergoyang

Klikhijau.com – Kuliner khas indonesia sangat beragam. Sebagian telah mendunia, sebagian lagi bahkan kurang pepuler di nusantara.

Kuliner yang kurang populer itu, sebut saja kue kembang goyang. Bentuknya khas dan memiliki rasa yang renyah – bisa membuat ketagihan.

Meski bisa membuat ketagihan, kuliner satu ini belum begitu dikenal. Padahal cara membuatnya sekilas tampak sederhana, hanya bermodalkan gula merah dan tepung beras, juga air untuk mengaduk gula merah dan tepung beras agar menyatu.

Hal yang rumit adalah membuat adonannya, sebab tidak bisa terlalu cair dan juga terlalu padat. Gula pasir atau merah tepung beras dan air harus sesuai.

KLIK INI:  Selain Salmon Budi Daya, Ini Ikan Lain yang Berbahaya Dikonsumsi

Bahan lain yang digunakan adalah minyak, sebab kue kembang goyang harus digoreng di atas   minyak yang benar-benar panas mendidih.

Peralatan lain yang dibutuhkan adalah cetakan, kue kembang goyang memiliki media pembuatan sendiri. Terbuat dari besi dengan bentuk seperti kembang atau bunga.

Kemarin, ketika hujan sedang curah di kampung, ibu saya membuat kue kembang goyang—yang namanya di kampung saya adalah ‘goyang rosi’.

Rosi bisa jadi berasal dari kata ros yang berarti mawar—sebab jika dilihat sekilas bentuknya, kue kembang goyang seperti bunga mawar yang mekar.

Selain dugaan namanya dari bunga ros. Dinamai kue  kembang goyang karena proses pembuatannya yang harus digoyang-goyangkan di atas minyak panas.

Awalnya goyang rosi hanya satu varian saja, seperti yang dibuat ibu saya kemarin, bahannya tidak ribet, hanya tepung beras, gula merah dan air secukupnya, hanya itu, tak ada lagi tambahan bahan.

Namun, seiring dengan pengetahuan dan rasa penasaran manusia, kuliner khas Indonesia ini berkembang pula dengan beberapa varian rasa.

KLIK INI:  Putu Cangkir, Si Legit yang Perlahan Kehilangan Daya Pikat

Saat ini mulai mudah ditemukan  kue kembang goyang dengan aroma pandan, frambozen, bahkan tambahan biji wijen yang membuatnya semakin menarik.

Untuk menghasilkan rasa yang lebih mantap, seperti dikutip dari  blueband.co.id, bahan yang harus disiapkan adalah tepung beras, telur ayam, gula pasir atau gula, tepung sagu, kelapa, santan, wijen putih, dan minyak goreng.

Tahan lama

Namun, jika kamu ingin membuatnya lebih sederhana dan minim bahan, maka kamu bisa menggunakan tiga bahan yang saya sebutkan di atas, yakni gula merah, tepung beras dan air. Gula merah tidak dicairkan dengan cara dimasak, tidak demikian.

Gula merah cukup diiris tipis lalu dicampurkan ke dalam tepung beras, aduk hingga rata lalu siram dengan air lalu kembali diaduk agar kedua bahan itu menyatu.

Saat menggoreng bunga rosi pastikan minyak benar-benar panas, sehingga adonan akan lepas dengan mudah dari cetakan. Cara menggoyangkannya di atas minyak panas perlahan saja, adonan akan lepas sendiri. Sebab  jika terlalu kencang, bisa-bisa minyak panas memercik ke wajahmu.

KLIK INI:  Lemuru, Bahan Dasar Ikan Kaleng yang Kaya Manfaat

Hal lain yang perlu diperhatikan sebelum mencelupkan cetakan ke dalam adonan adalah memasukkan terlebih dahulu cetakan ke dalam minyak panas.  Ini bertujuan agar adoanan tidak lengket ke percetakan saat digoreng.

Langkah selanjutnya adalah tidak memenuhi cetakan dengan adonan, sebab jika cetakan penuh kue goyang rosi akan sulit untuk lepas dari cetakan

Kemudian pastikan adonan benar-benar halus, jangan sampai ada yang menggumpal. Dan saat hendak melepaskan adonan dari cetakan ketika digoreng, cukup goyangkan cetakannya, maka adonan akan lepas sendiri ke dalam minyak panas.

Hal lain yang perlu diperhatikan, pastikan adonan terlihat berwarna cokelat tua saat digoreng. Ini agar ketika goyang rosi dimakan, akan teras kriuk-kriuk. Setelah itu, masukkan goyang rosi ke dalam wadah kedap udara agar tetap menjaga kerenyahannya.

Kuliner khas indonesia ini cukup mampu bertahan lama dan tak kenal basi. Tutup rapat wadahnya supaya teksturnya tetap garing dan renyah dalam jangka waktu lama.

Dan terakhir, selamat menikmati kue kembang goyang atau goyang rosi dengan segelas kopi.

KLIK INI:  Pada 5 Bumbu Desa Ini Ada Khasiat Istimewa untuk Daya Tahan Tubuh

Editor: Idris Makkatutu

KLIK Pilihan!