Menakjubkan, Ini 6 Rahasia Tersembunyi Gambang Bagi Kesehatan

Publish by -27 kali dilihat
Menakjubkan, Ini 6 Rahasia Tersembunyi Gambang Bagi Kesehatan
Ilustrasi gambang atau tapai/foto-bukalapak.com

[hijau]Proses kimiawi menyulap gambang jadi obat[/hijau]

Klikhijau.com – Di kampung saya namanya gambang. Bahannya terbuat dari ubi kayu atau singkong. Rasanya manis dan sedikit asam. Makanan ini memiliki tekstur yang lembut.

Gambang dibuat dengan proses fermentasi menggunakan ragi. Oya, saya yakin kamu akan bingung gambang jenis makanan apa? Sebab namanya memang sangat asing. Tapi, jika saya menyebut nama tapai, tentu kamu akan langsung tahu.

Gambang atau tapai memang tak terlalu populer untuk dimakan. Biasanya justru dijadikan sebagai pelengkap minuman segar dengan tambahan sirup ataupun yang lainnya.

KLIK INI:  Ternyata Makanan Ini Masih Bisa Dikonsumsi Meski Telah Kadaluwarsa

Ketika proses fermentasi, ternyata berbagai peroses kimiawi terjadi di dalam singkong. Proses fermentasi inilah yang menghasilkan dan meningkatkan vitamin bernama thiamin yang berfungsi meningkatkan otot manusia dan sistem neuron.

Hal itulah yang menjadikan makanan ini memiliki setumpuk manfaat bagi kesehatan. Seperti yang ditulis Devita Nur Azizah di liputan6.com. Berikut manfaat tapai:

  • Mencegah anemia

Tapai diyakini dapat mencegah anemia. Penyakit kekurangan darah disebabkan oleh penurunan produksi sel darah merah sehingga tubuh terasa lebih lemah dan tidak berenergi.

Tapai dapat mendukung proses produksi sel darah merah lebih banyak dalam tubuh. Hal ini terjadi karena mikroorganisme yang terdapat dalam fermentasi, mampu meningkatkan produksi vitamin B12, B12 dan B9 yang dibutuhkan oleh sel darah merah dan juga hemoglobin.

  • Menghilangkan jerawat

Tapai bisa menjadi metode efektif untuk menyembuhkan jerawat. Tapai membantu tubuh kita untuk menetralkan racun yang ada ataupun tersumbat di pori-pori kulit wajahmu.

KLIK INI:  Tedong Pallubasa, Hidangan Bersejarah yang Menggoyang Lidah

Selain itu, tapai juga dibuat menggunakan bahan baku singkong dengan cara fermentasi. Hal ini menjadi bahan alami yang tak menimbulkan efek samping untuk kesehatan kulit.

  • Menurunkan kolesterol

Asam organik yang terkandung di dalam tapai sangat membantu memecah timbunan lemak dan juga kolesterol. Tapai dapat mengurangi intensitas kolesterol dalam pencernaan dan sirkulasi darah.

Mengonsumsi tapai juga baik untuk kesehatan, karena makanan ini dapat meningkatkan penyerapan kolesterol dan lemak tubuh yang diubah menjadi energi. Tubuhmu akan terasa lebih sehat dan bersemangat.

  • Meningkatkan fungsi saraf dan otot

Pelepasan enzim dan beberapa senyawa dari bakteri dalam tapai singkong memberikan manfaat tapai untuk merangsang sistem saraf. Singkong yang sudah difermentasi mengandung asam amino yang penting untuk menjaga sistem saraf dan memberikan efek menguatkan sel-sel jaringan otot.

  • Memberikan energi pada tubuh

Tapai ternyata kaya akan karbohidrat karena terbuat dari bahan baku singkong. Mengonsumsi tapai dapat memberikan efek seperti mengonsumsi nasi, sehingga Anda akan memiliki lebih banyak energi.

KLIK INI:  Agar Masakan Sayur Tetap Hijau dan Segar, Begini Caranya!

Karbohidrat di dalam tapai juga menjadi sumber energi potensial bagi tubuh dan membantu membelah protein di dalam sel. Hasilnya, tubuh akan lebih segar dan bugar saat teratur mengonsumsi tapai.

Makanan dengan tekstur lembut ini juga dapat dijadikan menu diet. Pasalnya, kandungan karbohidrat membuat lebih lama terasa kenyang.

  • Melancarkan pencernaan

Enzim yang dilepaskan oleh bakteri saat fermentasi tapai, mampu mendorong nutrisi untuk bekerja lebih efisien. Hal ini yang membuat tapai sangat baik dikonsumsi untuk melancarkan sistem pencernaan.

Proses fermentasi tape dapat meningkatkan produksi asam laktat dan probiotik. Kedua macam zat ini bermanfaat untuk meningkatkan sistem kerja pencernaan dengan membunuh semua bakteri jahat dan membantu tugas bakteri baik.

Mengonsumsi tapai secara teratur dapat membuang racun dalam tubuh lewat sekresi dan mengurangi wasir.

Jadi, selamat menikmatinya!

KLIK INI:  Dismenorea, Wanita dan 5 Tanaman Obat Alami bagi Penyakit Dismenorea pada Wanita
Sumber: Liputan6.com

KLIK Pilihan!