Memetik 7 Makna Hidup dari Sebatang Pohon

oleh -24 kali dilihat
Pohon Tanjung, Pohon Serba Guna yang Cocok untuk Taman Kota
Pohon Tanjung, Pohon Serba Guna yang Cocok untuk Taman Kota/foto - nopomawon

Klikhijau.com- Memetik makna hidup bisa dari mana saja.  Sebab selalu ada makna di balik sesuatu yang bisa jadi pelajaran. .

Bahkan perisitiwa seluka apa pun itu, tetap mmberi makna jika direnungkan dan pikirkan.

Banyak pula di sekitar kita, jika diperhatikan lebih dalam bisa memberi pelajaran yang sangat berharga. Bahkan pada sebatang pohon pun, ada banyak makna hidup yang bisa dipetik.

Pohon tidak tumbuh begitu saja. Ia tumbuh untuk menebarkan manfaat bagi bumi ini. Kehadirannya memiliki peran yang penting bagi keberlangsungan hidup setiap makhluk hidup.

KLIK INI:  Lebah yang Paling Dicari di Dunia Ditemukan di Kepulauan Maluku

Beragam manfaat pohon bisa didapatkan, baik ketika pohon itu masih hidup maupun telah ditebang (mati). Jika sudah ditebang ia akan menjadi bahan bangunan yang ditempati oleh manusia untuk menenangkan hidupnya.

Jika pohon masih berdiri kokoh  ia memberi banyak manfaat kepada sekitarnya, baik flora mau pun fauna. Karena pohon dijadikan tempat berteduh, membangun sarang, tempat tinggal dan jadi sumber makanan beberpa jenis fauna.

Sementara untuk flora, beberapa pohon tumbuh bukan untuk dirinya sendiri, tetapi untuk melindungi tumbuhan yang lain yang bernaung di bawahnya. Banyak petani, sengaja menanam pohon yang dijadikan sebagai pelindung tanaman agar tidak perpapar langsung sinar matahari.

Ada beberapa jenis tanaman yang kurang cocok jika bersentuhan dengan matarahri langsung, tanaman kopi, misalnya.

Karena itulah, pohon sangat penting untuk dijaga dan dilestarikan, darinya kita bisa memetik makna hidup agar bisa bermanfaat pula bagi yang lain, seperti halnya pohon. Berikut beberapa makna hidup yang bisa dipetik dari sebatang pohon.

  • Tidak egois

Sebatang pohon tumbuh bukan untuk dirinya sendiri. Namun ia membawa manfaat bagi yang butuh kehidupan dari pohon tersebut.

Kita bisa lihat, bagaimana pohon menyiapkan rantingnya untuk dihinggapi burung-burung. Tempat membuat sarang.

Pohon juga berfungsi untuk melindungi tanaman lain yang tumbuh di sekitarnya. Dan yang paling fantastik lagi, pohon membagi oksigennya untuk dihirup secara gratis.

KLIK INI:  4 Negara yang Menandai Kelahiran Bayi dengan Menanam Pohon
  • Bersifat tangguh

Jika kamu melihat sebatang pohon, kamu akan menemukan sifat yang tangguh. Ia bisa berdiri di tepi jurang menantang angin dan menahan longsor. Meski banyak di antara pohon-pohon itu tumbang dalam menantang bahaya.

Ketangguhan yang miliki pohon inilah patut diteladani sehingga memberikan makna hidup bagi kita

  • Memiliki sifart sabar

Pohon memiliki kesabaran yang patut diacungi jempol. Meski diterpa angin, dan daunnya berguguran tapi ia tak akan pernah membenci angin itu sendiri.

Ia sabar menebarkan manfaatnya kepada yang membutuhkan. Kamu bisa melihatnya pada pohon mangga, ketika berbuah dan dilempari. Ia akan menmbalasnya dengan buah berjatuhan.

Sifat sabar dari pohon inilah patut kita ambil sebagai pelajaran, dengan tidak menumbuhkan kebencian dalam hati terhadap orang yang memandang remeh bahkan menghina.

  • Memberi banyak manfaat

Hampir semua bagian bari pohon bisa bermanfaat. Pada rantingnya bisa dimanfaatkan untuk kayu bakar. Sedangkan akarnya dapat mengurai tanah agar lebih subur dan menyerap air untuk bisa dimanfaatkan makhluk lainnya.

Pada daunnya bisa meneduhkan, bahkan beberapa daun pohon meski telah gugur masih bisa memberi manfaat seperti daun cengkih, meski telah berjatuhan masih memberi manfaat bagi manusia karena bisa bernilai ekonomi untuk bahan baku untuk minyak cengkih.

Selain itu, daun pohon pun bisa dimanfaatkan sebagai pupuk kompos untuk menyuburkan tanaman. Tak berhenti di situ saja, pohon pun memberi manfaat bagi satwa sebagai rumah dan tanaman lainnya.

Bukan hanya saat masih hidup, sebatang pohon dapat memberi manfaat, tapi juga  saat telah tumbang pun masih  bermanfaat bagi makhluk hidup yang lain. Ia dapat dijadikan bahan bangunan atau jika lapuk pun bisa menjadi pupuk

Sifat penuh manfaat inilah yang patut diteladani dari sebatang pohon.

KLIK INI:  10 Taksa Burung Baru Ditemukan di Sulawesi dan Maluku, Satunya Dinamai Emil Salim
  • Memiliki sifat melindungi

Pohon itu melindngi, kamu bisa melihat pohon-pohon yang berjejer di pnggir jalan. Ia memberi perlindungan pengguna jalan dari paparan sinar matahari.

Pohon juga melindungi dan menjaga harapan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya dengan memberikan oksigen secara gratis—yang dihirup setiap saat.

Sifat melindungi ini patut dicontoh, ia rela menyerap polusi udara agar manusia bisa menghirup udara yang bersih. Pohon mengorbankan dirinya demi melindungi.

  • Etor kerja yang tinggi

Agar bisa tumbuh dengan subur dan menebarkan banyak manfaat. Pohon harus bekerja keras menembus lapisan tanah dan bebatian dengan akarnya. Agar ia kokoh berdiri. Akar-akar ini menjalar ke mana-mana untuk mencari kehidupan.

Etos kerja yang tinggi ini memberi makna hidup yang tinggi kepada kita semua agar tidak bermalas-malasan dalam bekerja

  • Suka berbagi

Pohon suka berbagi hal-hal baik kepada mereka yang ada di sekitarnya. Meski tak bisa dipungkiri, pohon juga kadang membagikan hal buruk, semisal ketika roboh menimpah rumah atau merusak fasilitas.

Namun di balik itu, manfaat yang dibagikan pohon secara gratis jauh lebih banyak dibanding manfaat negatifnya.

Sifat pohon yang suka berbagi ini patut diambil pelajaran agar kita bisa berbagi hal-hal baik kepada sesama demi hidup yang lebih bermakna.

KLIK INI:  Sambut Hari KEHATI 2020, BBKSDA Sulsel Lepasliarkan Satwa ke Alam