Memanen Sederet Manfaat Menakjubkan dari Sebuah Senyuman

oleh -5 kali dilihat
Memanen Sederet Manfaat Menakjubkan dari Sebuah Senyuman
Ilustrasi senyuman-foto/Pixabay

Klikhijau.com – Kiss. Empat huruf itu jika diucapkan akan menciptakan satu keajaiban di wajah, yakni senyuman. Tak percaya, cobalah ucapkan kata kiss, maka kamu akan menciptakan senyuman di wajahmu.

Senyum telah menjadi perekat hubungan secara universal. Tersenyum kepada orang lain, menandakan tawaran kepedulian, persahabatan, dan kekeluargaan.

Tak sedikit pula lelaki dan perempuan saling jatuh cinta karena sebuah senyuman. Itu membuktikan kebenaran kata-kata bijak tentang senyum bahwa “Satu senyuman tulus lebih bisa meninggalkan kesan yang dalam dari pada deretan kata yang sama sekali tidak berguna.”

Hal istimewa dari senyum, karena dalam datu hari setiap tahunnya, tepatnya di hari Jumat pertama bulan Oktober, diperingati sebagai Hari Senyum Sedunia atau World Smile Day.

KLIK INI:  Penasaran Mengapa Obat-obatan Memiliki Tanggal Kadaluwarsa, Begini Penjelasannya

Senyum memang merupakan keajaiban yang dimiliki manusia. Ia bisa memberi dampak positif yang sangat luar biasa, bukan hanya pada orang lain, tetapi juga pada diri sendiri.

Karena itulah Ali bin Abi Thalib menganjurkan agar kita tersenyum, sekalipun hati meneteskan darah. Karena senyum memiliki sederet manfaat bagi kesehatan manusia, baik secara psikis maupun fisik, di antaranya:

  • Meredakan rasa sakit

Saat tersenyum, hormon endorfin akan bekerja. Hormon ini dapat  mengurangi rasa nyeri yang menyerang tubuh.

  • Bisa meredam stres

Hanya dengan tersenyum, maka tubuh telah mengeluarkan hormon endorfin. Hormon ini ampuh mampu mengurangi dan menyingkirkan hormon stres.

Senyum, aktivitas sederhanan itu  juga diyakini mmemiliki kemampuan seperti morfin dalam membantu meredakan stres. Bukan hanya itu, tapi juga mengurangi persepsi rasa sakit di otak.

  • Menyehatkan paru-paru

Saat tersenyum dan tertawa, Ketika seseorang tersenyum, maka organ paru-paru  bisa mengembang dan terisi oksigen lebih banyak.

Hal ini memicu  tubuh menjadi lebih sehat karena membuat paru-paru lebih kaya oksigen dan lebih bersih

KLIK INI:  Perutmu Terasa Sakit Setelah Makan Makanan Pedas? Simak Cara Mengatasinya!
  • Menata mood lebih baik

Dengan tersenyum, secara tidak sadar kamu telah mencipatakan mood yang baik. Senyum dapat memanipulasi tubuh untuk meningkatkan suasana hati.

Karena dengan tersenyum, sesungguhnya telah mengaktifkan pesan saraf di otak. Ia menjadi pemicu  pelepasan komunikasi saraf dan meningkatkan neuropeptide serta neurotransmitter, sehingga mampu meningkatkan suasana hati.

  • Membuat awet muda

Fiersa Besari pernah berkata begini, “Senyum saja. Tidak perlu banyak marah-marah. Nanti cepat tua. Daripada tua sendiri, lebih baik tua berdua bareng saya.”

Kita memang sering ,mendengar, “jangan marah, nanti cepat tua,” karena saat seseorang sering marah, maka keriput di keningnya akan muncul lebih awal.

Demikian pula saat  cemberut, setidaknya ada 43 otot yang bekerja. Bagaimana jika tersenyum, saat tersenyum otot yang bekerja hanya 17. Itulah sebabnya orang murah senyum lebih awet muda.

  •  Memperbaiki hubungan

Dacher Keltner PhD dan Lee Anne Harker PhD dari University of California pernah meneliti tentang senyum, kedua psikolog itu menemukan jika  senyum dapat melanggengkan hubungan seseorang, khususnya hubungan percintaan.

  • Meningkatkan imun

Dengan tersenyum secacara tulus, maka kesehatan tubuh secara keseluruhan dapat meningkat. Karena  senyuman dapat membantu sistem kekebalan tubuh (imun) kita berfungsi lebih efektif.

Saat tersenyum, fungsi kekebalan tubuh diperkirakan meningkat akibat adanya perasaan lebih santai berkat pelepasan neurotransmitter tertentu.

KLIK INI:  Agar Cepat Pulih dari Demam, Konsumsi Makanan dan Minuman Ini!
  • Menurunkan tekanan darah

Ada sebuah penelitian pada tahun 2009 yang melaporkan bahwa tersenyum apalagi tertawa dapat memicu periode relaksasi otot. Ia juga mampu menurunkan tekanan darah dan denyut jantung.

  •  Menumbuhkan kreativitas dan kesabaran

Seseorang yang sering tersenyum menurut sebuah studi, akan lebih mampu mengatasi masalah dan mampu berpikir lebih kreatif.

Kenapa bisa demikian, itu karena  dopamin  aktif bekerja saat seseorang tersenyum.

  • Menenangkan pikiran

Senyuman dipercaya bisa meningkatkan aktivitas mental, mengurangi ketegangan, dan dapat  mengarahkan pikiran hal yang lebih positif.

  • Melahirkan rasa percaya diri

Manfaat senyum lainnya yang tak terduga, tenyata dapat  meningkatkan rasa percaya diri seseorang.

  • Bernilai ibadah

Sering kita dengar istilah, senyum adalah ibadah. Maka dengan tersenyum, artinya kita telah memanen amal ibadah.

  • Merawat kesehatan mental

Murah senyum atau orang sering tersenyum, cenderung lebih mudah menetralkan segala bentuk emosi negatif yang lahir dalam hidupnya.

Maka tak mengherankan jika  ia bisa mengimbangi dan mengelola stres dengan lebih baik. Ia juga bisa terhindar dari rasa sedih dan kesepian yang akan menggempurnya.

Nah, itulah sederet manfaat menakjubkan dari sebuah senyuman. Ayo tersenyum, tapi senyum yang tulus, jangan senyum mengejek!

KLIK INI:  Mengesankan, Ini Manfaat Azan Bagi Otak Menurut Ahli Neurosains