Memanen 5 Manfaat Tanaman Hias Jika Diletakkan dalam Ruangan

oleh -80 kali dilihat
5 Jenis Penyakit pada Tanaman Hias dan Cara Mengendalikannya
Tanaman hias dalam ruangan-foto/Pixabay

Klikhijau.com –Tanaman hias memiliki daya tarik tersendiri dan beragam manfaat. Karenanya jangan kaget jika ada orang yang rela merogoh sakunya dalam-dalam, demi mendapatkan tanaman hias kesukaannya.

Penanaman tanaman hias sendiri cukup beragam, bisa ditanam langsung bisa pula melalui media tanam pot.

Terlepas dari itu, ada beberapa tanaman hias yang bisa ditanam di dalam ruangan. Mereka yang ditanam di dalam ruangan, bukan tanpa manfaat apa-apa.

Justru sebaliknya, tanaman hias yang berada dalam ruangan memiliki beragam manfaat, bukan hanya sekadar sebagai dekorasi rumah agar terlihat lebih indah, tapi juga  bermanfaat baik bagi kesehatan manusia, di antaranya:

KLIK INI:  6 Tanaman Hias yang Paling Banyak Dicari di Dunia
  • Menyerap polusi

Keberadaan polusi udara menjadi problem tersendiri bagi kesehatan. Jangan mengira di dalam ruangan tidak terdapat polusi.

Nah, berdasarkan penelitian Universitas of Malaya pada tahun 2010 lalu, terungkap jika kehadiran tanaman hias dalam ruangan dapat menyerap polutan CO2 sehingga ruangan akan lebih sehat dan bersih.

Kita ambil contoh saja lidah mertua, tanaman ini mampu membantu kualitas udara agar tetap bersih, termasuk di dalam ruangan karena mampu menyerap polutan beracun yang beterbangan di udara dan tidak kasat mata.

Salah satu jenis polutan yang bisa diserap lidah mertua adalah jenis formaldehida dan toluena. Dua zat ini dapat memengaruhi kualitas tidur, suasana hati, dan tingkat energi seseorang.

KLIK INI:  Mengurai Keunggulan Pohon Trengguli sebagai Tanaman Hias dan Obat
  • Mengurangi stres

Menatap tanaman hias dengan daun atau bunganya yang indah. Rupanya mampu mengurangi stres seseorang.

Berdasarkan laporan dari Universitas of Technologi Sydney pada tahun 2010 lalu, tanaman hias ternyata mampu mengurangi tingkat stres hingga 37 persen.

Aroma tanaman hias, semisal bunga lavender dapat menenangkan, sehingga aromanya menjadi pengiring aroma terapi yang menakjubkan.

Keharuman tanaman (lavender) diyakini dapat memicu dan meningkatkan rasa tenang dan ketenangan. Khasiatnya itu mampu membantu mengurangi stres, kecemasan, dan bahkan rasa sakit yang ringan.

  • Meningkatkan produktivitas

Pada tahun 2015 lalu, Human Spaces mengeluarkan laporan bahwa tanaman dapat meningkatkan produktivitas  hingga 15 persen.

Peningkatan produktivitas itu terutama tanaman yang berada di dalam ruangan.  Dengan meletakkan tanaman hias di dalam ruangan, maka ruangan akan lebih bersih dan sehat.

Misalnya ketika kamu meletakkan bunga peace lily di atas meja, hal itu akan membantu produktivitas kamu.

Tanaman hias berbunga putih dan berdaun gelap itu diyakini mampu menyerap udara kotor seperti karbondioksidan dan racun yang ada.

Dengan terserapnya racun dalam ruangan maka lingkungan ruangan kerja akan lebih bersih dan nyaman, dengan demikian maka produktivitas kerja pun dapat meningkat.

KLIK INI:  Berkenalan dengan Bunga Pukul Empat dan 7 Fakta Menarik Tentangnya
  • Memperlancar pernapasan

Keberadaan tanaman hias tertentu dalam ruangan juga bisa membantu memperlancar pernapasan. Salah satu tanaman hias yang dipercaya mampu melakukan tugas tersebut adalah tanaman laba-laba atau spider plant.

Tanaman ini merupakan salah satu tanaman terbaik penghasil oksigen. Tanaman hias ini bisa kamu letakkan di setiap sudut ruangan. Perawatannya tidak terlalu rumit, karena bisa disiram dua kali seminggu saja.

Selain itu, manfaat lain tanaman hias ini adalah dapat menghilangkan racun formaldehid dan xylene yang berasal dari cat dinding serta firnitur lainnya.

  • Dapat meredam suara

Suara bising akan sangat mengganggu kenyamanan bahkan kesehatan. Dengan meletakkan tanaman hias dalam ruangan, seperti tanaman perdu yang memiliki daun yang rapat, diyakini dapat meredam suara.

Hal itu disebabkan karena daunnya dapat menghalau gelombang suara yang melingkar vertikal  dan horizontal.

Ada beberapa tanaman hias yang diyakini mampu meredam suara, selain tanaman perdu, yakni pohon tehan-tehan dan tanaman dolar.

Nah itulah sederet manfaat tanaman hias jika berada di dalam ruangan. Bagaimana tertarik untuk memeliharanya?

KLIK INI:  11 Jenis Philodendron Paling Populer di Tanah Air, Klik Ini!