Melirik 9 Pengganti Nasi Putih yang Lebih Sehat dan Potensial

oleh -19 kali dilihat
Sagu, Pangan Pengganti Nasi yang Kaya Manfaat bagi Kesehatan
Tepung sagu/foto-bisniscom

Klikhijau.com – Nasi putih atau nasi yang terbuat dari beras. Masih menjadi andalan di beberapa negara, khususnya di Indonesia.

Sebagaian besar penduduk Indonesia menggantungkan hidupnya pada nasi putih sebagai makanan pokok.

Meski sebenarnya banyak tumbuhan yang berpotensi sebagai pangan pengganti beras. Namun, beras yang menjadi bahan utama nasi putih telah mendarah daging bagi masyarakat Indonesia.

Bahkan ada pendapat yang lucu, yang menunjukkan betapa pentingnya nasi putih bagi masyarakat di negara Ini.

KLIK INI:  Sederhana dan Murah, Ini 8 Cara Mengusir Bau Daging Kambing

Ungkapan itu kurang lebih begini, “Orang Indonesia hanya akan menganggap dirinya sudah makan jika makan nasi,”

Kalau belum makan nasi, khususnya nasi putih, maka sebagaian besar masyarakat Indonesia menganggap dirinya belum makan. Meski mereka telah makan, misalnya kapurung, ubi kayu, jagung rebus atau buah-buahan, namun dianggapnya belumlah makan.

Maka tidak mengagetkan jika kebutuhan beras sebagai makanan pokok terus diburu. Padahal ada beberapa jenis tanaman yang bisa menjadi pengganti nasi putih, di antaranya:

  • Jagung

Jenis makanan ini telah lama dikenal masyarakat Indonesia. Bahkan orang dulu menjadikannya makanan pokok sebelum mengenal beras.

Jagung pun biasa diberi nama beras, namanya beras jagung. Ia memiliki kandungan yang baik dan sehat untuk tubuh, khususnya bagi mereka yang ingin menurunkan berat badannya.

  • Beras porang

Porang atau tire dulunya hanyalah gulma yang meresahkan petani. Ia akan tumbuh tidak terkendali di musim hujan. Namun, beberapa tahun belakangan, tanaman berumbi ini menjadi incaran banyak orang. Karena nilai jualnya melambung dan manfaatnya pun banyak.

Salah satu manfaatnya, bisa diolah menjadi beras menggantikan beras dari tanaman padi. Beras porang ini juga cocok bagi yang ingin menurunkan berat badannya.

KLIK INI:  Talas Jepang Satoimo, Sumber Pangan Alternatif Bernilai Ekonomi Tinggi
  • Singkong

Ubi kayu atau singkong, sejak dulu pun dikenal sebagai pangan alternatif. Tanaman ini mudah tumbuh, baik di tanah yang curah hujannya kurang maupun yang curah hujannya tinggi.

Membudidayakan singkong pun cukup mudah dengan perawatan yang tidak rumit. Jika berniat menanam singkong, cukup tancapkan batangnya ke tanah.

  • Biji gandum

Gandum yang bernama lati Triticum spp merupakan sekelompok tanaman serealia. Tanaman ini berasal dari suku padi-padian.

Gandum adalah tanaman yang kaya akan karbohidrat. Tanaman ini bisa dijadikan pengganti nasi putih. Terkadang  dijadikan bahan baku untuk memproduksi pakan ternak, tepung terigu, bahkan difermentasi untuk menghasilkan alkohol.

  • Shirataki

Shirataki merupakan jenis mi. Terbuat dari glucomannan. Glucomannan ini sejenis serat yang berasal dari akar tanaman konjac atau konnyaku.

Tanaman konjac banyak tumbuhdi China, Jepang, dan beberapa negara di Asia Tenggara. Di Jepang Shirataki dijadikan sebagai pengganti nasi.

Shirataki ini mengandung karbohidrat. Menariknya kandungan itu lebih sedikit daripada mi pada umumnya. Shirataki  juga mengandung beragam serat, namun bukan dari pati atau zat tepung.

  • Kentang

Umbi-umbian lain yang bisa menjadi pengganti nasi putih adalah kentang. Khususnya bagi yang ingin menurunkan berat badan. Makanan ini sangat cocok untuk Anda.

Karena kandungan kalori yang terdapat pada kentang lebih rendah daripada nasi putih.

Kandungan seratnya juga lebih tinggi. Kentang mengandung berbagai jenis vitamin, di antaranya vitamin B1, vitamin C, B6, dan vitamin B9. Indeks glikemik pun lebih rendah daripada nasi putih.

KLIK INI:  Kaya Manfaat, Kacang Mete Bagus Dijadikan Camilan di Pagi Hari
  • Barley

Tanaman ini salah satu jenis biji-bijian. Berasal dari keluarga gandum. Biji barley lebih dikenal pula sebagai jelai.

Biji tanaman ini banyak dijadikan bahan baku pembuatan roti, minuman, dan berbagai masakan lainnya.

Jika menilik dari segi kesehatan, barley cukup unggul karena  bisa menurunkan tekanan darah, gula darah, dan kolesterol.

Kandungan lainnya dapat membantu menurunkan berat badan, mengatasi masalah pencernaan, semisal sakit perut, diare, hingga peradangan usus.

  • Brokoli atau kembang kol

Tanaman bernama latin Brassica oleracea L ini adalah jenis tanaman lebih dikenal sebagai sayuran. Brokoli merupakan kultivar dari spesies yang sama dengan kubis dan kembang kol, yaitu Brassica oleracea.

Asal tanaman ini  adalah daerah Laut Tengah. Ia  sudah dibudidayakan pada  masa Yunani Kuno dibudidayakan.

Di Indonesia sendiri, brokoli  masuk sekitar tahun 1970-an. Tanaman ini cukup populer sebagai bahan pangan pengganti nasi putih

Untuk mengonsumsi brokoli, cara masaknya cukup mudah, yakni direbus atau dikukus. Bahkan dapat  dimakan langsung alias mentah. Namun, cara terbaik mengolah tanaman ini, yakni  dengan cara dikukus.

  • Sagu

Alternatif lain yang lebih sehat sebagai pengganti nasi putih dari beras adalah sagu. Tepung sagu adalah hasil olahan dari batang rumbia atau juga dikenal sebagai pohon sagu.

Bagi masyarakat Maluku dan Papua, sagu tidak bisa dipisahkan dari kehidupan mereka, karena telah menjadi makanan pokok.

Sagu bisa jadi alternatif pengganti nasi putih yang potensial dan sehat.

Demikianlah, alternatif pengganti nasi putih. Anda bisa menikmatinya

KLIK INI:  Praktis Dibuat, Teh Madu Serei Menyegarkan Diseduh Pagi Hari