Melebur Rindu di Sepiring Kanre Campe’

Publish by -19 kali dilihat
Penulis: Idris Makkatutu
Melebur Rindu di Sepiring Kanre Campe’
Kanre campe'/Foto-Ist

Rasanya nikmat, sebab Ibu memasaknya dengan penuh cinta

Klikhijau.com – Hal pertama yang dicari saudara ibu ketika pulang dari Malaysia adalah kanre campe. Sepertinya rindu telah sangat tanak setelah sepeuluh tahun lebih tak menikmatinya.

Hanya saja, tak selalu bisa ditemukan. Jadi, harus menebalkan rasa sabar, bahannya kadang tak tersedia.

Saudara ibu mencarinya ketika berkunjung ke rumah karena tahu Ibu saya biasa memasaknya. Apalagi saat itu Ibu baru saja panen campe atau buncis.

Kanre campe serupa makanan leluhur, cara memasaknya sederhana seperti memasak nasi pada umumnya, hanya saja dicampur dengan campe’ atau buncis.

KLIK INI:  Memanen Kenikmatan Barobbo' di Alam Terbuka

Kanre campe, jika dialihbahasakan ke dalam Indonesia berarti nasi buncis. Namanya demikian karena beras dan buncis dimasak pada satu panci yang sama. Jadinya mereka menyatu serupa sepasang kekasih, hmmm.

Jadilah makanan itu seperti makana yang sudah bercampur sayur. Pun memakannya bisa tanpa lauk, sebab lauknya sudah bercampur.

Paling enak memasak kanre campe’ menggunakan beras ketan, hanya cara masaknya tidak seperti ketika memasak songkolo yang dikukus. Memasaknya, tetap memasak seperti memasak pada umumnya. Ibu biasanya memasak dengan menggunakan kayu bakar.

Saya belum pernah melihat ibu memasak kanre campe dengan menggunakan rice cooker. Barangkali karena itu, sehingga rasanya lebih nendang. Membuat selalu rindu untuk pulang menikmatinya.

Cara masaknya sederhana

Jika dulu, musim campe‘ ada waktunya, kini campe‘ bisa ditanam kapan saja. Yang artinya kanre campe bisa ditemukan, tak harus menunggu musimnya seperti dulu.

KLIK INI:  Ini Satu Manfaat Daun Pepaya yang Jarang Difungsikan

Hanya saja, tak semua bisa memasaknya meski terlihat sederhana, barangkali benar, hal-hal sederhana kadang lebih sulit dilakukan daripada yang terlihat sulit.

Kanre campe atau nasi buncis, seolah jadi nasi yang kerap memanggil pulang untuk dinikmati. Ia akan selalu nikmat, baik saat dinikmati ketika masih panas maupun dingin. Barangkali karena ibu memasaknya pebuh cinta.

Jika Anda ingin mencobanya, resepnya sederhana saja, masak terlebih dahulu buncisnya hingga matang, lalu taburi garam secukupnya, setelah itu campurkan dengan beras, paling bagus jika beras ketan.

Ukurun airnya sama ketika memask pada umumnya, memasaknya boleh memakai kompor gas, namun akan terasa lebih nikmat jika memasaknya menggunakan kayu bakar.

Jadi selamat mencoba, semoga berhasil. Oya, agar buncis menyatu dengan nasinya saat memasakn usahakan mengaduknya, lebih bagus jika ditusuk-tusk pakai pengaduk nasi.

Begitu saja….

KLIK INI:  Juru Masak di Amerika Selamatkan Lingkungan Melalui Burger
Editor: Idris Makkatutu
Sumber: Klikhijau.com

KLIK Pilihan!