Melawan Perubahan Iklim, Youtuber ini Berkolaborasi untuk Tanam 20 Juta Pohon

Publish by -8 kali dilihat
Penulis: Redaksi
Melawan Perubahan Iklim, Youtuber ini Berkolaborasi untuk Tanam 20 Juta Pohon
Ilustrasi perubahan iklim/Foto-pixabay

Klikhijau.com – Kampanye memerangi perubahan iklim semakin giat dilakukan. Untuk memerangi perubahan iklim, para Youtuber telah berkolaborasi dengan misi menanam 20 juta pohon yang dimulai pada Januari 2020.

Namanya #TeamTrees, kampanye reboisasi yang membuat heboh sosial media. Sejauh ini, mereka telah mengumpulkan dana untuk menanam lebih dari 8 juta pohon, dan jumlahnya terus bertambah.

Semua bermula saat Youtuber Jimmy Donaldson atau MrBeast, mencapai 20 juta subscribers di saluran YouTube-nya. Ia mendedikasikannya untuk aksi ekstrim dan tantangan filantropi.

MrBeast menantang para pengikutnya agar menanam 20 juta pohon untuk memperingati pencapaian itu. Kampanye dengan cepat menjadi viral.

KLIK INI:  Ini Alasan Mengapa Para Pengusaha Wajib Mengedepankan Aspek Lingkungan?

“Orang-orang terus mengolok-olok generasi kita dan tidak benar-benar melakukan sesuatu. Ini adalah kesempatan untuk membuat perbedaan,” kata MrBeast kepada para subscribers-nya.

Kita semua menyadari bahwa 20 juta pohon itu tidak akan memperbaiki perubahan iklim. Tetapi setidaknya, 20 juta pohon lebih baik daripada tidak ada sama sekali.

Lebih dari 600 materi iklan YouTube telah bergabung dengan #TeamTrees ini. Bahkan, para Youtuber ini mengumpulkan subscribers mereka untuk mengikuti upaya penanaman pohon.

Hingga saat ini, influencer media sosial ini telah memiliki total gabungan 650 juta pelanggan, dua kali lipat dari jumlah populasi di Amerika Serikat.

Setiap sumbangan $1 berarti menanam satu pohon. Dalam 48 jam pertama, situs web #TeamTrees yang mulai online pada 25 Oktober telah mengumpulkan lebih dari $5 juta. Jumlah ini masih terus bertambah.

Semua sumbangan dikirim langsung ke Arbor Day Foundation, nirlaba yang dikhususkan untuk penanaman pohon.

Selama hampir 50 tahun, organisasi nirlaba itu telah menanam 250 juta pohon di seluruh dunia. Pohon yang didanai oleh #TeamTrees akan ditanam di seluruh dunia mulai Januari 2020.

Yayasan Arbor Day menargetkan penyelesaiannya pada Desember 2022. Tahun 2022 juga menandai ulang tahun Arbor Day pertama.

KLIK INI:  Kurangi Polusi Udara, Industri Penerbangan akan Bayar 'Pajak Polusi'?
Kerjasama dengan beberapa pihak

Agar tingkat kelangsungan hidup pohon berhasil, Arbor Day Foundation akan bekerjasama dengan United State Forest Service, National Park Service, dan National Association of State Foresters.

Ini dilakukan untuk memastikan pohon yang ditanam tidak menjadi spesies invasif. Pohon-pohon yang dipilih juga berasal dari daerah di mana mereka ditanam.

Untuk mempercepat prosesnya, kampanye #TeamTrees sedang mengusahakan untuk berkolaborasi dengan DroneSeed. DroneSeed adalah sebuah perusahaan yang menyebarkan drone untuk menanam pohon dengan cara yang dapat diukur.

Drone kecil pertama memetakan lanskap, lalu diikuti oleh drone yang lebih besar yang menjatuhkan benih di lokasi yang ideal untuk menanam pohon.

Selain itu, kolaborasi YouTube ramah lingkungan ini membanjiri platform dengan konten pohon.

Koalisi #TeamTrees berharap untuk mendorong lebih banyak video lingkungan untuk trending daftar putar yang direkomendasikan Youtube.

KLIK INI:  Raih Rekor Muri, Kurikulum Mangrove KLHK Dijadikan Instrumen Cinta Lingkungan Sejak Dini
Editor: Ian Konjo
Sumber: Inhabitat.com

KLIK Pilihan!