Mekar dengan Eksotik di Malam Hari, Benarkah Bunga Wijaya Kusuma Mistis?

oleh -30 kali dilihat
Mekar dengan Eksotik di Malam Hari, Benarkah Bunga Wijaya Kusuma Mistis
Bunga Wijaya Kusuma yang mekar di NTT - Foto: Nedhy

Klikhijau.com – Bunga Wijaya kusuma (Epiphyllum anguliger) memang dikenal satu tanaman dengan aura mistis yang kental. Sejumlah cerita dan mitos seolah tersembunyi dibalik eksotika tanaman satu ini.

Bahkan pada zaman dahulu, bunga ini tersohor karena diminati para raja dan bangsawan. Ketika mekar, bunga ini memiliki kelopak yang elegan dan memukau. Hal ini yang membuatnya dijuluki Night Blooming Cereus.

Sejatinya, tanaman ini terbilang spesies langka. Para bangsawan dahulu bahkan harus menelusuri hutan rimba demi memetika bunga ini. Oya, satu lagi yang menarik diketahui, ternyata bunga Wijaya kusuma juga dijadikan sebagai hadiah romantis seorang raja pada ratunya.

Oleh karena langka, kerajaan-kerajaan dahulu yang konon memiliki tanaman satu ini akan dianggap sebagai kerajaan makmur.

KLIK INI:  Mobil listrik, Kendaraan Masa Depan dan Ramah Lingkungan yang Kian Diminati

Benarkah wijaya kusuma mistis?

Benarkah bunga Wijaya kusuma memiliki aroma mistis? Belum tentu benar. Namun, keyakinan bahwa bunga ini diasosiasikan dengan hal-hal tertentu adalah benar. Yah, bunga ini diyakini sebagai bunga pembawa rezeki.

Hal unik dari bunga ini adalah sifatnya yang hanya mekar di malam hari. Boleh jadi atas alasan ini pula sehingga bunga Wijaya kusuma dinilai memiliki kekuatan supernatural.

Tidak salah pula bila tanaman ini populer dengan sematan nama bunga Ratu Malam. Yah, di di saat yang tepat, bunga Wijaya kusuma akan mekar semerbak di tengah kegelapan malam.

Sebagian orang meyakini, bunga ini dihinggapi malaikat pembawa keberuntungan. Maka ada yang meyakini bila melihatnya mekar, akan ada keberuntungan mendekati kita.

Meski dikenal mekar di malam hari, kemunculannya terbilang jarang. Beberapa spesies dari tanaman ini hanya mekar setahun sekali. Namun, ada juga spesies bunga Wijaya yang bisa memecahkan rekor sampai 3 kali dalam setahun.

Sekali lagi, beruntunglah bagi kamu yang kebetulan menjumpai Wijaya kusuma mekar merona.

KLIK INI:  Meresahkan, Dunia Ratusan Spesies Capung Terancam Tamat

Beberapa hari lalu, Benedikta Prischilla Neobeni dari Yayasan Kuan Mnasi Nusa Tenggara Timur (NTT) melaporkan peristiwa istimewa yang dirasakannya menyaksikan momen bunga wijaya kusuma mekar di malam hari.

Kak Nedhy (sapaan akrabnya) tak lupa mengabadikan gambar bunga mekar Wijaya Kusuma. Ia sangat bahagia karena menjumpai satu momen langka tidak jauh dari kediamannya di kampung Kefamenanu Kabupaten Timor Tengah Utara NTT.

“Ini Wijaya kusuma kak, kembangnya mekar di malam hari dan akan layu di pagi hari,” kata Kak Nedhy saat fotonya dikomentari Klikhijau.

Menurut Kak Nedhy, peristiwa mekarnya bunga Wijaya mulai langka dijumpai.

“Masyarakat di sini biasanya nungguin saat mekar sampai benar-benar sempurna mekarnya. Lalu, diikat sama pita merah lalu dipetik dan dimasukkan ke dalam rumah,” cerita aktivis perempuan ini.

Menurut Kak Nedhy, ritual ini dilakukan orang-orang di kampungnya agar rezekinya mengalir baik ke dalam rumahnya. Jadi, bunga ini memang dipercaya sebagian orang sebagai bunga keberuntungan.

“Tadi, aku gak metik karena tidak mengawasi sejak awal mekarnya. Karena pagi tadi, waktu nyiram bunga, saya pikir belum kembang mala mini,” tuturnya.

KLIK INI:  Kenapa Sih Harus Memisahkan Sampah, Apa Untungnya?