Mawar Putih yang Menggoda, Filosofi dan 6 Fakta Menarik di Baliknya!

oleh -26,873 kali dilihat
Mawar Putih yang Menggoda, Filosofi dan 6 Fakta Menarik di Baliknya!
Mawar putih mekar - Foto/Pixabay
Anis Kurniawan

Klikhijau.com – Mawar putih, siapa tak tergoda dengan keindahannya. Selain menawan, mawar putih memiliki makna filosofis mendalam yang membuatnya dapat eksis sepanjang masa.

Mawar merupakan bunga yang dengan ratusan spesies, umumnya diklasifikasikan ke dalam tiga kelompok, yaitu wild roses, old garden roses, dan modern garden roses. Tiap tipe memiliki makna sendiri-sendiri.

Untuk diketahui, terdapat beberapa jenis bunga mawar yang memiliki mahkota berwarna putih, diantaranya Rosa alba yang konon dikenalkan pertama kali oleh bangsa Romawi kuno ke Inggris. Rosa alba atau White Rose of York merupakan mawar jenis hibrida hasil persilangan antara gallicas dengan damas.

Ada dua jenis Rosa alba yang sangat populis yaitu Alfred de Dalmas dan Madame Alfred Carriere. Ciri khas keduanya ada pada warna kembangnya yang putih dan aromanya yang harum. Dari klasifikasi ini mawar mana yang sering kamu jumpai?

KLIK INI:  5 Trik Jitu Membeli Tanaman Hias, Jangan Asal Tergoda dengan yang Kinclong!

Yah, mawar putih atau white rose memang dianggap simbol cinta sejati yang turunan maknanya antara lain kesetiaan, ketulusan dan penyatuan hati. Tidak salah bila bunga ini kerap dipakai untuk dekorasi ruangan pesta pernikahan.

Dalam cerita Cleopatra, diceritakan bagaimana Mark Antonio merasakan jatuh cinta serta mabuk kepayang pada Cleopatra sesudah meminum minuman spesial yang di buat dari bunga mawar putih. Ini satu pertanda bahwa mawar punya nilai historis yang kuat dan terus beririsan dengan peradaban manusia.

Semakin penasaran dengan filosofi apa yang melekat di baliknya secara gamblang, termasuk fakta otentik yang menyertainya, artikel ini akan membahas lengkap semuanya. Mari menyimak!

Filosofi mawar putih

Selain untuk mewakili perasaan atau kisah cinta, sejak dahulu, tanaman ini juga dipakai dalam beragam upacara keagamaan atau persembahan.

KLIK INI:  Apa Saja Bagian-bagian Bunga dan Fungsinya?

Di negara-negara Barat, mawar putih menjadi pelengkap utama dalam proses pernikahan tradisional. Hal itu, karena bunga ini dianggap pula sebagai bunga kehormatan yang melambangkan kemurnian cinta.

Secara rinci, filosofi mawar putih dapat dijelaskan sebagai berikut:

#Simbol kesucian perempuan

Pada warnanya yang putih dengan rona pink, bunga ini mewakili seorang perempuan polos yang masih perawan dan suci. Itulah sebabnya, pada pesta pernikahan bertabur bunga ini memberi pesan kuat tentang perempuan suci yang menyatukan dirinya pada kekasihnya karena cinta.

#Lambang kesejatian cinta

White rose dijadikan lambang kesejatian cinta. Warna putih pada kembang indah sekaligus mewakili ketulusan untuk saling memiliki satu sama lain.

KLIK INI:  Impatiens Walleriana, Tumbuhan Berbunga yang Bisa Menumbuhan Dirinya Sendiri

Karenanya, buket bunga berisi white rose selalu tampak menyertai sebuah pesta pernikahan. Keberadaannya tentu mewakili cinta sejati yang ditandai dengan komitmen menjalani kehidupan baru. Cinta yang menyatu seperti putihnya mawar, tanpa noda, karenanya perlu dijaga pemiliknya agar hubungan cinta terawat selamanya.

#Simbol Pertemuan dan Perpisahan

White rose ternyata juga melambangkan perpisahan. Pada setiap pertemuan pada sahabat, teman, kerabat, keluarga atau kekasih, selalu diakhiri dengan perpisahan. Suasana demikian, kerap ditandai dengan penyerahan mawar putih. Itu menandakan bahwa kamu adalah orang terpenting dan dihormati oleh kerabat, sahabat atau kekasihmu.

#Simbol Duka

Kalau kamu menemukan buket bunga mawar putih diproses pemakaman, itu pertanda duka mendalam. White rose dalam sebuah kepulangan melambangkan perasaan kehilangan pada seseorang.

Bunga ini menjadi tanda penghormatan terakhir kepada seseorang yang meninggal dunia. Itu pula sebabnya, mawar putih dianggap mewakili sesuatu yang berkaitan dengan spiritualitas.

KLIK INI:  Selamat Pagi, Ini 6 Kebiasaan Baik yang Bisa Diterapkan di Pagi Hari
#Simbol permohonan maaf

Pada warna putihnya menerangkan tentang kesucian dan permohonan maaf. Ada banyak orang yang menunjukkan ungkapan permohonan maafnya dengan  bunga ini. Hal ini juga dipakai untuk mengekspresikan cinta yang murni, persahabatan yang tanpa tendensi, atau kasih sayang yang tulus.

6 fakta menarik di baliknya

Berikut 6 fakta tentang white rose yang menarik diketahui:

#Judul film lawas di Indonesia

Secara umum, bunga mawar selalu dikaitkan dengan hubungan percintaan atau tentang perempuan. Di Indonesia, sebuah film lawas berjudul “sekuntum mawar putih” yang disutradarai Mochtar Soemodimedjo di Tahun 1981—mengisahkan tentang pengorbanan cinta yang rumit.

Film berdurasi 128 menit tersebut menampilkan bintang-bintang papan atas di masanya seperti Ricca Rahim, Deddy Sutomo dan Rima Melati. Kisah percintaan yang kompleks di film ini boleh jadi ada kaitannya dengan penyematan judulnya.

KLIK INI:  Selain Rokok, Gonta-ganti Pacar Juga Pengaruhi Kesuburan, Benarkah?
#Menjadi Nama Sebuah Organisasi Anti-Nazi

White Rose adalah nama sebuah organisasi anti-Nazi di Jerman pada tahun 1942-1943. White Rose dikenal sebagai gerakan anti-Nazi yang didirikan sebagai bentuk perlawanan atas rezim tersebut.

Dikomandoi seorang profesor dan beberapa mahasiswa dari Universitas Munich, organisasi ini melakukan perlawanan terhadap rezim Nazi dengan membagikan selebaran anti-Nazi dan antiperang, serta membuat grafiti bertuliskan “Kebebasan” dan “Turunkan Hitler” di dinding-dinding bangunan di seluruh Munich.

Akibat aksinya, sejumlah tokoh kelompok ini dipenjara bahkan seorang diantaranya bernama Christoph Probst harus dihukum mati.

#Tanaman hias idola

Mawar putih yang indah adalah tanaman hias idola yang melengkapi dekorasi pekarangan rumah. Bunga ini sangat cocok di negara beriklim tropis seperti Indonesia. Selain mawar kembang putih, bunga mawar merah, pink, dan kuning juga banyak dijumpai.

KLIK INI:  5 Kebiasaan Baik Sebelum Tidur yang Bernilai Positif bagi Lingkungan

Satu lagi, tanaman hias ini termasuk tidak rewel dan tidak memerlukan perawatan ekstra tinggi seperti tanaman hias lainnya semisal philodendron atau anthurium.

#Bahan Parfum

White rose yang memang wangi ternyata dijadikan bahan pembuatan parfum. Sejumlah merek-merek parfum bahkan memakai ilustrasi bunga mawar pada kemasannya.

Jadi, sudah bukan rahasia lagi kalau aroma semerbak bunga untuk bahan pembuat parfum itu dapat diperoleh dari sari mawar, melati, lavender, atau yang lain.

Berbagai brand yang menawarkan aroma mawar seringkali diidentikkan dengan momen romantis. Diantaranya Jo Malone London Red Roses, yang menjadi parfum idola wanita. Kabarnya brand satu ini terinspirasi dari campuran tujuh mawar terbaik dunia.

#Lirik lagu populer Inul Daratista

Sebuah lagu berjudul “mawar putih” dipopulerkan pedangdut Inul Daratista cukup populer di tanah air. Lirik lagu ini berkisah tentang cinta yang harus dijaga pemiliknya. Hal itu tampak dalam potongan liriknya:

Sudah ada mawar putih
Jangan cari yang merah
Sudah punya cinta suci
Jangan cari masalah

Mahkota cinta kuberikan
Benang sari janganlah bimbang
Jaga
Jaga
Jaga, jaga, jaga
Setia

#Inspirasi buku fiksi

Metafora tentang white rose ternyata ditangkap oleh banyak penulis sebagai inspirasinya. Sejumlah karya fiksi seperti novel, puisi dan cerpen memakai judul dengan narasi “bunga mawar”. Diantaranya sebuah buku berjudul “Ratu Mawar Putih” yang ditulis Philippa Gregory yang mengisahkan tentang sosok perempuan biasa di tengah perang saudara.

Ada banyak karya-karya lainnya seperti ‘Seikat Mawar putih” karya Maria A Sardjono dan lainnya. Karya-karya tersebut umumnya bercerita tentang hubungan cinta dan pengorbanan.

Itulah penjelasan singkat tentang white rose, filosofi dan fakta menarik di baliknya. Semoga bermanfaat!

KLIK INI:  Kencana Ungu, Bunga Teman Bermain di Masa Kecil yang Kaya Manfaat