Mawar Hijau yang Mentereng, Fakta Tentangnya dan Filosofinya!

Publish by -462 kali dilihat
Penulis: Anis Kurniawan
Mawar Hijau yang Mentereng, Fakta Tentangnya dan Filosofinya!
Mawar hijau - Foto/luthfan.com

Klikhijau.comMawar hijau (Rosa x odorata “viridiflora”) atau populer dengan nama green rose, tanaman bunga dengan pesona mentereng. Sebagaimana mawar pada umumnya, green rose menawarkan keindahan yang memanjakan mata bahkan aroma khas pada kembangnya.

Umumnya, warna bunga yang familiar dan digemari adalah yang berwarna merah (ruber), putih (albus), dan kuning (flavus). Wawar hijau termasuk jenis yang misterius dan jarang dijumpai, namun faktanya mawar satu ini benar-benar ada. Jenis ini pernah dijumpai bermekaran di kebun raya Bali.

Tanaman ini memiliki ciri khusus yakni tingginya berkisar 75 cm, daunnya hijau mengkilap. Green rose merupakan persilangan antara (R.chinensis x R gigantea).

Pertumbuhan dan perkembangan bunga dari kuncup sampai mekar penuh memerlukan waktu 75 hari, bunga mekar dapat bertahan sampai 25 hari.

Fakta di balik green rose

Penasaran ada informasi apalagi di balik mawar hijau, berikut beberapa diantaranya:

KLIK INI:  Bunga Pukul Empat Tebar Manfaat, dari Kanker hingga Usir Jerawat
Tak disukai serangga

Nah, tak seperti tanaman berbunga lainnya yang disukai serangga dan kupu-kupu, green rose ternyata tak disukai serangga. Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan Hartutiningsih-M Siregar dkk di Kebun Raya Bali pada 2003 dan dimuat dalam Jurnal Biodiversitas (2005).

Dalam pengamatan Hartutiningsih, ditemukan bahwa tidak dijumpai jenis serangga yang secara rutin mengunjungi green rose, kalaupun ada hanya sekadar hinggap kemudian terbang lagi. Kok bisa? Yah, ini karena penampilan bunga mawar hijau kurang menarik dibandingkan mawar merah, dengan struktur bunga yang kasar dan berwarna hijau.

Menariknya, beberapa jenis kupu-kupu hanya melintas di atas mawar hijau justru hinggap di mawar lain yang mempunyai mahkota bunga lebih menarik dan berwarna-warni (merah, putih, kuning, dan lain-lain)

4 tahapan perkembangan bunganya

Pertumbuhan dan perkembangan bunga mawar hijau dari kuncup (seluruh bagian terbungkus oleh kelopak bunga) sampai berakhirnya perbungaan (ditandai dengan seluruh mahkota bunga gugur) memerlukan waktu 75 hari. Perkembangan kuncup bunga sampai menjadi bunga mekar penuh dibagi dalam 4 tahapan.

KLIK INI:  Berkenalan dengan Bunga Oxalis, Tanaman Cinta yang Mudah Dirawat

Tahap pertama: kuncup. Bunga masih berbentuk kun- cup, merupakan tahap perlindungan proses pembungaan, seluruh bagian bunga dilindungi oleh kelopak dengan bulu- bulu yang halus. Sepintas berbentuk seperti tunas, bagian ujung meruncing. Rasio panjang:lebar kuncup sekitar 1,0- 1,5 cm: 0,3-0,5 cm, tahap ini berlangsung sampai 14 hari.

Tahap kedua: penggembungan kuncup. Perkembangan kuncup mulai kelihatan normal, kelopak bunga mulai pecah dan membuka, berwarna hijau. Tajuk bunga jelas terlihat berwarna hijau. Ukuran kuncup bunga bertambah menggelembung dengan ukuran panjang x lebar = 2,5-3,0 x 0,7-1,0 cm. Tahap ini memerlukan waktu hingga 19 hari.

Tahap ketiga: kuncup pecah. Kelopak bunga sudah mulai terbuka ke arah bawah, diikuti membukanya tajuk bunga, dimulai dari salah satu sisi bunga merekah, lalu keluar tajuk bunga yang berukuran kecil berwarna hijau.

Proses membukanya tajuk berangsur-angsur terjadi, membentuk lingkaran sampai terjadi 3 putaran tajuk, selama sekitar 14 hari. Irisan membujur tahap ini tidak memperlihatkan adanya benangsari.

KLIK INI:  Kacang Edamame (Kedelai Hijau), Si Hijau Segar dan 7 Manfaat Terbaiknya

Tahap keempat: ujung tangkai sari termodifikasi menjadi tajuk bunga, sangat jelas sekali tangkai sari masih ada berwarna keputih-putihan, sedangkan bagian ujungnya berwarna hijau membentuk lembaran meruncing, semakin keluar ukurannya semakin lebar membentuk tajuk bunga. Bakal buah sangat jelas.

Pada tahap ini ukuran bunga semakin besar sekitar panjang x lebar bunga = 3,0-3,3 x 2,0-2,3 cm. Tahap keempat: mekar penuh. Bunga mulai mekar penuh, ukuran sudah mantap dengan diameter 5-7 cm, warna tajuk hijau, tepi bergerigi (Gambar 2). Dari tahap ketiga menuju keempat diperlukan waktu sekitar 28 hari.

Mekar bunganya bertahan lama

Green rose termasuk jenis mawar yang paling lama mempertahankan bunga mekar, dapat mekar penuh sampai 25 hari, lalu berangsur-angsur mengalami pengguguran, dimulai dari bagian dalam gugur satu persatu, sampai akhirnya tajuk gugur semua, diikuti dengan gugurnya kelopak bunga.

Dari tahapannya yang panjang menunjukkan bahwa bunga ini termasuk bunga steril, benangsari terbentuk, tetapi pada perkembangan selanjutnya berubah menjadi tajuk sehingga tidak terjadi proses pembuahan, dan akhirnya tidak terbentuk biji.

KLIK INI:  Mawar Putih yang Menggoda, Filosofi dan 6 Fakta Menarik di Baliknya!
Mawar hijau langka

Upaya perbanyakan mawar hijau hanya dapat dilakukan secara vegetatif, dengan stek atau cangkok. Ini secara teknis tentu dapat dilakukan. Namun, problemnya saat ini adalah keberadaan green rose yang memang semakin langka.

Karenanya, banyak yang membuat imitasi mawar warna hijau sebagai alternatif, yaitu dengan melakukan teknik pewarnaan dengan proses osmosis. Bisa juga dengan melakukan semprotan langsung kepada mahkota bunga mawar yang berwarna putih.

Filosofi mawar hijau

Dari warna bunganya yang hijau, rose green tentu tak bisa dilepaskan dari makna dan filosofi warha hijau itu sendiri. Warna hijau melambangkan kesuburan dan kesejahteraan juga ketenangan dan perdamaian.

Simbol warna hijau juga memberi pesan alami yang berarti kedekatan pada alam semesta. Hijau menandakan keceriaan serta awal mula untuk kehidupan yang baru.

Mawar hijau yang semakin sulit ditemukan menandakan betapa keistimewaan dan kelebihan yang spesifik seringkali menjadi barang langka. Makanya, mawar hijau juga mewakili keberuntungan dan harapan untuk kehidupan baru.

Karena itu pula, green rose sangat tepat menjadi hadiah pada momen spesial seperti momen kehamilan perdana, memulai usaha baru, ataupun orang yang baru saja sembuh dari penyakit.

Itulah fakta menarik mengenai green rose, dan filosofi di baliknya! Semoga bermanfaat!

KLIK INI:  Di Balik Warna Terangnya, Ini 7 Filosofi Bunga Matahari

Editor: Ahmad Fikri

KLIK Pilihan!