Mau Daya Tahan Tubuh Tetap Oke Saat Puasa? Begini Tips Alaminya!

oleh -293 kali dilihat
Mau Daya Tahan Tubuh Tetap Oke Saat Puasa? Begini Tips Alaminya!

Klikhijau.com – Kondisi tubuh memang relatif menurun saat puasa, utamanya di awal puasa. Tidak adanya asupan makanan dan minum tentu jadi penyebabnya. Tetapi, dengan niat yang baik untuk beribadah puasa harus tetap jalan dengan lancar.

Oleh sebab itu, kita perlu melakukan beberapa cara alami untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Berikut beberapa tips sehat yang alami dan sederhana bisa dijalankan.

1. Tidur yang cukup

Banyak orang mengeluhkan masalah tidur saat puasa. Waktu tidur di malam hari memang cenderung lebih sedikit, sementara peluang tidur siang justru lebih banyak. Padahal, kurang tidur dapat meningkatkan hormon kortisol, yang merupakan hormon stres.

Hormon kortisol yang meningkat dapat memicu reaksi peradangan dalam tubuh dan menekan fungsi kekebalan tubuh dalam melawan infeksi sehingga tubuh Anda akan lebih mudah jatuh sakit.

KLIK INI:  Ramadan, Masakan Ibu, dan Sebuah Rahasia Tetap Segar Saat Berpuasa, Klik Ini!

Cobalah untuk mengatur jadwal tidur dan bangun saat puasa, agar tidur menjadi lebih teratur dan dapat menjaga kesehatan kekebalan tubuh Anda.

Jika memilih untuk tidur siang, sebaiknya batasi waktu tidur siang hingga 30 menit dan hindari melakukannya di penghujung hari. Karena dapat mengganggu waktu tidur Anda di malam hari.

2. Penuhi nutrisi penting saat puasa

Saat puasa Anda hanya makan sehari sebanyak dua kali, yaitu saat sahur dan berbuka. Hal ini mungkin akan membuat tubuh kekurangan asupan nutrisi seperti biasanya, sehingga dapat membuat sistem kekebalan tubuh Anda melemah.

Selain karbohidrat, nutrisi lain yang penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh saat puasa adalah vitamin C dan zinc. Keduanya merupakan perpaduan yang tepat untuk menjaga sistem imun tubuh tetap sehat.

Vitamin C adalah vitamin yang penting untuk daya tahan tubuh. Makanan yang mengandung banyak vitamin C seperti, buah beri, jeruk, kiwi, apel, pepaya, mangga, brokoli, tomat, kembang kol, dan bayam.

Sementara zinc adalah salah satu mineral yang berperan penting dalam membangun sistem kekebalan tubuh. Sumber makanan yang mengandung zinc seperti daging ayam, daging sapi, berbagai macam kerang, dan sayuran berdaun hijau.

Bila perlu, saat sahur dan buka puasa Anda bisa mengonsumsi suplemen yang kaya akan zinc atau vitamin C, supaya asupan keduanya tetap terjaga dengan baik.

KLIK INI:  Susah Tidur Nyenyak di Malam Hari, Cobalah Tips Sederhana Ini!

3. Olahraga teratur

Meski sedang puasa, bukan berarti Anda harus berhenti olahraga. Puasa bukan jadi halangan Anda untuk melakukan aktivitas apa pun.

Saat puasa, Anda bisa melakukan olahraga di sore hari sebelum waktu berbuka atau setelah berbuka puasa. Waktu olahraga ini bisa Anda pilih sesuai tujuan olahraga yang Anda inginkan.

Cobalah olahraga yang ringan tetapi teratur, seperti berjalan kaki setiap hari sekitar 30 menit. Ini dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh Anda.

Jika Anda tidak berolahraga secara teratur, sistem kekebalan tubuh Anda mudah lemah, akibatnya Anda jadi lebih mudah sakit. Olahraga juga dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak, yang keduanya baik untuk sistem kekebalan Anda.

4. Mengelola stres

Sama halnya dengan kurang tidur, stres juga dapat meningkatkan hormon kortisol yang dapat menghambat kerja sistem kekebalan tubuh.

Stres itu hal yang wajar, tapi Anda harus bisa mengelolanya dengan baik dan jangan sampai berlarut-larut agar tak mudah sakit saat puasa. Dengan begitu, ibadah puasa Anda juga akan berjalan baik tanpa hambatan.

KLIK INI:  Puasa Tetap Lancar Walau Diabetes, Ini Syaratnya!