Manfaat Tanaman Sirih Cina, Atasi Jerawat Membandel dan 7 Khasiat Lainnya

oleh -2,047 kali dilihat
sirih
Anis Kurniawan

Klikhijau.com – Dari penampakannya yang tumbuh liar, tanaman Sirih Cina atau sirih liar (Peperomia pellucida) terkesan tiada penting layaknya gulma biasa.

Jangan salah, beberapa rerumputan liar memang punya manfaat mengesankan yang tak diduga-duga, demikian pula dengan sirih liar.

Di pelosok desa di bagian Selatan Sulawesi Selatan, tanaman ini sudah dikenal punya manfaat magis bagi ibu hamil. Yah, tanaman ini kerap dioleskan di bagian perut jelang masa persalinan tiba, dengan harapan anaknya akan lahir dengan kulit bersih nan putih.

Yah, orang-orang di kampung saya menyebutnya kaca-kaca. Nama ini mewakili penampakan batang Sirih liar yang putih bening layaknya kaca.

Selain itu, rerumputan liar yang menggemaskan ini juga diyakini dapat mengobati jerawat membandel di wajah. Anak-anak remaja di kampung banyak memakainya sebagai obat jerawat dan memutihkan kulit wajah.

Sayangnya, kemunculan produk-produk modern menggeser kebiasaan klasik ini, orang-orang lebih tertarik dan percaya pada produk kimia yang dijual di pasaran. Padahal pemanfaatan tanaman herbal untuk penyakit ringan tentu jauh lebih murah dan minim efek samping.

KLIK INI:  Sesuru, Tanaman Pekarangan dengan Sederet Manfaat Kesehatan

Benarkah sirih cina ampuh atasi jerawat?

Kembali ke pertanyaan awal di judul artikel ini, benarkah tanaman sirih cina dapat mengobati jerawat membandel?

Dari beberapa literatur berupa jurnal dan artikel media, tanaman sirih liar memang tergolong tanaman herbal yang kaya manfaat.

Sebuah penelitian yang telah dipublikasi dalam jurnal Sosains Volume 2, Nomor 1, Januari2022 mengungkap secara spesifik manfaat sirih cina dalam mengatasi jerawat.

Tulisan yang berjudul “Efektivitas ekstrak daun sirih cina (Peperomia pellucida) terhadap pertumbuhan bakteri Propionibacterium acnes” yang ditulis Yuliani dkk, membahas tuntas hal ini.

Disimpulkan bahwa ekstrak daun sirih  cina efektif menghambat pertumbuhan bakteri Propionibacterium   acnes penyebab jerawat.

Acne vulgaris atau jerawat adalah penyakit peradangan kronik folikel pilosebasea yang ditandai dengan munculnya komedo, papula, pustul, dan nodul.

KLIK INI:  Mengenal Jahe, Jenis dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Acne  vulgaristerjadi  pada  kulit  yang  banyak  mengandung  kelenjar  sebasea  seperti  muka,  dada,  dan punggung.  Prevalensi acne vulgarisdi  Indonesia cukup tinggi, yaitu berkisar  antara 85-100% orang, sedangkan menurut catatan kelompok studi dermatologi kosmetik indonesia, menunjukkan terdapat 60% penderita acne vulgarispada tahun 2006 dan 80% pada tahun 2007 (Aida, Suswati, & Misnawi, 2016).

Bakteri penyebab acne vulgarisantara lain Propionibacterium acnes, dan Staphylococus epidermis. Propionibacterium acnesmerupakan flora normal dari kelenjar pilosebaseuskulit manusia, bakteri ini menyebabkan acne vulgaris dengan menghasilkan lipase yang memecah asam lemak bebas dari lipid kulit.

Asam lemak ini dapat mengakibatkan inflamasi jaringan ketika berhubungan dengan sistem imun dan mendukung  terjadinya acne  vulgaris. Bakteri ini termasuk tipe bakteri anaerob Gram positif yang toleran terhadap udara (Tunnisa, Mulqie, & Hajar, 2015).

Menurut Yuliani, pengobatan jerawat dapat dilakukan dengan cara memperbaiki abnormalitas folikel, menurunkan  produksi sebum, menurunkan  jumlah koloni Propionibacterium acnesatau hasil metabolismenya dan menurunkan  inflamasi pada kulit. Populasi  bakteri Propionibacterium acnesdapat diturunkan dengan memberikan suatu zat  antibakteri seperti eritromisin, klindamisin dan tetrasiklin.

KLIK INI:  8 Tanaman Pengusir Demam yang Mudah Ditemukan

Ekstrak daun sirih cina diketahui mengandung senyawa kimia golongan glikosida, falavonoid, tanin dan teroid/triterpenoid(Utami, Puspaningtyas, & Gz, 2013). Senyawa yang berpotensi sebagai antibakteri terdiri dari flavonoiddan tanin. Flavonoid memiliki kecenderungan mengikat protein sehingga dapat mengganggu proses metabolisme bakteri (Zulkarnain, Muthiadin,  &  Nur,  2021).

Pada konsentrasi rendah, tanin berfungsi sebagai bakteriostatik, sedangkan pada konsentrasi tinggi, tanin berfungsi  sebagai antimikroba dengan cara mengkoagulasi protoplasma bakteri sehingga terbentuk ikatan yang stabil dengan protein bakteri(Meilina & Hasanah, 2018).

Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tanaman sirih cina yang juga kerap dinamai tanaman suruhan sangatlah efektif untuk mengatasi jerawat membandel.

Cara mengolahnya bagaimana?

Lalu, bagaimana cara mengolah tanaman sirih liar dalam mengatasi jerawat?

Caranya mudah yah Sahabat Hijau. Ambil daun sirih cina segar, bersihkan lalu diolah sebagai masker alami. Sekira lima lembar daun sirih liar lalu ditumbuk hingga halus, lalu ditempelkan pada wajah yang berjerawat. Biarkan selama 30 menit dan bilas dengan air biasa sesudahnya.

KLIK INI:  8 Tanaman Pengusir Demam yang Mudah Ditemukan

Selain dimanfaatkan sebagai obat luar, sirih cina sesungguhnya juga bisa dikonsumsi langsung sebagai lalapan. Dapat pula direbus untuk dimunum airnya. Atau dapat pula dibuat sebagai sayur dengan cara ditumis. Rasanya enak meski aroma khas sirih melekat erat dari dedaunan ini.

Selain mengatasi jerawat, tanaman sirih cina juga mengandung ragam manfaat penting untuk kesehatan. Berikut ini setidaknya ada 7 manfaat penting tanaman ini yang menarik diketahui:

  1. Menurunkan kolesterol  

Sirih liar mengandung flavonoid, minyak atsiri, dan alkaloid yang bermanfaat penting menurunkan kolesterol.  Sebagai catatam, hingga kini masih dilakukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektifitas daun suruhan menurunkan kolesterol tinggi.

  1. Menurunkan darah tinggi  

Tanaman sirih cina efektif menurunkan tekanan darah tinggi yang menjadi satu penyakit berbahaya yang memicu kematian mendadak. Seluruh bagian tanaman ini dapat dimanfaatkan sebagai obat mengatasi tekanan darah.

  1. Asam urat  

Sirih liar memiliki sifat antiinflamasi dan analgesik. Sirih liar ini juga mengandung zat-zat yang bermanfaat menurunkan asam urat.

KLIK INI:  Sesuru, Tanaman Pekarangan dengan Sederet Manfaat Kesehatan
  1. Meredakan nyeri  

Dari pelbagai sumber dikatakan bahwa sirih cina bermanfaat untuk meredakan nyeri. Hal ini karena tanaman liar ini memiliki efek farmakologis analgesik alias pereda nyeri.

  1. Sakit kepala  

Bila kamu kerap dirundung penyakit sakit kepala seperti migraine dan vertigo, tanaman satu ini bisa jadi obat untuk mengatasinya.

  1. Kesehatan saluran kemih  

Sirih cina efektif membuang kotoran serta membunuh bakteri yang menempel di saluran kemih. Jadi, ramuan sirih cina sangat efektif melancarkan air seni.

  1. Mengurangi rasa gatal

Salah satu manfaat utama daun sirih untuk kulit adalah mengurangi rasa gatal dan nyeri yang disebabkan oleh salah satu alasan. Sifat antibakteri daun sirih membunuh bakteri penyebab gatal dan infeksi.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai manfaat siri cina dan cara mengolahnya. Semoga bermanfaat!

*Sumber:

  1. Jurnal Sosain
  2. Cantika 
  3. Kontan
  4. Tribunnews
KLIK INI:  Mengenal Jahe, Jenis dan Manfaatnya untuk Kesehatan