Jangan Dibuang Begitu Saja, Ini Ragam Manfaat Air Cucian dan Rebusan Beras!

Publish by -146 kali dilihat
Penulis: Anis Kurniawan
Jangan Dibuang Begitu Saja, Ini Ragam Manfaat Air Cucian dan Rebusan Beras!
Air rebusan beras - Foto/WinNetNews

Klikhijau.com – Air beras ada dua yakni air rebusan beras yang diambil saat nasi sudah mendidih dan air cucian beras yang diambil saat beras sedang dicuci atau sebelum dimasak.

Keduanya kadang dibuang begitu saja. Tapi, saya punya pengalaman masa kecil perihal ini. Setiap kali ibu memasak di dapur, kami akan berlomba-lomba menanti ibu mengeluarkan sebagian air beras ke dalam gelas.

Hasilnya kadang ada satu hingga dua gelas kecil. Air rebusan beras berwarna putih susu itu tampak kental dan menggemaskan. Ibu meminta kami meminumnya, kadang dicampurkan dengan sedikit gula pasir.

Rasanya sangat enak dan ada aroma khas berasnya, apalagi jika memakai beras baru yang kualitasnya sangat baik.

Selain rasanya yang memang enak, saya tidak pernah tahu detail apa manfaatnya bagi kesehatan. Tetapi, ibu selalu bilang bahwa “wae berre’” (air beras: Bahasa Bugis) mengandung vitamin.

KLIK INI:  Tips Minum Air Putih yang Benar Saat Buka Puasa dan Sahur

Kebiasaan ini ternyata juga dialami banyak teman kanak-kanak saya di kampung. Jadi, sudah menjadi semacam pengetahuan bersama dalam masyarakat. Tidak hanya air rebusan beras, air cucian beras juga diyakini memiliki manfaat untuk kulit wajah yang halus.

Tak jarang saya menjumpai ada orang yang memanfaatkan sisa air cuci beras untuk mencuci wajah. Karena penasaran, beberapa kali saya pun mencobanya. Jujur, rasanya memang dingin menyegarkan saat dibasuh ke wajah.

Itulah dua pengalaman kecil saya soal air rebusan beras yang dapat diminum dan air cucian beras yang juga bisa digunakan kembali. Walau ada yang menyebut bahwa ini hanya mitos belaka, sejumlah sumber terpercaya menjelaskan bahwa air beras memang kaya manfaat.

Dirangkum dari sejumlah sumber, berikut manfaat air rebusan beras dan air cucuian beras yang menarik diketahui!

KLIK INI:  Baikkah Berolahraga di Malam Hari? Begini Penjelasannya!
#Manfaat air rebusan beras
  1. Menyegarkan

Yang paling terkesan dalam ingata saya tentang air rebusan beras adalah khasiatnya yang menyegarkan. Hal itu karena, diminum dalam air yang hangat. Tidak heran bila meneguk air rebusan beras, keringat akan meleleh sehingga tubuh terasa ringan dan segar. Ini sangat baik dilakukan saat terserang gejala flu atau demam.

  1. Sumber energi

Seperti diketahui, beras mengandung karbohidrat tinggi,karenanya air rebusan beras bertindak sebagai sumber energi yang baik. Bahkan, ada yang percaya bahwa kandungan utama beras boleh jadi ada dalam air rebusannya. Jadi kita dapat menyerap sumber energi alami dari miniman ini.

  1. Mengatur suhu tubuh

Ternyata air beras dapat berfungsi sebagai obat efektif untuk mengatur suhu tubuh. Saat musim panas, perlu untuk menjaga tubuh agar tetap dingin setiap saat. Air beras bisa menjadi solusi dan membantu mengatasi panas.

  1. Mengatasi sembelit

Nutrisi dalam air rebusan beras dipercaya dapat membantu meredakan sembelit dan melancarkan pencernaan. Namun, mengonsumsi makanan kaya serat tentu tetap harus dilakukan. Keduanya akan menjaga sistem pencernaan Anda dalam keadaan baik.

  1. Obat diare

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa air beras adalah obat efektif untuk diare pada anak-anak karena mengurangi volume dan frekuensi tinja. Jadi, tidak ada salahnya mencoba konsumsi minuman ini saat  diserarang diare.

KLIK INI:  Terus Diusut, Penyakit Misterius di Jeneponto Masih Serba Dugaan
#Manfaat air cucian beras
  1. Menyehatkan kulit

Seperti pengalaman saya di awal artikel ini, air cucian beras sangat baik bagi kulit wajah. Yah, air cucian beras dapat mendinginkan kulit yang iritasi, berjerawat, dan eczema. Air cucian beras juga dapat meringankan iritasi dan kulit kering karena kandungan natrium laurel sulfat.

  1. Untuk kulit yang kenyal

Sebuah studi pada tahun 2013, air beras yang sudah difermentasi bisa membantu memperbaiki kondisi kulit yang rusak. Mampu meningkatkan produksi kolagen, sehingga kulit menjadi kenyal. Selain itu, Inositol dan ferulic acid dalam air beras akan membantu menyamarkan garis halus dan kerutan yang muncul secara dini. Sehingga kulit akan nampak kenyal dan kencang secara alami.

  1. Melindungi kulit dari paparan ultra violet

Menurut studi yang dilakukan di tahun 2016, air beras bisa menjadi tabir surya yang efektif jika dikombinasikan dengan ekstrak tumbuhan lain. Selain itu kandungan oryzanol dalam beras juga bermanfaat untuk memudarkan flek hitam karena radikal bebas atau sinar ultra violet.

  1. Mengatasi masalah Rambut

Ternyata air cucian beras juga baik bagi kesehatan rambut bahkan untuk menghiangkan ketombe. Setelah mencuci rambut dengan shampoo, gunakan air cucian beras sebagai pengganti kondisioner. Bilas rambut dengan air beras. Lakukan perawatan ini minimal dua kali seminggu.

Tak hanya itu, membilas kulit kepala dengan air beraas juga efektif menyeimbanghkan pH kulit kepala. Seperti diketahui, kulit dengan pH yang tidak seimbang merupakan salah satu penyebab utama munculnya ketombe.

  1. Menghilangkan Kutu

Nah, air cucian beras ternyata dapat mengusir kutu rambut dan larvanya. Ini tentu cara alami yan bisa dicoba khususnya pada anak-anak yang rentan terserang kutu. Gunakan air beras untuk membilas rambut. Lalu, tutup kepala dengan topi mandi. Diamkan sekitar satu jam, kemudian dibilas hingga bersih.

Itulah manfaat air rebusan dan cucian beras yang menarik diketahui, semoga bermanfaat!

KLIK INI:  Begini Cara Alami Menghilangkan Bau Mulut
Editor: Anis Kurniawan

KLIK Pilihan!