Mandi Pagilah! Rasakan, Ini Manfaatnya yang Mengejutkan

oleh -204 kali dilihat
Ilustrasi mandi pagi
Ilustrasi mandi pagi/foto- Dokter sehat
Irhyl R Makkatutu
Latest posts by Irhyl R Makkatutu (see all)

Klikhijau.com – Ada hal aneh jika saya telat bangun, kepala saya akan pening. Karenanya, saya biasanya bangun sebelum jam 7 pagi.

Bangun pagi membuat tubuh saya terasa lebih segar. Namun, tak bisa saya pungkiri pula, rasa kantuk kerap menyerang di pagi hari. Saya biasanya mencoba mengatasinya dengan menyeruput kopi hitam tanpa gula.

Beberapa hari belakangan setelah membaca artikel yang ditulis Novi Sulistia Wati, yang dipublikasikan di hellosehat.com. Saya tertarik mandi pagi untuk mendapatkan manfaatnya.

Menurut Novi dalam tulisannya, salah satu cara untuk membuat tubuh menjadi lebih segar dan bersemangat di sepanjang hari adalah dengan mandi di pagi hari.

KLIK INI:  Oleskan Balsam Pada kaki Jika Batuk Enggan Reda!

Namun, mandi pagi terkadang kita abaikan, barangkali karena kesibukan atau karena kita tak tahu manfaatnya. Nah ini manfaat mandi pagi menurut tulisan Novi:

  • Meningkatkan produktivitas

Mandi di pagi hari dengan air dingin ternyata dapat meningkatkan suasana hati Anda untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Menurut survei yang dilakukan oleh Herbal Essences, dari seribu wanita yang disurvei, lebih dari 90 persen mengatakan bahwa mandi di pagi hari dapat membuat mereka lebih positif dalam menjalani hari-hari.

  • Memperbaiki suasana hati

Menurut para peneliti di Department of Radiation Oncology at Virginia Commonwealth University School of Medicine, mandi dengan air dingin di pagi hari dapat menstimulasi titik biru otak – sumber utama noradrenalin – yang dapat membantu dalam mengurangi depresi secara kimiawi. Membiarkan air dingin masuk ke dalam kulit dan pori-pori tubuh Anda, tidak hanya membersihkan tubuh, tetapi juga pikiran Anda.

KLIK INI:  Perihal Rumanang dan 4 Jenis Buah yang Menarik Dikonsumsi Pria Dewasa
  • Merasa lebih enerjik

Ternyata, menyiramkan air dingin saat mandi di atas kepala dapat mengirimkan sentakan langsung ke sistem saraf pusat; sehingga hal tersebut dapat membuat tubuh terasa lebih energik setelah mandi.

  • Mengurangi stres

Oksigen yang cukup di dalam otak dapat mengurangi stress; salah satu cara untuk membuat seluruh tubuh –termasuk- kita mendapatkan masukan oksigen yang cukup adalah mandi di pagi hari dengan air dingin.

  • Meningkatkan sirkulasi darah

Hangatnya air yang mengalir selama mandi di pagi hari tidak hanya baik untuk sirkulasi darah, namun juga dapat mengendurkan ketegangan otot dan sendi kita. Meskipun mandi di pagi hari tidak dapat membuat masalah kaku sendi hilang untuk selamanya, namun mandi di pagi hari dapat merangsang penyembuhan, meredakan rasa sakit dan mengurangi peradangan.

  • Meningkatkan kekebalan tubuh

Mandi di pagi hari dapat merangsang tubuh untuk memproduksi sel-sel darah putih – yang berfungsi melindungi tubuh dari virus maupun bakteri.

KLIK INI:  6 Tips Olahraga Saat Cuaca Panas Agar Terhindar dari Heat Stroke Mematikan
  • Meringankan batuk

Tidak semua orang terbiasa untuk mandi di pagi hari; untuk, itu air panas dapat menjadi pilihan untuk digunakan saat mandi di pagi hari terutama untuk meringankan batuk yang diderita. Uap air panas tersebut akan membantu Anda menyingkirkan dahak dan lendir dalam hitungan menit. Mandi air panas juga dikenal dapat meringkankan nyeri tubuh yang terkait dengan dingin.

  • Meningkatkan kesuburan

Manfaat ini berkaitan dengan anak muda; terutama yang sudah memiliki keinginan untuk hamil. Penelitian terbaru yang dilakukan di University of California menunjukkan bahwa, produksi sperma laki-laki secara signifikan dapat meningkat setelah mandi di pagi hari dengan air dingin selama satu minggu; namun mandi dengan air hangat justru akan memberikan dampak yang sebaliknya. Mandi dengan air dingin juga dapat memicu produksi testosteron, hormon pada pria yang bertanggung jawab untuk dorongan seksual.

KLIK INI:  7 Manfaat Mengangkat Kaki di Dinding Bagi Perempuan, Poin Terakhir Paling Mengejutkan
  • Memperbaiki kondisi rambut

Jika Anda sering mengalami rambut rontok atau rambut kusam, Anda dapat mencoba untuk mandi air hangat atau air dingin di pagi hari. Hal tersebut ternyata dapat menguatkan akar rambut dan melindungi Anda dari kutikula rambut. Namun, mandi dengan air terlalu panas justru akan merusak rambut dan membuatnya tetap tampak kusam.

  • Cara instan pemanasan tubuh

Mandi air hangat sebelum berolahraga lari atau pergi ke gym merupakan salah satu cara instan untuk melakukan pemanasan tubuh. Hal tersebut ternyata dapat mengendurkan otot tubuh yang kaku setelah tidur sepanjang malam.

Cobalah bangun pagi dan mandi, saya telah melakukannya…hehehehe

KLIK INI:  Perlu Dicermati, Ini Efek Samping bila Konsumsi Kunyit Berlebihan