Makna Filosofis Warna Hijau Pada Rumah

Publish by -112 kali dilihat
Penulis: Redaksi
Makna Filosofis Cat Warna Hijau Pada Rumah
Ilustrasi ruang tamu/foto-cv alparsa

Memilih warna cat rumah seharusnya tidak asal pilih.

Klikhijau.com – Memilih warna cat pada rumah gampang-gampang susah. Ada yang menyukai warna hijau ada pula yang memfavoritkan warna ungu.

Banyak orang memilih warna tertentu karena ia menyukai warna tersebut. Dan tidak sedikit pula yang memilih menggunakan warna tertentu karena ada makna di baliknya.

Selain karena menyukai dan mencari makna di balik warna yang dipilih. Satu hal yang harus diperhatikan, yakni nilai keindahannya.

Apalagi jika sebuah warna akan digunakan pada rumah. Warna membuat suasana rumah terasa lebih nyaman, jadi jika salah pilih warna urusannya bisa ribet. Bisa-bisa Anda tidak betah di rumah.

KLIK INI:  9 Jenis Tanaman Hias yang Dipercaya Membawa Hoki di Rumah

Memilih warna seharusnya tidak asal pilih saja, semisal bangsa Indonesia memilih warna bendera merah dan putih tentu memiliki makna filosifis yang dalam. Demikian pula harusnya memilih warna cat yang akan digunakan pada rumah Anda.

Penulis buku The Holistic Home: Feng Shui Your Mind, Body, Spirit, Space, Laura Benko mengungkapkan jika pilihan warna pada enterior rumah berdampak pada pikiran pemiliknya.

“Pilihan warna yang benar atau salah dalam interior ruangan, dapat berdampak luar biasa terhadap keadaan pikiran Anda dan keseimbangan rasa,” ungkapnya.

Pada artikel ini kita akan membahas satu warna saja, yakni hijau. Warna yang sering disebut sebagai warna alam yang segar menyegarkan.

Warna hijau yang merupakan warna alam memiliki efek psikologi yang menyenangkan dan menyeimbangkan.

Selain itu, hijau yang terasa segar bisa jadi terapi yang memiliki sifat menyembuhkan, santai, dan tenang. Hijau menyimbolkan pertumbuhan, vitalitas, kemakmuran, dan tentu saja alami.

Dua arti paradoks

Ini menunjukkan warna hijau cocok dijadikan sebagai warna pada rumah Anda. Hijau bisa meningkatkan keceriaan. Membuat move on dari kenangan yang melukakan.

Karena bisa meningkatkan kecerian, warna ini bisa digunakan di semua ruangan agar keceriaan terpancar dari setiap sudut rumah. Hmmm.
Warna hijau merefleksikan warna tumbuhan dan pepohonan. Ia bisa memancarkan rasa kebersamaan dan kenyamanan saat berkumpul dengan keluarga. Warna ini bisa jadi pilihan terbaik saat ini, di tengah teror covid-19 dan kita dianjurkan tinggal di rumah saja.

KLIK INI:  Makna Warna Hijau dan Fakta Terlengkap Perihal Warna Alami Ini!

Jika ingin menemukan ketenangan saat hendak beristirahat, warna hijau cocok gunakan di kamar tidur. Anda bisa lebih tenang karena hijau membuat Anda melepas stres dan melahirkan rasa rileks.

Jika memutuskan menggunakan warna hijau, Anda perlu tahu pula, hijau yang lebih terang mengindikasikan pertumbuhan, daya hidup dan pembaharuan; sementara hijau yang lebih gelap, merepresentasikan martabat, kekayaan, dan kelimpahan.

Sesungguhnya warna hijau memiliki dua arti umum yang cukup paradoksal, sebagai alam dan lingkungan dan sebagai keuangan dan kekayaan.

Jika warna ini dihubungkan dengan alam, hijau mewakili tanaman hidup dan petumbuhan  secara berkesinambungan, yakni kesinambungan kehidupan, organik, dan esensi alami dari kata.

Namun, jika hijau dihubungkan dengan kekayaan, alam sesungguhnya adalah sumber kekayaan manusia. Selain itu, hijau juga disangkut-pautkan dengan mata uang Amerika, yakni dolar sebagai simbol kekayaan.

KLIK INI:  Rahasia Kejantanan Pria Ternyata Ada di Tanduk Rusa
Editor: Idris Makkatutu

KLIK Pilihan!