Maju dan Modern, 7 Kota Ini Tetap Ramah Lingkungan

oleh -462 kali dilihat
Kota-paling-ramah-lingkungan-di-dunia
Swedia/Foto-tripadvisor.co.id

Klikhijau.com – Semakin berkembangnya pembangunan dan industri di kota besar memang tidak lepas dari berbagai dampak negatif bagi lingkungan.

Akan tetapi, banyak juga kota-kota besar di dunia yang berhasil mengendalikan dan mengatasi berbagai kerusakan lingkungan agar keseimbangan alam senantiasa terjaga.

Bahkan, selalu berusaha untuk menjadi kota ramah lingkungan yang berkelanjutan. Beberapa kota di dunia telah membuat langkah lebih hijau dibandingkan kota-kota lain di dunia. Bukan hanya menjadi kota ramah lingkungan, tetapi juga kota ramah anak.

KLIK INI:  Japet Doclas, Anak Muda Asal Riau yang Serukan Diet Plastik dan Politik Ramah Lingkungan

Berikut kota-kota yang ramah lingkungan dan juga ramah anak.

1. Berlin, Jerman

Dikutip dari superkidsindonesia.com, Berlin dikenal sebagai kota ramah anak sekaligus low budget sejak lama. Selain ada Lego Land dan Aqua Dome yang spektakuler, kawasan oasis Kollwitz Platz juga sangat menyenangkan untuk Superkids dan keluarga.

Ada tiga arena bermain anak di sini, berjejer di antara pertokoan dan jembatan kayu nan indah. Kebun binatang tertua dan terbesar Jerman juga adanya di Berlin. Zoologischer Garten Berlin alias Taman Zoologi Berlin ini diklaim sebagai rumah bagi spesies hewan terbanyak di dunia.

Brandenburg-Gate-(Gerbang-Brandenburg), Berlin, Jerman
Brandenburg Gate (Gerbang Brandenburg)/Foto-wisatamuda.com

Untuk lingkungan, kepedulian penduduk Berlin salah satunya tampak dengan kebiasaan mereka yang lebih senang menggunakan sepeda atau berjalan kaki dibandingkan dengan menggunakan mobil pribadi.

Bahkan, di wilayah tertentu, terutama di Zona Lingkungan Berlin di pusat kota, kendaraan yang diperbolehkan melintas hanyalah yang memiliki stiker yang menunjukkan bahwa kendaraan tersebut memenuhi standar emisi tertentu.

2. Singapura, Singapura

Marina-Bay-Sands-Singapura
Marina Bay Sands Singapura/Foto-visitsingapore.com

Kota terhijau di Asia ini telah membuktikan keberhasilannya dalam menangani dampak industrialisasi yang menyebabkan polusi berat. Berbagai program yang dilakukan, di antaranya, adalah menyediakan lahan hijau, mendirikan bangunan-bangunan hijau, dan meminimalisasi pembuangan limbah. Kota ini terus menggalakkan programnya untuk menuju Singapura yang nol limbah pada pertengahan abad ke-21.

KLIK INI:  Di Tangan Tien, Rumput Liar Menjelma Sedotan Ramah Lingkungan

Dilansir dari laman Popmama.com, Singapura termasuk destinasi wisata ramah keluarga, dan merupakan salah satu yang paling populer.

Banyak destinasi wisata ramah anak di Singapura, seperti Port of the Lost Wonder, Kidzania Singapore, Wild Wild Wet Singapore, Singapore Night Safari, Marina Bay Sands, Universal Studios Singapore, SEA Aquarium, Museum Arts and Science Singapore, Far East Organization Children’s Garden, Jacob Ballas Children’s Garden, Gardens by the Bay, dan masih banyak lagi.

3. Amsterdam, Belanda

Selain rendah tingkat emisi karbon dioksidanya, Amsterdam juga terkenal sebagai salah satu kota di dunia yang paling ramah sepeda. Bahkan, konon kota ini lebih memiliki banyak sepeda dibandingkan penduduk. Untuk mengurangi penggunaan energi listrik, mayoritas penduduk menggunakan energi surya dan turbin angin skala kecil bersistem hemat energi.

Haarlemmerbuurt Amsterdam
Haarlemmerbuurt adalah salah satu lingkungan paling hidup di Amsterdam/Foto-holland.com

Buat travelers yang ingin plesiran sambil olahraga, kota ini sangat cocok. Di Amsterdam, Anda bisa menikmati pemandangan dari atas kapal, bersepeda bersama, atau menikmati taman-taman hijau yang banyak dipenuhi bunga yang berwarna-warni.

Dikutip dari pegipegi.com, di kota Amsterdaam terdapat banyak tempat wisata yang mendidik. Anak-anak juga dapat ke NEMO Science Museum, Anne Frank Museum, Van Gogh Museum atau menikmati kecantikan bunga tulip yang sedang bermekaran di Keukenhof.

4. Copenhagen, Denmark

Nyhavn, salah satu landmark yang-terkenal di kota Copenhagen
Nyhavn, salah satu landmark yang-terkenal di kota Copenhagen/Foto-dewinaisyah.wordpress.com

Kota Copenhagen memiliki kebijakan dan perencanaan kota ramah lingkungannya cukup canggih. Infrastruktur kota dirancang sekondusif mungkin untuk pesepeda dan pejalan kaki.

Frederiksborg Castle View from the Garden adalah salah satu tempat ramah anak. Anak-anak juga diajarkan untuk mentafakuri ciptaan dari Allah yang begitu menawan.

Selain Frederiksborg Castle View from the Garden, masih banyak lagi tempat-tempat yang menjadikan kota Copenhagen ramah lingkungan dan anak, diantaranya Denmark National Museum, One of the most beautiful place in Hillerod.

5. Kota Stockholm

Kota yang menjadi ibukota negara Swedia ini berada di atas pulau dan dilintasi oleh perbukitan. Karena itu, kota Stockholm menjadi sebagai salah satu kota favorit yang ingin dikunjungi wisatawan seluruh dunia.

Beauty on the water Swedia
Beauty on the water Swedia/Foto-cerpin.com

Kota Stockholm ini juga termasuk dalam jajaran kota terbersih di dunia. Stockholm bahkan menjadi kota pertama yang memenangkan European Green Capital Award pada tahun 2010.

Perencanaan tata ruang dan lingkungan telah terkoordinasi sejak tahun 1970-an dan Stockholm pun telah berencana jangka panjang untuk memiliki ruang hijau yang lebih luas dan bebas bahan bakar fosil pada tahun 2050.

KLIK INI:  Mantap, Denmark Buat Celana Dalam Ramah Lingkungan yang Tak Perlu Dicuci

Dilansir dari motherandbaby.co.id, Swedia terkenal sebagai negara yang ramah keluarga dan anak. Kesehatan dan pendidikan anak-anak juga sangat diutamakan di kota ini. Salah satu yang menjadikannya kota ramah keluarga dan anak adalah adanya tunjangan bulanan untuk setiap anak sampai usia 16 tahun, serta tersedianya banyak buku bacaan untuk anak.

6. Vancouver, Kanada

Vancouver adalah kota pesisir yang terletak di Lower Mainland British Columbia, Kanada. Dikenal sebagai salah satu kota papan atas untuk pendidikan di dunia, Vancouver adalah tempat yang sempurna untuk program bahasa Inggris.

Kota ini adalah kota terpadat di Kanada bagian barat dan ketiga terbesar di Kanada. Vancouver memiliki populasi lebih dari 2 juta orang di daerah metropolitan nya. Selama 30 tahun terakhir, imigrasi telah meningkat secara dramatis, membuat kota ini lebih beragam budaya.

Vancouver, Kanada
Vancouver, Kanada/Foto-res.cloudinary.com

Vancouver masuk dalam jajaran sepuluh besar kota ramah lingkungan dan terbersih di dunia, terutama untuk aspek emisi karbon dioksida dan kualitas udara. Kota ini memiliki ruang publik yang ramah pejalan kaki, jaringan rute sepeda yang luas, dan sekitar 200 taman hijau yang terbuka untuk umum.

Negara tersebut menawarkan berbagai petualangan dan rekreasi menarik seperti penampakan satwa liar, bertemu koboi, berburu fosil dinosaurus, hingga belajar sejarah bajak laut di sana.

Ingin merasakan sensasi sarapan di antara laut dan gunung? Berkunjunglah ke Vancouver.

7. San Francisco, Amerika Serikat

Sang Fancisco
Sang Fancisco/foto-id.wikipedia.org

San Fransisco merupakan salah satu kota di Amerika yang memiliki tingkat daur ulang sampah tertinggi di dunia, yaitu sekitar 80%. Untuk mengurangi biaya, pemerintah kota menginstruksikan warganya untuk memisahkan antara sampah organik dan anorganik. Selain pengelolaan sampah yang baik, kota ini juga terkenal dengan penggunaan transportasi umumnya, yaitu bus listrik dan trem listrik.

Untuk tempat wisata ramah anak, City Tour menyediakan cable car dan bus tingkat untuk keliling kota. Selain naik cable car dan bus tingkat, terdapat pula Exploratorium, California Academy of Sciences, dan Walt Disney Family Museum.

Maju dan modern tidak harus selalu berakhir dengan mengorbankan lingkungan bukan? 7 kota di atas menjadi buktinya.

KLIK INI:  Ajaib, Tanam Singkong Tumbuhnya Plastik Ramah Lingkungan