Lusiana Kaget Melihat Polisi Pungut Sampah di Burake, Tana Toraja

oleh -256 kali dilihat
Lusiana Kaget Melihat Polisi Pungut Sampah di Burake Tana Toraja
Kerja bakti anggota Polres Tana Toraja di objek Wisata Relegi Burake/foto-Humas Polres Tana Toraja
Irhyl R Makkatutu

Klikhijau.com – Perempuan berusia 28 tahun itu mengaku kaget melihat beberapa lelaki memungut sampah. Hal tersebut sangat jarang ia jumpai di kampungnya, Tana Toraja.

Para lelaki yang berjumlah 15 orang itu memakai sepatu laras panjang warna hitam, celana warna hitam pula, dan baju kaos oblong berwarna cokelat. Mereka adalah  polisi.

Perempuan 28 tahun itu bernama Lusiana, ia adalah seorang pedagang di Kawasan Wisata Relegi Burake (WRB) Kecamatan Makale, tempat patung Yesus berdiri kokoh dan mengagumkan.

Hari itu, Senin 14 januari 2019, hari di mana 15 lelaki itu melakukan aksi peduli lingkungan.

Mereka adalah personil Bintara Remaja yang dipimpin Kepala Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Kepolisian Resor atau lebih populer disingkat Polres Tana Toraja, Ipda Dedy Randa.

“Kami cukup kaget dan bangga dengan adanya Personil Polres Tana Toraja yang peduli terhadap kebersihan lingkungan,” ujar Lusiana.

Lusiana berharap  kegiatan tersebut menjadi contoh buat pengunjung yang datang agar peduli kebersihan dan tidak membuang sampah di sembarang tempat.

Harapan tersebut memang patut dikabulkan, sebab jika area WRB bersih, pengunjung dan pedagang akan merasa lebih nyaman.

KLIK INI:  Melalui Perwali Bernomor 30, Bontang Perangi Sampah Plastik
Aksi peduli lingkungan dan pembinaan fisik

Aksi kepedulian lingkungan tersebut dipadukan dengan pembinaan fisik.  Titik star di Mapolres Tana Toraja.

Sambil berlari, sesekali petugas berhenti memungut sampah yang berserakan di sepanjang jalan menuju di lokasi WRB.

Aksi yang sangat positif terhadap lingkungan itu, menurut Dedy Randa yang  bertindak sebagai Supervisor Bintara Remaja merupakan kegiatan pembinaan fisik yang  bertujuan untuk melatih kemampuan personil Polres Tana Toraja, utamanya Bintara Remaja menghadapi tugas-tugas ke depan.

“Di sela-sela kegiatan fisik, kami laksanakan bakti sosial atau kerja bakti untuk meningkatkan kepedulian personil terhadap lingkungannya,” ujar Dedy.

Kegiatan  bakti sosial tersebut menurut Paur Humas Bag Ops Ipda Ahmad Muhtar merupakan salah satu agenda kegiatan Polres Tana Toraja dalam mendukung program pemerintah yaitu Go Clean Go Green sebagai wujud peduli lingkungan.

“Kegiatan kerja bakti ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas kebersihan di objek WRB serta menjadi motivasi bagi masyarakat lain untuk menjaga kebersihan di objek wisata. Ini juga untuk mengajak pengunjung membuang sampah pada tempatnya,” ujar Ahmad.

Aksi pungut sampah tersebut, bukan hanya berhasil membuat Lusiana kaget dan bangga, tapi juga mendapat apresiasi positif dari pengunjung lain.

KLIK INI:  USAID dan Katalis Dorong Program Sumur Resapan Air di Bantaeng dan Bulukumba