Lerai Rasa Penasaran Tentang Manfaat Buah Naga, Ini 9 di Antaranya!

Publish by -58 kali dilihat
Penulis: Redaksi
Lerai Rasa Penasaran Tentang Manfaat Buah Naga, Ini 9 di Antaranya!
Buah naga/foto-Merdeka

Buah berbentuk unik ini juga dikenal dengan nama buah kaktus

Klikhijau.com – Ayah tampak kegirangan ketika suatu pagi ia melihat tanaman naga yang ditanamnya di depan rumah berbunga. Kegirangannya terasa sangat wajar, sebab naga itu ia bawah dari kabupaten yang jauh, Maros.

Bukan hanya karena tanaman naga itu ia bawa dari jauh, tapi buah naga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Buah berbentuk unik ini juga dikenal dengan nama buah kaktus. Buah naga memang berasal dari keluarga kaktus, dengan tampilan kulit yang terlihat runcing dan seperti sisik.

Ini manfaat buah naga bagi kesehatan:

  • Membantu meringankan batuk dan asma

Biji dari buah naga kaya akan lemak omega 3 dan omega 6 yang dapat membantu meringankan gangguan respirasi sehingga bagi  yang menderita asma atau sedang batuk tidak berhenti-berhenti, maka akan sedikit terobati. Namun bukan juga bisa dikatakan bahwa buah naga merupakan obat dari asma.

  • Mampu mencegah diabetes

Sifat antioksidannya ini juga berfungsi untuk mencegah terjadinya diabetes melitus karena dapat membunuh sel jahat yang biasanya dihasilkan oleh pola hidup dan pola makan yang tidak sehat. Buah naga juga aman bagi penderita diabetes karena kadar gulanya yang sangat kecil.

  • Meningkatkan fungsi jantung

Sebuah studi khusus yang dilakukan pada hewan yang dilakukan dalam Journal of Pharmacognosy Research menemukan, konsumsi buah naga membantu mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Biji hitam yang ada di dalam buah juga memiliki asam lemak omega yang cukup untuk mengurangi trigliserida dan meningkatkan fungsi kardiovaskular.

  • Memperkuat tulang dan gigi

Kandungan mineral-mineral juga terdapat pada buah naga,yaitu : kalsium, magnesium, dan fosfor yang bermanfaat untuk memperkuat tulang dan gigi. Mengkonsumsi buah ini membuat ibu hamil dan janin yang dikandungnya akan memiliki tulang yang kuat dan mencegah pengeroposan tulang.

  • Membantu mencegah kanker

Menurut beberapa penelitian, buah naga adalah sumber kaya kandungan Lycopene, yang memiliki kemampuan untuk menurunkan risiko kanker prostat dan ovarium. Selin itu, radikal bebas juga dapat terbunuh oleh jumlah antioksidan yang banyak dalam buah ini, sehingga membantu mencegah kanker.

  • Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh

Buah naga kaya akan flavonoid dan antioksidan yang dapat membunuh radikal berbahaya dan membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Buah naga juga merupakan sumber vitamin C yang jauh lebih baik daripada wortel. Selain itu, kandungan vitamin B, kalsium, fosfor, niasin, dan serat dalam buah naga secara kolektif berkontribusi pada peningkatan fungsi kekebalan tubuh.

  • Membantu mengurangi berat badan

Mengisi perut dengan makanan kaya akan serat serta rendah kalori yakni buah naga ini akan membuat perut terus merasa kenyang tanpa perlu takut akan bertambahnya berat badan. Selan itu buah naga juga akan membuat pencernaan semakin lancar karena mengandung banyak air.

  • Memperbaiki pencernaan

Manfaat buah naga untuk ibu hamil mampu untuk memperbaiki pencernaan. Ibu hamil mudah mengalami sembelit atau susah buang air besar, karena pengaruh hormonal dan desakan janin dalam perut. Buah naga adalah buah yang kaya akan serat yang berfungsi untuk melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan usus.

  • Membantu perkembangan dan pertumbuhan janin

Manfaat buah naga untuk ibu hamil yang juga amat penting adalah membantu perkembangan janin. Sehingga bayi dapat lahir dengan keadaan normal dan sehat.

Editor: Idris Makkatutu
Sumber: Beberapa sumber

KLIK Pilihan!